article / Kitchen / 8 Cara Mudah Menjadikan Area Dapur Lebih Nyaman Untuk Anda yang Gemar Memasak
07 Juni 2018 255 Views

8 Cara Mudah Menjadikan Area Dapur Lebih Nyaman Untuk Anda yang Gemar Memasak

Memiliki dapur yang bersih dan juga rapi tentunya menjadi hal yang selalu diinginkan bagi mereka yang menyukai kegiatan memasak. Selain membuat mood memasak jadi lebih baik, tentunya ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan karena makanan yang dibuat di dapur ini dapat terjamin kebersihannya. Dari ruangan hingga peralatan harus ditata sebaik mungkin agar dapur bisa memberikan ide inovatif untuk memasak. Berikut beberapa cara mengatur dapur agar lebih nyaman untuk kamu gunakan.

1. Menata peralatan dapur agar tertata rapi dan tersimpan baik

pinterest

Peralatan dapur tentunya menjadi hal utama di area ini. Menata barang-barang tersebut dari yang berukuran kecil hingga besar menjadi hal yang harus dilakukan agar dapur tetap rapi. Tentunya penataan ini bisa dilakukan dengan meletakkan peralatan seperti panci, wajan, ataupun spatula di tempat yang tersedia seperti rak atau gantungan pada dinding dapur.

2. Perawatan berkala pada peralatan dapur

mogujatosama

Tidak hanya ruangannya yang perlu dibersihkan, namun juga peralatannya pun harus diperhatikan. Kebersihan alat dapur akan mempengaruhi kinerja dalam area ini. Adapun peralatan yang ringkih jika tidak pernah digunakan ataupun sering digunakan harus mendapatkan perawatan yang baik. Semisalnya terdapat bekas gosong pada panci, cobalah lakukan perawatan dengan menggunakan pasta abu gosok. Mengecek kembali peralatan yang jarang dipakai atau membersihkannya dari debu juga merupakan perawatan berkala yang perlu dilakukan.

3. Gunakan furniture multifungsi di dapur


pinterest

Memiliki furniture multifungsi akan sangat membantu dalam penataan dapurmu sehingga meminimalkan ruang di dapur. Seperti halnya rak tersembunyi di sela-sela kulkas dan almari penyimpanan dapur atau talenan dan meja tersembunyi di dalam meja dapur. Furniture multifungsi tentunya akan membuat ruangan terasa lebih luas dan mudah digunakan. Penggunaan furniture serbaguna ini akan membuat dapur lebih nyaman digunakan.

4. Pemilihan warna yang tepat di area dapur

hgtv

Penggunaan warna yang digunakan pada dapur akan memberikan image pada ruang dapur. Setiap warna memiliki arti dan juga kesan yang berbeda. Seperti halnya warna putih akan memberikan suasana bersih dan luas pada ruangan, warna hijau memberikan tampilan yang segar, ataupun warna hitam yang menampilkan kesan elegan. Dengan memperhatikan ukuran dan bentuk ruangan, warna akan mempengaruhi area dapur. Pewarnaan pada bagian area dapur juga akan memiliki beragam suasana, seperti halnya warna pada dinding, langit-langit, ataupun furniturenya. Jadi pastikan warna tersebut pas untuk dapurmu!


5. Pencahayaan dalam ruang dapur

pinterest

Cahaya dapat memberikan penerangan pada keseluruhan ruang dapur. Sumber dan juga arah cahaya dapat mempengaruhi area dapur. Sumber cahaya baik alami ataupun buatan seperti lampu akan sangat mempengaruhi ruangannya. Seperti halnya lampu sepanjang langit-langit di meja dapur akan memberikan penerangan yang berbeda dengan lampu di dinding ataupun cahaya langsung dari jendela dapur.

6. Letakkan tempat sampah di sekitar area dapur


pinterest

Tempat sampah merupakan hal yang harus tersedia di ruangan ini. Dengan adanya tempat sampah, kebersihan di ruangan akan selalu terjaga. Saat mengupas bahan masakan, sampah akan langsung tertampung sehingga tidak mengotori berbagai area lain di dapurnya. Tempat sampah ini sendiri dapat diintegrasikan dengan rak di bawah meja atau tempat tersembunyi lainnya di area dapur sehingga tidak akan mengganggu pemandangan dalam ruangan. Pastikan tempat sampahmu dapat memuat keseluruhan sampah aktivitas sehari-hari dan juga memiliki penutup yang erat agar bau tak sedap menyebar.

7. Bersihkan meja dapur dan wastafel setelah digunakan

mundotkm

Setelah melakukan kegiatan di area dapur, menjaga keseluruhan ruangnya menjadi hal yang sangat penting. Jangan menunda kegiatan bersih-bersih ini karena noda yang ditinggalkan akan makin sulit dibersihkan jika berlama-lama. Dengan melakukannya secara rutin akan menjadikan suatu kebiasaan yang akan sangat baik dan membuat dapur lebih nyaman digunakan.

8. Tambahkan kebun sayur di dalam dapur

thekimsixfix

Kebun sayur dan herbal akan sangat baik ditanam disekitar area dapur. Hal tersebut dapat berupa pot tanaman, atau kebun vertikal di sudut dapur. Berbagai macam tanaman itu dapat berupa sayuran atau tumbuhan yang dapat digunakan untuk memasak seperti mint, kemangi, lavender, ataupun tumbuhan serupa lainnya. Tidak hanya memberikan kesegaran pada ruang dapur, namun juga aroma sedap di dalamnya.

baca juga: tanaman herbal


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter