article / Sunroom / Berbagai Sunroom Ini Bisa Difungsikan Jadi Ruangan Lain
03 Mei 2017 313 Views

Berbagai Sunroom Ini Bisa Difungsikan Jadi Ruangan Lain

Beberapa orang mungkin masih merasa asing dengan sunroom. Sunroom seperti namanya, ruangan ini adalah ruangan yang penuh dengan pencahayaan alami dari luar serta dapat menikmati pemandangan di luar rumah. Ruangan didesain dengan area semi terbuka ataupun dinding-dinding kaca dipelingkupnya. Sunroom sendiri tidak menjadi ruangan dengan fungsi tersendiri, akan tetapi menjadi satu dengan salah satu fungsi ruangan lain di dalam rumah.

Biasanya ruangan yang difungsikan untuk sunroom adalah area berkumpul keluarga dan tema-teman atau aktivitas untuk seluruh orang di rumah. Jadi ruangan dapat digunakan untuk siapa saja. Untuk pemilihan furniture dan material pada ruangan juga perlu diperhatikan karena pada area ini furniture akan terus terpapar sinar matahari. Berikut sunroom yang juga difungsikan sebagai ruangan lainnya.

Ruang Tamu

http://www.digsdigs.com

Ruang penerimaan tamu bisa dijadikan area yang dipenuhi dengan pencahayaan. Selain membuat ruangan jadi lebih terang, tamu juga dapat menikmati pemandangan di luar rumah. Pada desain ini, pintu yang digunakan adalah pintu geser sehingga membuat ruangan ini tampak luas dan juga lapang. Pemberian warna pastel pada bantalan sofa memberikan kesan yang lembut pada ruangan ini.

Ruang Keluarga

https://www.houzz.com

Berkumpul bersama keluarga, bercanda ataupun melakukan kegiatan berkumpul lainnya bisa jadi sangat ceria dengan menunjukkan pemandangan luar rumah. Ruangan tampak bersih dengan warna putih dan material lantai porselain membuat ruangan tampak mengkilap. Aksen alami diberikan pada dinding bebatuan yang juga difungsikan sebagai pemanas ruangan.

Ruang Makan

http://www.digsdigs.com

Area makan pada sunroom akan sangat memukau.  Tidak hanya dinding luarnya saja yang terbuat dari jendela kaca namun juga atapnya. Benar-benar mencerahkan ruangan pada pagi dan siang hari lalu ketika malam datang, keseruan makan malam bersama keluarga ataupun teman-teman akan bertambah.

Dapur

http://leecarolineart.blogspot.co.id

Dapur memang area yang membutuhkan pencahayaan yang baik. Ketika memasak, warna bahan dan masakan akan terlihat lebih jelas di ruangan seperti ini. Selain itu juga meningkatkan keselamatan kerja di dapur. Warna abu-abu pada furniture memang mudah dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Memberikan keteduhan dan juga ketenangan dalam ruang dapur ini.

Balkon

http://www.digsdigs.com

Memang cocok sekali dengan fungsi balkon, ruangan ini perlu diberikan pencahayaan lebih. Area bersantai yang terletak di lantai atas rumah ini membuat kita lebih rileks dengan duduk santai sambil menikmati pemandangan luar.

Ruang Kerja

http://www.digsdigs.com

Disirami oleh cahaya sore yang hangat, ruang kerja bisa jadi pilihan tepat untuk sunroom. Ketika dalam keadaan suntuk ataupun stuck dengan kerjaan, ruangan ini akan memberikan inspirasi kepada orang di dalamnya. Selain itu juga memberikan kesegaran dan membuat pikiran lebih jernih.

Kolam Renang Indoor

http://www.digsdigs.com

Jika ingin berenang di area luar rumah namun dapat digunakan pada saat keadaan apapun, kolam indoor adalah solusinya. Saat hujan datang, kita tetap bisa berenang dengan santai dan menikmati keadaan di area pekarangan rumah. Ventilasi udara di atas jendela juga didesain dalam ruangan sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Material pada atap juga dapat meneruskan cahaya ke dalam ruangannya.

Gym

http://www.digsdigs.com

Masih berkaitan dengan olahraga, memiliki gym di dalam rumah akan lebih baik diletakkan pada ruangan seperti desain di atas. Dengan dinding jendela kacanya, memberikan kelegaan pada pengguna gym. Membuat lebih santai dan juga leluasa dalam bergerak. Kesan tersebutlah yang tercipta dengan menggunakan sunroom sebagai ruang gym.

Hall way

http://www.homedit.com

Membuat tamu menunggu di hall depan rumah tentunya harus memberikan kenyamanan pada tamu tersebut. Hall yang terang menjadikan ruangan tidak sumpek dan enak dipandang. Dalam ruangan yang hangat karena terpapar sinar matahari, ubin dari material batu alami membuat ruangan lebih sejuk.

Ruang Tidur

http://www.digsdigs.com

Ruang tidur perlu disajikan dengan suasana yang tenang pada malam hari dan juga menyegarkan di pagi hari. Suasana luar ruangan sangat terlihat jelas dengan adanya dinding kaca. Sehingga ketika malam tiba, suasana akan lebih syahdu. Sedangkan pada pagi hari, cahaya alami akan membangunkan dan menyegarkan pikiran untuk memulai aktivitas di hari itu.

Beranda

http://www.homedit.com/

Beranda rumah bisa jadi lebih asik dengan desain satu ini. Dengan tempat duduk yang atraktif berupa ayunan mempercantik ruangan. Ditambah lagi  pemilihan material alami lainnya. Ketika tidak ingin terlalu panas karena matahari, dinding kaca bisa ditutup dengan tirai putih dan tetap menyalurkan sinarnya yang membuat ruangan tetap terang.

Ruang Baca

http://www.designrulz.com

Nah! Sunroom memang paling tepat untuk fungsi yang satu ini yaitu membaca. Menjadikan area ini menjadi perpustakaan mini di rumah bisa jadi pilihan. Sunroom sendiri tidak harus berada di lantai dasar rumah. Daripada membiarkan loteng rumah gelap, memberikan atap kaca pada rumah bisa memberikan nuansa yang berbeda. Jadi lebih fungsional dan juga menarik.

Kebun Indoor

http://www.designrulz.com

Tentunya beberapa orang tidak asing dengan istilah rumah kaca. Yap! Rumah kaca dibuat agar kita dapat tetap menumbuhkan tanaman dalam cuaca apapun di dalam ruangan. Terbentuk dari baja dan kaca, tumbuhan akan terus mendapatkan pencahayaan dari matahari. Menjadikan ruang sunroom sebagai taman indoor juga jadi pilihan yang baik untuk rumahmu.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter