article / Home Decor / Apartemen Mini 13 Meter Persegi Ini Bisa Jadi Hunian Nyaman dan Efisien
14 Mei 2018 941 Views

Apartemen Mini 13 Meter Persegi Ini Bisa Jadi Hunian Nyaman dan Efisien

Apartemen micro milik Szymon Hanczar di Wroclaw ini terbilang cukup kecil dan sederhana. Hanya berukuran 13 meter persegi, apartemen mini ini sudah berisi kamar tidur, kamar mandi, dan juga dapur. Pemilik dari apartemen ini merupakan seorang dosen di akademi seni rupa dan desain Wroclaw. Awalnya ia menginginkan apartemen kecil ini untuk tempat tidur saja namun ia juga mengingkan desain yang membuatnya serasa di rumah.

Tempat tinggal ini serasa seperti ruang penyimpanan dan kamar hotel baginya. Desain yang kecil ini akan sangat cocok untuk mereka yang menyukai minimalis dan menikmati gaya kehidupan perkotaan.

Tempat tidur double bed berada di atas almari kayu built-in dan juga kamar mandi yang diakses melalui pintu geser di sampingnya. Almari built-in ini tidak hanya untuk menyimpan pakaian saja namun juga peralatan kebersihan rumah, dan juga mesin cuci pakaian berukuran kecil. Pada area bawah tersebut juga terdapat dapur mini yang juga berlokasi tepat dibelakang pintu masuk ke hunian. Bak cuci, kabin kecil, dan papan memotong yang tersembunyi di raknya semua dapat digunakan ketika pintu rumahnya ditutup.


Tangga berwarna hitam yang merupakan akses menuju ruang tidurnya ini disambungkan dengan rail sehingga dapat digeser dan membuka pintu almari. Ruang untuk tidur ini hanya dilengkapi dengan kasur dan juga lampu tidur yang didesain unik.

Kabin panjang untuk penyimpanan dan meja kerja diletakkan saling bersebrangan dan mempet pada dindingnya. Selain beberapa elemen fungsional, desainer juga memberikan fitur dekorasi untuk membuat hunian terasa lebih homey. Meskipun hunian ini kecil, Hanczar tetap memikirkan kenyamanan dan fungsional dari tempat tinggalnya itu. Bahkan hammock pun dipasang di dekat area jendela ruangan untuk tempat bersantai.


Hunian dengan satu jendela dan ruangan bercat putih mampu menerangi keseluruhan ruangan dan memberikan kesan yang luas. Pemilihan warna furniture yaitu light wood pun membantu dalam memantulkan cahaya pada hunian. Adapun gantungan sepeda yang terbuat dari rak yang dipasang di ketinggian pada dinding. Hal ini menciptakan sebuah titik fokus pada ruangan karena keunikannya.

Sepeda sendiri dianggap Hanczar sebagai transportasi perkotaan yang ramah lingkungan dan juga cepat. Karena keterbatasan luasan ruang, maka dari itu dirinya menggantungkan sepedanya. Selain menjadi tempat penyimpanan, tentunya juga menjadi dekorasi dalam hunian. Tanaman dan lampu pun juga difungsikan untuk memberikan warna dan kecerahan pada tempat ini.


Pemilihan warna-warna yang terang akan membuat ruangan terasa luas. Selain itu juga menambahkan suasana welcoming yang estetik dan fungsional. Dalam hunian ini terasa bahwa setiap sudutnya berfungsi dengan baik dan elok. Tidak ada ruang yang tersia-siakan.

Kamar mandinya yang kecil pun didesain sangat efisien. Dengan toilet duduk, shower, dan juga wastafel, kamar mandi terfasilitasi dengan baik. Keseluruhan dinding dan lantai ubin putih mengaburkan ukuran kamar mandi yang cukup minim ini. Adanya pintu geser benar-benar menghemat ruang di dalamnya.

Beberapa smart-furniture memang ditemui dalam mendesain hunian ini. Baik itu di area dapur hingga rak kabinnya didesain fleksibel dan juga bermanfaat. Salah satu solusi desain untuk hunian kecil yang bisa diterapkan.

sumber: Apartemen Mini 13 meter


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter