article / Building / Terbengkalai dan Ditinggalkan, Tempat-tempat Ini Memberikan Kesan Mistis dan Angker di Balik Arsitekturalnya yang Menawan
09 Agustus 2017 969 Views

Terbengkalai dan Ditinggalkan, Tempat-tempat Ini Memberikan Kesan Mistis dan Angker di Balik Arsitekturalnya yang Menawan

Meskipun memiliki desain yang menarik ataupun kokoh, tentunya tidak semua bangunan memiliki masa penggunaan bangunan yang panjang. Adapun beberapa bangunan ataupun wilayah yang akhirnya ditinggalkan dan terbengkalai. Tentunya bangunan yang terbengkalai itu jadi tampak mengerikan dan horor. Namun meski terbengkalai beberapa bangunan tetap menunjukkan keunikannya. Selain itu juga berbagai tempat ini memiliki daya tarik sendiri sehingga orang-orang pun penasaran dan tertarik untuk melihatnya. Berikut adalah beberapa bangunan yang terbengkalai, horor sekaligus atraktif.

1. Last House on Holland Island, USA

last house on Holland Island

Rumah ini merupakan salah satu bagian dari area pulau kecil yang sukses di Chesapeake Bay di US. Namun erosi yang sering terjadi di pulau ini menyebabkan ruang hidup di pulau ini makin mengecil. Lama-lama lahan di pulau tersebut pun menghilang dan rumah ini menjadi rumah satu-satunya yang tertinggal sebelum akhirnya pulau tersebut hilang pada tahun 2010.

2. Abandoned Mill, Italy

abandoned mill

Bangunan yang berada di lembah pegunungan di Sorrento, Italia sudah ditinggalkan sejak 1866. Tentunya ada alasan mengapa tempat ini ditinggalkan. Tempat yang awalnya merupakan tempat penggilingan gandum ini jauh dari area perairan, letaknya di lembah pun menaikkan tingkat kelembaban area sehingga tidak cocok untuk beraktivitas di bangunan tersebut. Dapat terlihat bangunan juga dengan mudah ditumbuhi lumut dan tanaman lainnya.


3. The Haunting New Bedford Orphuem, USA

The Haunting New Bedford Orphuem

Bangunan tua ini masih terlihat sekali kegagahannya. Fungsi dari gedung ini sendiri sebagai tempat hiburan seperti teater yang berlokasi di Massachusetts, US. Gedung ini dibuka tahun 1912 dan ditutup tahun 1959. Untuk saat ini perusahaan yang mengurusi gedung ini pun sedang mencari dana untuk merevitalisasi bangunan agar dapat difungsikan kembali.

4. Underwater City in Shicheng, China


shicheng city

Tempat yang satu ini memang tidak mudah dijangkau namun dapat membuat orang takjub dengan bangunannya. Kota yang berada di bawah air ini sudah tidak terjamah selama 1341 tahun. Shicheng atau sebutan lainnya Lion City berlokasi di provinsi Zhejiang di area tenggara Cina. Namun ternyata keadaan kota dalam air ini selalu terlindungi dari erosi air hujan dan angin sehingga bangunan ini tersimpan dalam keadaan yang sangat baik di bawah air.

5. Hashima Island, Jepang

hashima island


Pulau hashima atau gunkanjima yang berarti pulau kapal dikenal sebagai salah satu pulau tidak berpenghuni di Jepang. Awalnya pulau ini sendiri menjadi tempat para penambang batu bara. Dengan fasilitas tempat tinggal yang layak, ternyata penduduk di pulau ini pun membengkak. Ketika minyak bumi mulai menggantikan batu bara, tambang pun mulai ditutup termasuk dengan pulau ini. Sekarang kabarnya pulau ini merupakan pulau kapal berhantu. Karena kesannya yang misterius dan horor, area ini pun pernah menjadi tempat syuting film Battle Royale II dan settingan video game Forbidden Siren 2.

6. San Zhi, Taiwan

sanzhi

Bangunan yang berbentuk seperti perumahan ini bertujuan sebagai rumah berlibur untuk pekerja militer US yang baru saja kembali dari Asia. Area ini dibangun dari tahun 1978 namun terhenti di tahun 1980 sebelum bangunan ini selesai dikerjakan. Area perumahan yang ditinggalkan ini pun menimbulkan bermacam-macam spekulasi. Seperti hal kurangnya prospek dari segi finansial dan adanya kejadian supernatural di area tersebut. Adapun beberapa kecelakaan yang fatal menimpa di proyek sehingga beberapa kali konstruksi sempat terhenti.

7. Pripyat, Ukraine

Pripyat town

Pripyat mulai terbangun semenjak 4 Februari 1970 di area perbatasan Belarus. Kota ini merupakan tempat yang dihuni oleh berbagai perkerja di sekitar area nuklir yang kemudian hancur karena kecelakaan nuklir pada tahun 1986. Setelah orang yang tinggal di dalamnya dievakuasi, kota ini dibiarkan sebagai kota hantu karena radioaktifnya. Kota ini hanya bisa dikunjungi jika ada pemandu di daerah tersebut.

Jadi tempat mana nih yang paling horor menurut kalian?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter