article / Building / Rumah Asimetris Ini Didesain Untuk Kolektor Mobil Mewah, Isi Garasinya Benar-Benar Memukau!
07 November 2017 972 Views

Rumah Asimetris Ini Didesain Untuk Kolektor Mobil Mewah, Isi Garasinya Benar-Benar Memukau!

Bagi para penggemar mobil antik, tentunya ingin memiliki rumah yang dapat menyimpan segala koleksi mobilnya. Hal ini lah yang dilakukan studio arsitektur asal Texas. Matt Fajkus Architecture mendesain bangunan dua lantai yang asimetris di Austin.

Rumah yang diberi nama Autohaus ini berada di lahan memanjang seluas 957 meter persegi. Rumah ini memang didesain untuk tinggal dan juga sebagai tempat perbaikan dan mendisplay mobil klasik yang dimiliki oleh pemilik rumah. Rumah ini didesain berdasarkan kegunaannya sebagai display mobil dan area tinggal pemilik. Penghubung antar lantai adalah tangga yang dipenuhi degan pencahayaan. Luas bangunan yang terbangun di lahan ini sekitar 380 meter persegi.

Pada lantai dasar bangunan difasilitasi dengan pintu masuk, ruang garasi display, dan toilet. Sedangkan di lantai atas terdapat ruangan yang lebih privat seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur, ruang kerja, teras roof top, kamar tidur utama dan juga kamar mandi yang dilengkapi dengan toilet dan area shower.

Terbuat dari struktur beton, lantai dasar memiliki pintu garasi kayu. Area garasi juga dilengkapi dengan lantai beton, kolom ekspos dan juga rangka plafon ekspos. Tentunya interior lantai ini terasa menyenangkan dengan adanya koleksi mobil yang berwarna-warni termasuk model porsche, ferrari, dan Alfa Romeo.


Sedangkan pada bagian lantai atas lebih dilingkupi dengan warna dan material tertentu. Dapat terlihat pada bagian lantai dan juga beberapa bagian dinding dilapisi oleh material kayu. Material tersebut memberikan kesan hangat dan juga alami pada interior rumah. Adapun frame metal berwarna abu gelap yang digunakan sebagai struktur kaca di dindingnya. Adanya frame ini menambahkan keeleganan pada rumah dan juga memberikan kontinuitas dengan warna eksterior rumahnya.

Pada bagian lantai atas, adapun bagian yang ditonjolkan lebih maju dari lantai bawahnya dengan sistem kantilever sebesar 6 meter ke depan. Hal tersebut pun juga dimanfaatkan sebagai area parkir mobil pada lahan di bawahnya. Balok baja pun menjadi struktur penompang untuk kantilever tersebut. Untuk area menonjol ini digunakan sebagai kamar tidur utama pemilik rumah.


Pertimbangan dari menonjolkan lantai dua dengan kantilever agar pada bagian belakang lantai ini dapat difungsikan sebagai void dan memperlihatkan ruang garasi. Lalu pada bagian atas garasi di lantai dua, difungsikan sebagai teras roof top.


Area outdoor dilengkapi dengan meja makan dan ruang bersantai seperti dudukan sofa. Kanopi kayu dan pepohonan menjadi alat peneduh area ini. Pembatas antara rooftop dengan ruang dalam adalah pintu kaca geser. Area roof top memberikan ruang untuk relaksasi dan juga hiburan. 

Kamar tidur utama memiliki layout yang to-the-point dengan akses mudah menuju kamar mandi dan terhubung langsung ke ruang kerja. Sedangkan pada ruang keluarga, dapur, dan ruang makan memiliki layout terbuka tanpa partisi antara ruangannya.

Fasad dari rumah ini terbilang cukup unik karena terlihat perpaduan hitam dan putih. Massa bangunan lantai atas tampak seperti dipasangkan dengan massa dibawahnya. Bentuk asimetris yang tidak seimbang memberikan kecantikan tersendiri. Kaca besar pun menghiasi lantai dua yang dijadikan kamar tidur. Tidak hanya bangunannya saja, lanskapnya pun didesain teratur dengan adanya layout jalur menuju garasi untuk mobilnya dan lahan lainnya dijadikan area penghijauan dengan rerumputan. Unik dan fantastik untuk kamu yang suka mengkoleksi mobil vintage.

sumber: Autohaus


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter