article / Bedroom / 7 Langkah Mendekor Kamar Tidur Agar Tampil Lebih Cantik dan Menyenangkan
14 September 2018 333 Views

7 Langkah Mendekor Kamar Tidur Agar Tampil Lebih Cantik dan Menyenangkan

Mendesain atau mendekor sebuah kamar tidur tentunya perlu memperhatikan berbagai hal. Hal-hal tersebut tentu saja akan terkait dengan kesan ruang yang diinginkan oleh pemilik kamar. Walau mendekor kamar tidur tergantung dengan selera, pastinya harus tetap memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Pemilihan Warna Kamar

sumber foto

Ada orang yang memilih warna soft, namun juga tidak sedikit yang memilih warna yang bold. Dalam perpaduan warna di dalam ruang tidur akan sangat baik jika memilih warna dengan tampilan monokromatik. Berbagai warna yang lembut akan baik untuk beristirahat dan bersantai setelah capek seharian. Jika Anda ingin menerapkan warna favorit yang cukup cetar, pilihlah gradasi warna dibawah warna pilihan. Misalnya menginginkan warna merah, pilihlah warna merah yang tidak begitu mencolok atau lebih muda. Atau jika memilih warna oranye, pilihlah warna labu dibandingkan warna jeruk mandarin. Tetap favorit namun tidak menyakiti mata.

 

2. Tambahkan Tampilan pada Area Langit-Langit

sumber foto

Jangan biarkan area langit-langitmu kosong. Hiasi bagian plafon dengan warna ataupun penutup unik lainnya yang membuat kamar terasa lebih menyenangkan. Ketika berbaring pun, melihat ke arah atas akan terasa lebih menyenangkan dan juga nyaman dengan adanya desain unik. Langit-langir dengan struktur ekspos juga dapat memperindah tampilan kamar tidur Anda.

Baca Juga : Beragam Desain Langit-Langit di Dalam Ruangan Agar Rumah Hunian Tampak Lebih Indah

 


3. Ukuran Furniture di dalam Kamar

sumber foto

Penyesuaian ukuran furniture menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Membeli berbagai perlengkapan untuk kamar tidur bukan hanya karena sekedar ingin saja, namun juga menjadi suatu kebutuhan di dalam kamar. Misalnya membutuhkan sebuah kursi rias, tentu akan terdapat berbagai macam bentuk kursi rias yang cantik, namun pilihlah yang sesuai dengan ukuran kamar tidur.

Tidak hanya pada kamar berukuran kecil saja, kamar berukuran besar dan tinggi juga perlu penyesuaian dengan ukuran furniture. Jangan memilih furniture berukuran kecil di dalam ruang yang luas karena akan membuat kamar terasa kosong.

 

4. Tambahkan Tirai Penutup Jendela


sumber foto

Jika di kamar tidur terdapat bukaan jendela yang cukup besar, tirai menjadi salah satu elemen yang Anda butuhkan. Selain meminimalisirkan cahaya dan panas yang masuk ke dalam kamar, adanya tirai juga akan mempercantik kamar tidur. Pilih tirai dengan motif ataupun warna yang pas dengan keseluruhan dekorasi di dalam kamar. Jika ingin tidur siang dan suasana terlalu terang, tirai akan menjadi hal yang penting untuk kamar tidur Anda.

 

5. Pencahayaan di Dalam Ruang

sumber foto


Sudah pasti pencahayaan menjadi bagian terpenting di dalam ruangan. Pencahayaan untuk tidur pasti akan berbeda dengan pencahayaan ketika beraktivitas lain di dalam kamar. Seperti halnya saat akan membaca, lampu di sebelah tempat tidur yang mudah digerakkan akan menjadi nilai plus tersendiri.

Berbagai macam lampu terpasang di dalam kamar dengan tombol on/off di setiap lampunya akan mempermudah Anda saat memilih pencahayaan di aktivitas tertentu. Namun jika tidak merasa perlu ada berbagai macam lampu, cukup pilih lampu yang nyaman untuk beristirahat.

 

6. Karya Seni Bisa Jadi Pajangan Menarik

sumber foto

Jika Anda salah satu pecinta seni, berbagai macam hal seperti lukisan, foto, ukiran, ataupun barang seni lainnya bisa menjadi pilihan pas untuk menghias kamar tidur. Baik seperti kalimat motivasi, pigura lukisan akan menunjukkan tampilan yang menonjol di dalam kamar. Ditambah lagi akan menjadi ciri khas tertentu di dalam kamar. Pilihlah karya yang sesuai dengan gaya dan kepribadian Anda.

 

7. Tempat Penyimpanan Unik

sumber foto

Kreativitas tentunya tidak akan pernah ada batasnya. Kamar tidur memang biasanya akan memiliki banyak sekali tempat penyimpanan, mulai dari menyimpan perlengkapan pakaian, buku, ataipun kebutuhan lainnya. Namun tentu saja tempat penyimpanan yang unik bisa menjadi pilihan agar dapat menjadi hiasan di dalam kamar. Seperti misalnya tempat penyimpanan berbentuk peti atau meja di samping tempat tidur yang berbentuk seperti anak tangga.

Baca juga: Didesain Unik dan Eye-Catchy, Kamar Tidurmu Belum Lengkap Tanpa Meja Ini!


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter