article / Home Decor / 7 Rahasia Dasar Untuk Mendekorasi Ruangan di Rumah Agar Tampak Lebih Indah
27 Juli 2018 235 Views

7 Rahasia Dasar Untuk Mendekorasi Ruangan di Rumah Agar Tampak Lebih Indah


Setiap orang pada dasarnya mempunyai cukup banyak ide untuk mendekorasi sebuah ruangan atau rumah, tetapi tentu saja tidak dapat melaksanakan ide-ide tersebut jika sebelumnya tidak dikonsultasikan kepada seorang desainer interior. Untuk diingat, ekspektasi tidak selalu sama dengan kenyataan di lapangan. Oleh karena itu, kita tetap perlu pendapat dasar dari para ahli untuk mendekorasi sebuah ruangan. Berikut 7 rahasia dasar yang dipaparkan para ahli yang dapat menjadi perhatian jika ingin mendekorasi sendiri ruangan atau rumah.

housebeautiful.com

1. Buat Skema Warna

Untuk mendekorasi kembali semua bagian di dalam rumah, langkah pertama yang harus dibuat adalah menentukan warna dasar dari keseluruhan rumah. Menurut Gary McBournie seorang desianer dari Boston, Ia mendekorasi dengan menentukan skema warna dasar untuk seluruh rumah, lalu kemudian memulai mendandani setiap ruangan. Dengan cara tersebut kita dapat menentukan sendiri dekorasi pada tiap ruangan.

2. Komposisi warna 50/150

Untuk mendapatkan warna yang sempurna, gunakan satu warna cat dengan komposisi perpaduan warna pada dinding 50% warna yang lebih terang berbanding 150% warna yang lebih gelap. "Itu metode yang sangat dasar dan paling mudah dalam mengecat dinding," kata Mary Douglas Drysdale, yang mendesain dapur biru ini. Hal ini merupakan salah satu cara yang dipakai seorang desain interior dalam memadukan warna.

housebeatiful.com

3. Budget Lebih Untuk Sofa yang Nyaman

Jangan menunda untuk mendekorasi rumah Anda karena alasan anak Anda yang hiperaktif. "Belilah sofa yang sangat nyaman dan berkualitas yang dapat Anda pakai dalam jangka waktu lama" saran Krista Ewart, seorang desainer interior dari California. Anda juga tidak perlu terlalu menahan diri untuk membeli bahan kain mahal dan berkualitas yang Anda sukai untuk digunakan pada aksesoris sofa. Pergunakanlah kain tersebut pada sesuatu yang kecil, seperti bantal. Hal ini akan menciptakan kepuasan tersendiri bagi Anda.

4. Pilih Panjang Gorden Yang Tepat

"Untuk panel samping yang bernuansa klasik, Anda harus menggunakan gorden yang panjangnya sampai ke lantai," kata desainer Scot Meacham Wood. Jika Anda membeli gorden siap pakai, pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Bahkan mungkin Anda harus membeli beberapa ukuran, karena Anda memiliki beberapa model jendela yang berbeda di rumah.

housebeautiful.com

5. Cat Plafon Anda

Dapur dengan lemari yang tingginya hingga mencapai plafon dapat terlihat gelap, tetapi inilah cara untuk memperlihatkan sudut pandang yang berbeda. Desainer Caitlin Moran melakukannya dengan cara mengecat plafon dengan warna yang sama dengan dinding, tetapi sedikit lebih pucat. Hal ini akan membuat ruangan tampak lebih cerah bahkan hanya dengan beberapa jendela.

6. Gunakan Aksesoris Berbahan Metalik

Aksesoris berbahan metalik akan menambahkan kesan berkilau pada ruangan, efek berkilau tersebut akan memberikan dampak yang besar dalam permainan warna. "Saya tidak tahu mengapa orang tidak banyak mencampur bahan emas dan perak, padahal kedua warna tersebut jika dikombinasikan akan terlihat sangat luar biasa," kata desainer John De Bastiani. Kuncinya adalah menggunakan perpaduan warna yang seimbang dari kedua warna tersebut. Anda tidak bisa hanya menggunakan salah satu warna saja.

housebeautiful.com

7. Strategi penempatan Cermin

Saat meletakkan cermin, pikirkan baik-baik tentang apa yang akan dipantulkan dari cermin tersebut, menurut saran beberapa orang desainer. Anda dapat meletakan cermin pada sisi yang dapat memantulkan aksesoris yang ada pada ruangan, seperti lampu gantung yang cantik.

Tentunya semua rahasia dekorasi di atas dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda dalam mendekorasi rumah Anda. Selamat mencoba.

Sumber: www.housebeautiful.com


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter