article / Building / Ben House GP: Taman Vertikal pada Rumah yang Memberikan Kesegaran untuk Seluruh Penghuninya
22 September 2017 2K Views

Ben House GP: Taman Vertikal pada Rumah yang Memberikan Kesegaran untuk Seluruh Penghuninya

Rumah yang didesain oleh Wahana Architects berlokasi di Jakarta Selatan. Dengan luasan area 800 meter persegi, rumah yang dibangun tahun 2014 ini memiliki desain yang menyegarkan dan juga cantik. Bangunan tiga lantai ini dibangun pada 400 meter persegi lahan yang ada. Setiap lantainya memberikan tingkat privasi yang beragam. Pada lantai basement digunakan sebagai area servis, lalu lantai dasar dan lantai teratas sebagai area semi-privat dan privat.

Di area yang padat, memaksimalkan penggunaan lahan menjadi pilihan yang tepat. Tentunya ini sebuah tantangan untuk para desainer agar mengeksplorasi setiap sudut dan mendesain rumah sebaik mungkin. Rumah yang dari luar tampak besar, tertutup, dan compact tersebut memiliki kesan yang berbeda dari dalamnya.

Eksterior rumah identik dengan kesan modern namun juga natural karena warna coklat yang keluar dari material yang digunakan pada rumah tersebut. Lalu tepat di dalam rumah ini juga terdapat kolam renang dengan deck terasnya yang terhubung dengan ruang keluarga dan ruang makan pada lantai dasar. Area void ini pun menjadi salah satu area yang memberikan kesejukan dan kesegaran serta menjadi area yang memudahkan udara dan cahaya untuk bersirkulasi pada rumah ini. Adanya vertical garden pun memberikan nuansa tropis pada rumah.


Sedangkan pada lantai sisi yang berkebalikan dari kolam, terdapat sirkulasi tangga menuju ke lantai-lantai berikutnya. Rumah benar-benar didesain transparan dengan adanya pelingkup kaca sebagai dinding-dinding pembatas dalam rumah.

Lantai basement pada rumah memang digunakan sebagai area servis seperti lahan parkir, ruang tidur pekerja rumah tangga, serta kamar mand. Selain itu juga terdapat dapur mini dan ruang istirahatnya.


Lalu pada lantai dasarnya terdapat ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan juga kamar tidur tamu. Tidak lupa pula kolam renang beserta dengan area berjemurnya. Lantai ini lah yang merupakan area utama untuk anggota keluarga berkumpul dan juga beraktivitas.

Sedangkan pada lantai yang paling atas terdapat dua kamar tidur anak dengan kamar mandi dalam, kamar tidur utama yang dilengkapi dengan area closet dan juga kamar mandi dalam. Tidak tertinggal pula pada lantai ini juga terdapat area keluarga dan ruang belajar.


Ruang keluarga dan ruang belajar yang digunakan sebagai ruang komunal ini dihiasi dengan pemandangan taman vertikal yang terlihat dari dinding kacanya. Elemen tersebut tentunya mengaburkan batasan pada site bangunan antara bagian luar dan dalamnya.

Material bebatuan alami seperti andesit dan marble menjadi material yang dominan terlihat pada eksterior lantai dasar yang memberikan suasana tertutup. Sedangkan pada lantai atasnya terdapat kisi-kisi aluminium dengan pelingkup dinding kaca yang memberikan transisi transparan pada fasad bangunan.

Rumah ini tampak sangat indah baik dari dalam maupun luar, sehingga akan membuat orang yang melihatnya terkagum. Berbagai rumah yang sudah didesain oleh Wahana Architects memang memiliki keunikannya tersendiri dan kekhasannya berupa kisi-kisi yang memberikan perlindungan ataupun estetika di eksterior maupun interior rumah.

sumber: Ben House GP

LEAVE A COMMENT


Comment

Lycha Green
24 September 2017
Love how the building looks minimalist yet modern
 

LEAVE A COMMENT


invisible hit counter