article / Decoration / Seniman di Perancis ini Menjadikan Dinding Bangunan sebagai Kanvas Untuk Menggambar Mural 3D dan Ternyata Hasilnya Luar Biasa!
31 Juli 2017 204 Views

Seniman di Perancis ini Menjadikan Dinding Bangunan sebagai Kanvas Untuk Menggambar Mural 3D dan Ternyata Hasilnya Luar Biasa!

Sering kali kita jumpai sebuah bangunan memiliki sisi yang terlalu flat ataupun hanya berupa dinding biasa. Tentunya hal tersebut sangat tidak nyaman di pandang apalagi jika bangunan tersebut sangat tinggi dan besar. Untungnya beberapa seniman lukis 3D berhasil mengubah imej bangunan yang membosankan dan monoton itu menjadi dinding bangunan yang atraktif dan terasa hidup. Untuk hal itu langsung saja simak beberapa karya mural seniman Perancis, Patrick Commecy yang akan memukau dan memanjakan matamu dengan olesan garis kuasnya.

1. Reinaissance, Le Puy en Velay, France

Salah satu dinding bangunan yang berada di kota Le Puy en Velay, Perancis satu ini diubah menjadi sangat menarik. Dengan membagi dinding menjadi dua sisi dan memberikan gambar jendela semotif dengan jendela di bangunannya. Benar-benar terlihat realistis. Lalu di bagian tengahnya digambarkan sepeti tangga dengan interaksi orang-orang di dalamnya. Jika dilihat dari jauh tentunya orang akan tertipu dan mengira gambar tangga itu adalah sebuah jalan.

2. Clochemerle, Vaux En Beaujolais, France

Melihat dinding bangunan yang aslinya tentu membuat kita merasa sedih. Terlalu biasa dan juga tidak estetik. Beruntunglah seniman di Perancis berhasil mengubah bangunan tersebut jadi lebih hidup dengan berbagai pewarnaan dan lukisan tiga dimensi nya. Jika kita lihat bangunan yang sudah digambari tersebut, akan sulit membedakan pintu ataupun jendela yang asli karena gambarnya benar-benar terasa hidup.

3. Aquarium, Levallois, France

Jika melihat tumpukan bata pada dinding yang terlihat lusuh tersebut tentunya membuat kita malas melirik. Bahkan adapun kesan yang diberikan adalah kotor. Namun setelah dilukis dengan beberapa gambar jendela dan juga biotik alam seperti batu karang dan tumbuhan tentunya orang akan memandang dinding ini dengan berbeda. Tidak hanya sebagai penghias, dindingnya pun bisa dijadikan spot berfoto karena lukisan yang atraktif.

4. Le Café Des Acteurs, Levallois, France

Jika memang ada cafe dengan bentukan seperti yang digambarkan pada bangunan ini, tentunya pasti akan terjual laris manis. Konsep lukisan dari Patrick Commecy kali ini benar-benar terasa tepat dengan perpaduan ruang huni apartemen dan area komersial dibawahnya. Sangat cocok dengan fungsi bangunan semacam ini.

5. Vive Le Récré, Fraize,France

Untuk lukisan yang satu ini, Patrick menunjukkan sisi imajinatif pada masa kecil. Dipenuhi dengan gambar yang kreatif dan playful, adanya berbagai permainan anak-anak dan kegembiraan terpancar dilukisannya. Tentunya gambaran ini terasa menyenangkan dan cocok diterapkan di area huni dengan populasi anak-anak yang padat.

6. Au Fil De Loire, Brives Charensac, France

Jika sebelumnya Patrick Commecy membagi dinding rumah menjadi dua bagian dan mengisinya dengan tangga dan perumahan padat, kali ini tampilan berbeda pun ditunjukkan. Lukisan air lautnya dan aktivitas orang-orang di dalamnya pun terasa hidup. Gambaran elemen air dan langit biru pun memberikan ketenangan pada orang yang melihatnya.

7. Juliette Et Les Esprits, Montpellier, France

Siapa yang menyangka bagian belakang dan dinding reruntuhan ini bisa diubah menjadi tempat yang menawan. Area ini pun bisa menjadi tempat untuk berfoto karena lukisannya yang berbentuk fasad depan sebuah rumah sangat menarik dan cantik. Untuk menimbulkan kesan timbul, sang pelukis pun juga sangat cermat memperhatikan detil seperti bayang-bayang dari sesuatu yang ia gambarkan.

8. Cinema Le Vallois, Levallois, France

Berawal dari dinding polos berwarna putih bersih, gambar dengan tema bioskop ini pun didesain. Melihat lukisan ini, tema yang diangkat cukup menarik dan gambarnya pun sesuai. Patrick sebagai pelukis benar-benar dapat mempresentasikan gambaran bioskop dengan baik di dalam lukisannya.

Itu dia beberapa karya seni mural dari Patrick Commecy. Apakah beberapa karyanya dapat menginspirasimu?

sumber: 3D art mural

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter