article / Tips & Trick / 6 Tips Mendesain Apartemen Berukuran Studio Agar Nyaman dan Pas Untuk Dihuni
09 Oktober 2018 208 Views

6 Tips Mendesain Apartemen Berukuran Studio Agar Nyaman dan Pas Untuk Dihuni

Semakin banyaknya penduduk pada zaman ini, tentunya membuat lahan hunian makin mahal dan juga kecil untuk dijadikan rumah. Rumah dengan halaman yang luas sudah jarang ditemui di perkotaan karena beberapa masyarakat lebih memilih untuk tinggal di apartemen karena lokasi yang strategis jika hidup di area kota apalagi di Jakarta. Ukuran kamar apartemen tentunya cukup beragam, namun bagaimana jika yang Anda beli atau sewa hanya memiliki satu ruang dengan ukuran studio? Pastinya hal ini tidak akan jadi masalah jika Anda dapat memaksimalkan layout dan desain ruangnya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Furniture Multifungsi dan Ramping

sumber foto

Dari kamar apartemen Studio di Gothenburg, Swedia satu ini dapat diambil idenya yaitu  menjadikan tempat tidur menjadi area tidur ataupun sofa untuk duduk santai. Lebar ruangan yang tidak terlalu besar juga membuat ruangan ini harus ditata dengan furniture yang ramping sehingga tidak memakan banyak tempat. Seperti halnya meja yang tidak memiliki pernak-pernik rak sehingga membuat ruangan terasa lebih terbuka dan rapi.

 

2. Furniture Built-In

sumber foto


Selain penggunaan furniture multifungsi, desain built-in dan fleksible pada furniture juga dapat menjadi salah satu ide baik dalam merancang studio apartemen Anda. Tidak hanya memudahkan Anda dalam menata ruangannya, tentunya apartemen ini akan lebih mahal ketika dijual kembali. Pada apartemen yang berlokasi di NYC satu ini, dibalik dinding belakang sofanya, terdapat tempat tidur yang dapat dibentangkan dan digunakan ketika malam tiba. Satu ruangan untuk berbagai macam aktivitas.

 

3. Manfaatkan ruang pada langit-langit yang tinggi

sumber foto

Jika ruang apartemen Anda memiliki langit-langit yang tinggi, tentu saja memanfaatkan hal tersebut akan mempermudah Anda untuk menata hunian. Pada sebagian langit-langit hunian dirancang untuk menjadi area tempat tidur yang tidak terlalu tinggi. Sebagian ruang lainnya dapat difungsikan sebagai area santai, area kerja, ataupun ruang tamu. Dengan area tempat tidur yang berada di atas, tentunya terasa lebih privat. Tangga menuju ruangan di atasnya pun didesain multifungsi sebagai area penyimpanan barang.


 

4. Pemilihan Warna dan Perabotan Untuk Hunian Langit-Langit Rendah

sumber foto

Berkebalikan dengan desain sebelumnya yang memiliki langit-langit cukup tinggi, untuk hunian apartemen berlangit-langit rendah juga dapat mendesain apartemen jadi lebih nyaman. Warna serta pemilihan furniture akan turut andil dalam memunculkan kesan ruangan. Warna putih menjadi salah satu pilihan warna mudah untuk memunculkan kesan luas pada ruang hunian yang kecil. Jika warna putih ditampilkan dari dinding hingga langit-langit tentunya memberikan kesan tinggi karena tidak memperlihatkan sudut ruangannya. Langit-langit yang rendah juga dapat diakali dengan memililh berbagai kebutuhan furniture yang tidak tinggi. Jendela yang lebar pada apartemen juga memberikan ilusi ruang yang luas dan besar. 


 

5. Tirai Sebagai Pembatas Ruang

sumber foto

Ruangan apartemen berukuran studio tentunya hanya memiliki partisi pada area ruang utama dengan kamar mandi saja. Tentunya untuk beberapa orang, hal tersebut cukup menganggu privasi mereka dengan mengekspos keseluruhan ruang termasuk kamar tidur. Maka dari itu, terdapat solusi yang cukup mudah dilakukan yaitu memasang tirai di antara ruangnya. Sehingga ketika tamu datang, kamar tidur lebih tersembunyi dengan menutup tirai. Ketika tidur pun, penghuni tidak harus melihat area dapur apalagi jika sedang berantakan.

 

6. Cari Inspirasi Hunian dari Kamar Hotel Butik

sumber foto

Menata satu ruangan studio apartemen tentu bisa jadi menyenangkan jika Anda mengambil inspirasi kamar hotel. Ukuran apartemen studio dengan hotel butik tentunya tidak jauh berbeda, inspirasinya pun bisa di dapat dari internet ataupun pengalaman menginap di dalam hotel. Dari inspirasi tersebut, akan lebih mudah menata dengan gaya meniru desain yang sudah ada di dalam keterbatasan ruangnya. Rancang hunian tersebut senyaman mungkin dengan dekorasi yang memberikan kebahagiaan pada penghuninya. Lelah dan ukuran apartemen pun tidak jadi masalah jika penataan ruang sangat cantik dan menyambut Anda dengan hangat ketika pulang dari bekerja.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter