article / Building / Apartemen di Brazil yang Didesain Minimalis Dan Modern Sehingga Membuat Hunian Terang dan Juga Nyaman untuk Dihuni
15 Mei 2018 511 Views

Apartemen di Brazil yang Didesain Minimalis Dan Modern Sehingga Membuat Hunian Terang dan Juga Nyaman untuk Dihuni

Apartemen milik Antonio Bicudo yang berada di lantai paling atas di bangunan 3 lantai ini memiliki luasan area sebesar 50 meter persegi. Berada di Sao Paulo, Brazil, biro arsitektur lokal yaitu vao merancang ulang bagian dalam hunian sehingga terasa nyaman dan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Dengan besaran ruang seadanya, pemilik mengingkan kamar tidur yang tertutup dimana terdapat ruang privat baginya. Uniknya lagi selama renovasi hunian ini tidak dilakukan pembongkaran sehingga membuat proyek ini terbilang unik.

Denah ruangan sebelum direnovasi. ruangan terbuka kecuali pada bagian kamar mandinya. Pengunjung pun yang datang langsung dapat melihat ke arah dapur dan juga kamar tidur terbuka di sebelah kamar mandinya.

Denah ruang yang telah direnovasi dengan menambahkan dinding sehingga terdapat ruangan tertutup yang digunakan sebagai kamar tidurnya.

Area yang sebelumnya merupakan sebuah dapur tertutup diubah menjadi kamar tidur pemilik. Kamar tidur apartemen studio yang awalnya berada di bagian tengah hunian dipindah ke area dapurnya. Ruang tengah pun dapat difungsikan menjadi area publik yang terintegrasi menjadi ruang tamu, dapur, dan juga area balkon. Ruang tengah pun juga mendapat pencahayaan yang baik dari jendela dan juga balkonnya. Selain itu kamar tidurnya pun menjadi lebih tertutup dan menjaga privasi pemiliknya.


Desain interior pada hunian ini terasa sangat modern dan juga simple. Memanfaatkan warna putih diseluruh ruangan agar cahaya dapat terpantul ke seluruh sudut di dalam ruangannya. Perpaduan warna putih, hitam, dan material kayunya terlihat serasi.

Ketika memasuki hunian pengunjung akan dihadapkan pada almari penyimpanan kayu dengan berbagai pintu di dalamnya. Setiap rak tentunya memiliki fungsi beragam seperti tempat penyimpanan alat kebersihan dengan wastafel untuk bersih-bersih. Adapun berbagai peralatan rumah tangga lainnya yang tersimpan rapi di dalamnya. Uniknya lagi pada bagian tengahnya terdapat rak terbuka dimana pemilik dapat meletakkan pot tanaman sebagai penghias ruangan dan juga penyambut tamu yang akan datang.


Lalu pengunjung akan dapat langsung melihat area santai dimana terdapat bangku kayu dan juga kursi santai untuk membaca ataupun sekedar beristirahat. Posisinya yang dekat dengan balkon tentu membuat area tersebut mendapatkan penerangan dan juga udara segar dari luar. Sangat nyaman untuk membaca buku.

Tepat di sebelah area balkon terdapat ruang tamu yang juga menjadi ruang keluarga dimana penghuni dan juga tamu dapat menikmati acara di TV ataupun sekedar berbincang akrab. Sofa yang empuk dan juga meja kopi kecil berada tepat diseberang rak-rak tv dan bukunya. Posisi tv yang sejajar dengan sofanya, serta rak buku gantung di dinding tersusun rapi dan kontras dengan warna hitam di dalam ruangannya. Adapun tangga disebelah raknya yang digunakan untuk ke area loteng tempat penyimpanan barang.


Masih berada di ruang tengahnya yang terhubung area makan dan juga dapur pada ujung ruangan. Area makan dilengkapi dengan meja kaca dan kursi kayu yang cantik. Luas area makan yang tidak besar, namun cukup menampung empat orang di meja makannya. 

Lalu tepat dibelakang meja makannya terdapat dapur yang dilengkapi dengan kompor beserta oven dan juga tempat mencuci peralatan makan. Kulkas dengan ukuran sedang melengkapi dapurnya. Rak gantung terbuka juga menjadi vokal point pada dapur dengan diletakkannya berbagai macam bumbu dapur dan alat ukurnya. Sedangkan untuk berbagai peralatan lain seperti panci, piring, dan lainnya tersimpan di dalam rak kabin putih dan rak dibawah meja dapurnya.

Sedangkan kamar mandi berada di ruangan setelah dapur, terpisah oleh dinding tersendiri. Kamar tidur dankamar mandi terhubung dengan area wastafelnya. Untuk kamar mandinya dilengkapi dengan area shower dan toilet duduk. Sedangkan pada kamar tidurnya terdapat jendela sehingga pencahayaan di dalam kamarnya terpenuhi.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter