article / Building / Rumah di Argentina ini Menyatu dengan Alam, Interior Rumahnya Terasa Luas dan Memukau!!!
17 Januari 2018 2K Views

Rumah di Argentina ini Menyatu dengan Alam, Interior Rumahnya Terasa Luas dan Memukau!!!

Rumah yang didesain oleh Besonias Almeida Arcquitectos ini memiliki integrasi ruang yang baik antara indoor dan outdoornya. Rumah yang diberi nama Aranzazu ini memiliki lahan seluas 264 meter persegi yang dimanfaatkan dengan baik dan efisien sehingga rumah dapat terasa nyaman dan segar. Terlihat dengan adanya berbagai pohon yang merupakan lingkungan eksisting dari lahan tersebut.

Terletak di sebuah sudut area perumahan yang terbangun sejak 1968, lahan rumah ini memang menjadi area yang ditumbuhi tanaman lebat. Dari berbagai macam pohon hingga semak memberikan tempat penghijauan yang segar bagi area disekitarnya.

Tentunya sang arsitek mendesain dengan memperhatikan lingkungan alam sekitarnya. Pohon oak yang besar pun dapat terlihat di pintu masuk rumah yang terbilang cukup unik. Klien pun meminta rumah dengan berbagai macam fungsi permanen pada ruangnya namun saling terkait antara ruang dalam dan luarnya.

Adapun juga permintaan penggunaan material rumah berupa beton ekspos yang dipadukan dengan material kayu sehingga dapat memecah kesan monokromatik pada rumah. Tentunya dua perpaduan material yang menarik dan juga cantik untuk rumah tinggal.


Keseluruhan rumah ini tentunya akan sangat didukung oleh desain lanskapnya. Maka dari itu, pepohonan dan juga vegetasi menjadi poin awal dalam mendesain rumah. Dengan tidak memotong pohon-pohon utama dan juga membiarkan lahan dengan tanah alami yang tidak tertutup dengan lantai betonnya.

Rumah ini terdiri dari dua lantai yang tentunya terbagi oleh zona privasi. Pada lantai dasarnya difungsikan sebagai area zona publik dimana tamu dapat mengeksplor ruang-ruang di lantai ini. Sedangkan untuk lantai atasnya difungsikan sebagai area zona privat dimana hanya pemilik yang berhak untuk mengakses area tersebut.


Pada lantai dasarnya terdapat ruang tamu yang dilengkapi dengan area pemanas, kamar tidur tamu, ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan tentunya area bersantai dan berjemur di dekat kolam renangnya. Tidak lupa pula terdapat area parkir kendaraan yang dapat mencakup ruang untuk tiga buah mobil.


Bagian yang paling menarik di rumah adalah ruang keluarga ala piknik yang didesain semi terbuka menghadap ke kolam renangnya. Pada area keluarga ini, mereka dapat bersantai ataupun makan bersama dengan suasana langsung menghadap ke halaman dalam rumah. Area yang dilingkupi beton dan kaca ini tentunya akan mengakrabkan suasana antar anggota keluarga.

Sedangkan untuk lantai di atasnya terdapat tiga buah kamar tidur. Satu kamar tidur utama lengkap dengan area walk-in closet dan kamar mandi dalam. Sedangkan dua kamar tidur lainnya memiliki kamar mandi bersama yang terletak di antara kedua kamar tersebut.

Salah satu hal yang cukup menarik di lantai dua ini adalah koridor penghubung antara kamar utama dan kamar tidur lainnya yang kecil dihadapkan dengan tangga dan juga jendela kaca yang besar dimana pohon besar yang berada di halaman dalam rumah menjulang tinggi dapat terlihat. Selain itu juga terdapat rak buku dan penyimpanan yang tampak sama dengan rak di lantai bawah sehingga tampak seperti menyatu dan saling terhubung.

Dinding kaca banyak diterapkan di area dalam rumah sehingga ruangan terasa luas dan saling terhubung. Perpaduan material beton yang memberikan kesan sejuk dan kayu dengan kesan hangatnya membuat rumah jadi lebih nyaman dan berwarna. Pepohonan yang tumbuh pun terasa menyatu dengan bentuk bangunan yang menaungi pohon tersebut. Alami dan juga sejuk baik secara visual maupun lingkungannya.

sumber: Aranzazu house


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter