article / Tips & Trick / 5 Tips Penggunaan Warna Pastel Pada Interior Rumah Anda
25 September 2018 60 Views

5 Tips Penggunaan Warna Pastel Pada Interior Rumah Anda

Penggunaan warna pastel tentunya menjadi hal yang unik di dalam interior rumah. Tidak hanya membuat tampilan dalam rumah terasa lebih lembut, namun juga menjadikan hunian terlihat lebih menyenangkan. Warna pastel yang beragam juga memberi berbagai pilihan warna untuk memberi berbagai kesan pada ruangan di dalam rumah. Tambahkan sedikit saja warna pastel, ruangan dalam rumah akan tampil lebih menarik. Berikut beberapa tips dalam penggunaan warna pastel agar tidak bingung dalam penerapannya di interior rumah hunian.

1. Kombinasikan dengan warna lembut pada material ataupun furniture

sumber foto

Warna pastel akan tampil lebih maksimal jika dipadukan dengan berbagai macam perabotan ataupun material yang menenangkan. Dengan kesan lembutnya, tentu saja bantalan sofa yang empuk serta warna lantai yang kalem akan memperkuat kesan lembut dari warna pastel. Material kayu sangat cocok dengan warna pastel, maka dari itu pemilihan kayu sebagai material lantai ataupun dinding harus diperhatikan. Misalnya saja warna pastel kuning akan cocok dengan warna dari kayu mahogany ataupun coklat gelap dari kayu karena tampil kontras namun tetap indah.

2. Pola geometris pada ruangan


sumber foto

Memadukan berbagai warna pastel tentunya dapat dilakukan dengan cara yang unik, salah satunya adalah dinding cat bermotif ataupun lantai bermotif. Bukan sekedar warna yang bercampur, namun juga warna tersebut berada pada bentukan geometris yang memperlihatkan garis yang tegas namun dengan warna yang lembut. Perpaduan tersebut akan terasa cantik dan juga modern di dalam ruang rumah anda.

3. Tambahkan bunga atau tanaman hias yang senada dan melengkapi warna ruangan


sumber foto

Tidak hanya warna dan furniture saja yang dapat menghias ruangan dengan cantik, adanya bunga dengan warna yang serupa ataupun tanaman hias, akan menambah kesegaran di dalam ruangan. Warna cantik alami dari tumbuhan tampil menyatu dengan warna pastel yang lembut. Tentunya hal ini memberikan kesan menenangkan di dalam huniannya.

4. Warna utama atau aksen


sumber foto

Di dalam mendekor ruangan di dalam rumah, pastel tidak selalu harus menjadi warna utama di dalamnya. Tidak selalu semua warna dalam ruangan harus memiliki warna yang sama. Tampilkan warna pastel sebagai warna utama akan memberikan kesan menonjol dalam ruangan, namun menjadikannya sekedar aksen dari warna dominan lainnya juga menjadi hal yang menarik pada interior ruangan. Misalnya saja menggunakan kursi atau peralatan dapur berwarna pastel di dalam dapur dengan dominan warna putih. Aksen warna pastel tersebut pastinya juga menyita perhatian anda karena tampil menonjol di antara warna dominan putihnya.

5. Letakkan warna pastel pada ruang santai atau istirahat

sumber foto

Warna-warni pastel dengan kesan tenang dan kalem ini tentu saja pas untuk berbagai ruang bersantai. Warna uniknya dapat digunakan pada sofa di ruang baca atau ruang istirahat, bahkan kamar mandi sekaligus. Efek dari warna pastel sendiri akan bergantung dengan jenis warna apa yang diambil untuk ruangan tersebut. Misalnya saja untuk kamar mandi, Anda dapat memadukan warna netral dengan warna biru pastel yang menambah kesegaran ataupun warna hijau pastel tang memberikan kedamaian. Hal tersebut tentunya akan bergantung pada selera masing-masing orang.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter