article / Patio / Berbagai Cara Untuk Membuat Teras dan Ruang Outdoor di Rumahmu Jadi Mengesankan
07 April 2017 348 Views

Berbagai Cara Untuk Membuat Teras dan Ruang Outdoor di Rumahmu Jadi Mengesankan

Teras atau pekarangan merupakan bagian rumah yang memang perlu didesain untuk mempercantik rumah. Ide teras pertama kali digunakan di negara dengan iklim yang dipengaruhi oleh padang pasir. Teras ini sendiri diperumpakan seperti oasis di tengah gurun karena dengan adanya taman di tengah-tengah iklim yang gersang, teras memberikan kesegaran dan kesejukan di sekeliling rumah. Berikut berbagai cara untuk mendesain area outdoormu jadi lebih menarik.

http://www.housebeautiful.com/

Kalau kamu punya pohon yang teduh di pekarangan rumahmu, bisa kamu manfaatin dengan ide yang satu ini. Dengan berbagai furniture yang sesuai dengan suasana pekarangan, area teras ini terasa saling menyatu. Material anyaman bambu dengan sofa berwarna hijau memberikan kenyamanan tersendiri.

http://www.countryliving.com/

Dengan pemberian pergola pada area terbuka akan menciptakan suasana ruang tersendiri. Adanya penghangat ruangan seperti di gambar menonjolkan suasana yang hangat. Penataan interior mengesankan area ini seakan sedang berada di dalam rumah.


http://www.houzz.com/

Ide kali ini datang khusus untuk rumahmu yang memiliki pekarangan yang luas. Paving dari bebatuan ini dibuat seakan menuju jalan setapak ke area utamanya. Dengan dikelilingi rerumputan, kamu benar-benar seperti kembali ke alam. Dilengkapi dengan api unggun, pada malam hari area ini cocok untuk membuat kamu dan keluarga saling mengakrabkan diri sambil bersenda gurau dihiasi cahaya bintang di langit.

http://www.architecturaldigest.com

Desain satu ini muncul dari arsitek asal Jepang Kengo Kuma. Teras yang berada di lantai atas ini diberikan penutup atap kanopi dari membran. Furniturenya yang terdiri dari garis-garis geometris horizontal menyatu dengan shading dinding eksterior yang berupa garis-garis vertikal untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk pada ruangan dalam. Tentunya desain ini tetap memberikan privasi pada pemiliknya.

http://www.housebeautiful.com/

Masih dengan desain di lantai atas, teras satu ini dimungkinkan untuk area berkumpul dan makan bersama. Desain dinding pembatas yang difungsikan menjadi kursi ini juga bukan hal baru lagi. Kolom baja penyangga pergola dihiasi dengan tanaman rambat yang menyatukan tema teras ini.

http://www.housebeautiful.com/

Suasana fun ini bisa juga kamu terapin di teras rumahmu. Furniture dengan rangka bambu dan dominasi warna biru membuat teras lebih hidup. Corak ubin juga dibuat menyatu dengan keseluruhan desain.

https://www.homeimprovementpages.com.au

Teras yang dikelilingi oleh kolam ini bisa jadi pilihanmu yang suka bersantai dan berjemur dipinggir kolam. Sambil menikmati suasana alam, teras yang didesain megah ini disesuaikan dengan corak rumahnya.

Pemberian lampu gantung yang memiliki corak unik ini dapat memberikan kesan yang elok. Lampu digantung pada ranting dan memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Warna furniture tidak dibuat terlalu berwarna-warni sehingga lebih menyatu dengan lantai dan dinding sekitarnya.Selain itu warna yang tidak terlalu mencolok cukup nyaman dipandang mata.

http://www.housebeautiful.com/

Area teras didesain tertutup dengan dinding bata ekspos dan juga taman vertikal. Dibuat menyatu dengan alam, adanya pohon palm saling terkoordinasi dengan warna furniture dan taman vertikal. Pohon ini juga memberikan nuansa tropis di halamanmu.

http://www.houzz.com/

Kalau kamu bosan daritadi melihat area outdoor yang dimanfaatkan sebagai area berkumpul, kali ini ada bentuk yang berbeda. Area outdoor dimanfaatkan untuk kolam ikan. Pemberian kolam di area terbuka akan menambah kesejukan di lingkungan rumah. Tidak hanya sekedar kolam, area ini didesain pula dengan jembatan kayu di tengah kolamnya. Selain itu pelingkup kolam dibuat alami dengan adanya bebatuan dan pepohonan.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter