article / Building / 7 Rumah Serba Kayu yang Bisa Menjadi Inspirasi Dalam Mendesain Rumahmu
09 Juli 2019 5K Views

7 Rumah Serba Kayu yang Bisa Menjadi Inspirasi Dalam Mendesain Rumahmu

Penggunaan kayu sebagai material untuk rumah merupakan favorit seluruh orang. Baik untuk eksterior ataupun interior, kayu memberikan kesan alami dan juga hangat. Berbagai macam inovasi juga dapat diterapkan dengan penggunaan material ini. Selain harganya yang dapat lebih terjangkau juga, penggunaan kayu juga merupakan salah satu cara untuk menjaga lingkungan.

Namun tidak semua jenis kayu bisa diterapkan. Pemilihannya akan bergantung juga pada keadaan lingkungan sekitar. Dengan menggunakan jenis kayu lokal dan struktur konstruksi yang tepat, akan membuat desain rumah menjadi cantik dan terjangkau dari segi budget. Maka dari itu, berikut beberapa desain rumah kayu yang bisa dijadikan inspirasi.

Summer House

Rumah kayu ini terlihat elok. Didesain oleh Design Blitz, rumah yang dibangun tahun 1942 ini berfungsi sebagai rumah musim panas di Sebastopol Barat, California. Rumah yang digunakan untuk berlibur ini direnovasi dan difungsikan kembali sebagai rumah hunian keluarga. Bangunan yang tampak alami ini terinspirasi dengan keadaan sekitarnya yang berupa pepohonan hutan. Pemilihan kayu timber pada rumah memberikan warna yang menonjol dibandingkan area sekitarnya. Adapun rumah ini dilengkapi dengan deck depan dan atap gable memanjang yang difungsikan sebagai atap garasi di sisi samping rumah.

North Sea Wood House

Rumah ini menggunakan frame dengan kayu siberian larch dan pelingkup dindingnya dengan western red cedar. Berlokasi di Pulau Terschelling, tersembunyi di area Laut Utara. Didesain oleh Achterbosch Zantman, dengan perhatian khusus pada material kaca yang besar pada dinding untuk mengoptimalkan pemandangan bukit pasir, laut, dan langit. Bentuk rumah yang unik ini memiliki ruang basement yang separuh bagiannya tertimbun bukit pasir. Meski begitu suasana didalamnya tetap terang dan terbuka. Di area basement ini terdapat tiga kamar tidur, ruang penyimpanan, dan kamar mandi. Pada lantai dasarnya terdapat ruang tengah untuk berkumpul dan kamar tidur utama. Bahkan terdapat juga ruang baca di dalam rumah dengan pemandangan ke luar yang cantik.


Laminated Pinewood House

Jaak Kangro dari Nordicasa Design & Construction merupakan arsitek yang menangani desain rumah kayu kali ini. Rumah serba kayu timber ini berlokasi di Resor Ski Valdelineares di Spanyol. Rumah ini keselutuhannya dilapisi oleh material kayu pine baik di luar maupun dalamnya. Menonjolkan sisi rustic dan kesan hangat di keseluruhan ruang. Meski begitu, sentuhan sisi modern juga tampak pada penggunaan jendela kaca besar pada area depannya. Pada bagian belakang rumahnya tampak simetris dan dilengkapi  dengan dinding kaca yang dapat dibuka ke arah outdoornya. Layout rumah yang terbuka di lantai dasar sangat kondusif digunakan untuk berkumpul dan besosialisasi.

Single-Family House


Pemilik rumah ini adalah seorang pasangan muda dengan anak yang masih kecil. Rumah tiga tingkat ini memiliki fungsi yang berbeda tiap lantainya. Pada lantai paling atas merupakan area privat dimana terdapat kamar tidur. Pada lantai tengahnya terhubung dengan area terbuka untuk keluarga, ruang tamu, dan dapur. Sedangkan pada bagian lantai paling bawah terdapat kantor dan showroom. Adanya overhang pada rumah menjadikan area tersebut ternaungi dan dapat digunakan anak-anak untuk bermain. Penggunaan kayu sebagai struktur material dikarenakan oleh kecepatan dan kebersihan material saat konstruksi. Ditambah lagi material ini merupakan material ramah lingkungan. Pada bagian utara dan selatan terdapat jendela yang besar dan menyajikan pemandangan yang indah. Sedangkan pada bagian barat dan timur tertutup tanpa banyaknya bukaan.

Open Cabin House


Berlokasi di Berrocal, Segovia, Spanyol, rumah ini dibangun oleh Pablow Campoverde dan didesain oleh Josemaria dan Cayetana dari CH+QS Architect yang berkolaborasi dengan Nathanael Lopez. Warna kuning menjadi dominan di dalam rumah ini dengan material kayu yang disajikan. Selain itu juga warna ini cocok untuk segala musim karena selalu tertampilkan di berbagai musim. Warna lanskap yang hijau saling berirama dengan rumahnya.

Apelle House

Rumah yang terletak di Finland ini menyajikan gaya desain Scandinavian dengan bentuk rumah yang menyerupai sebuah kapal dengan material, desain, dan budaya tradisional setempat. Rumah yang diberi nama Apelle House ini didesain oleh seorang arsitek  bernama Marco Casagrande. Sang arsitek terinspirasi dengan gaya hidup bahari baik secara literal ataupun detail-detailnya. Dari jendela kaca yang berbentuk bulat, eksterior dan interior bangunan dari kayu hingga bentuk dan pemandangan yang disajikan mengingatkan pada bahari. Untuk menambahkan kesan kekinian pun rumah ini memiliki desain interior yang minimalis, kontemporer dan juga keren.

Boathouse Style

Arsitek asal Jerman, Sussane Nobis sebagai arsitek dan juga pemilik dari rumah ini, mendesain area yang minimalis di bagian depan. Rumah yang berlokasi di area danau Starnberg, Munich, rumah ini mengaplikasikan interior ala kapal rustic yang terlihat dari penggunaan material kayu di dalam rumah. Bangunan dengan tinggi massa sekitar dua lantai ini memiliki rak buku pada bagian dinding-dindingnya yang menyetuh ketinggian plafonnya. Keseluruhan warna interior terbantu dengan pencahayaan yang cantik menonjolkan nuansa hangat oleh kayunya.

sumber: wood house

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter