article / Dining / Berbagai Ide Nuansa Tropical Untuk Ruang Makan di Rumah
16 Mei 2017 209 Views

Berbagai Ide Nuansa Tropical Untuk Ruang Makan di Rumah

Memiliki ruang makan dengan nuansa tertentu akan memberikan keunikan ruangnya. Salah satu tema yang bisa digunakan pada ruang makan yaitu nuansa tropical. Tropical memberikan suasana yang ceria dan eksotis ke dalam ruangan. Banyak sekali versi untuk mendesain ruang makan yang tropical. Setiap negara pun punya ciri khas tropical yang berbeda-beda. Tentunya yang pasti dengan suasana ini, rumah akan menjadi lebih segar dan fresh.

Ruangan dengan nuansa tropical memiliki warna dan kesan yang jauh berbeda dengan ruang makan tradisional dan formal pada umumnya. Tersimpan kesan 'playful' pada ruangan dengan tema tersebut. Warna yang terang dan tegas akan menguatkan suasana tropis. Berikut beberapa contoh ruang makan dengan tema tropical.

http://www.decoist.com

Ruang makan di sudut ini menggunakan warna yang cerah dan tropical. Warna kuning mendominasi ruangan sehingga tampak atraktif. Warna ini tentunya tidak akan ketinggalan jaman dan memberikan kecerahan serta keceriaan pada ruangan. Sehingga ruang makan jadi lebih fresh.

https://www.houzz.com

Warna hijau sudah menunjukkan nuansa alam yang segar. Garis yang jelas pada karpet dan dekorasi kayu mid-century di berbagai elemen furniture ruang makan melengkapi nuansa tropis dengan sempurna. Bahkan lukisan di ruangan ini pun memperkuat kesan tropis.

 

http://www.decoist.com

Suasana tropical bisa juga diberikan melalui pemilihan material pelingkup ruangan. Dengan material alami di seluruh ruangan dan tanaman yang tumbuh di sekitarnya akan menambahkan kesan tropis dan etnik. Bentukan kursi dan meja makan pun menyesuaikan dengan tema garis vertikal pada partisinya.

http://photos.hgtv.com

Perpaduan warna biru dan tan dibantu dengan panel dinding anyaman menciptakan suasana tropis. Bantal dudukan warna biru yang menyelimuti bangku pada ruang makan menyatu dengan lampu gantung bermanik-manik. Memberikan keselarasan pada desain ruang makan. Sedangkan material kayu gelap pada kursi makan membantu menetralkan ruangan.

http://photos.hgtv.com

Wallpaper dengan pola grid tertentu dan lukisan bunga memberikan nuansa boho-tropical pada ruang makan. Warna pink pada bantalan sofa memberikan pop up warna di dalam ruangan. Sedangkan warna putih pada furniture menjadikan ruangan lebih fresh dan hidup.

http://www.decoist.com

Dengan gaya bohemian pun juga sangat menyatu sangat cantik dengan settingan tropical ketika dipadukan dengan benar. Dengan gaya yang ekspresif, bersemangat, dan beraneka macam, ruang makan pun jadi tidak membosankan.

https://www.houzz.com

Warna netral seperti warna putih jika dipadukan dengan warna coklat kayu pun bisa menimbulkan pengalaman nuansa tropis. Dengan pola kayu yang tidak hanya berdasar pada satu warna pada mejanya, memberikan aksen unik yang kentara. Ruang makan yang berada dekat dengan area outdoor rumah menyajikan kesejukan dari udara luar menuju ke dalam ruangan.

http://photos.hgtv.com

Bukaan dinding lengkung menghubungkan ruang makan dengan ruang tamu secara hangat. Pola pada bangku di ruang makan memiliki pola serupa dengan tirai pada jendelanya.

 

http://photos.hgtv.com

Putih dan biru laut berpola pada kursi perpaduan cantik untuk ruang makan. Cahaya yang masuk melalui jendela dengan pemandangan laut yang menenangkan. Pola pada kursi menambahkan warna yang hidup dan memberi tekstur pada ruangan.

 

http://www.decoist.com

Warna ungu merupakan warna yang kuat dengan kesan spiritual. Warna ini sering sekali dikaitkan dengan nuansa tropis dan eksotis. Mengkombinasikan warna ini dengan tanaman indoor dan juga tirai berbunga memberikan dekorasi yang manis pada ruang makan. Frame cermin pada dinding pun memiliki aksen tropis yang tidak berlebihan.

https://id.pinterest.com

Warna coklat memang tidak pernah lepas dari segala suasana. Ruangan jadi terasa lebih hangat dan nyaman. Tanaman bunga diletakkan di dalam vas sehingga menghiasi meja makan dengan warna-warni kelopaknya. Berikan warna bunga yang setema sehingga tidak banyak titik fokus dalam ruangan.

https://www.houzz.com

Warna biru aqua tidak hanya diberikan pada ruang makan saja namun juga pada ruang tamu. Sehingga tidak hanya memberikan kesegaran pada satu ruang saja. Pola menarik juga diletakkan pada salah satu dinding yang diberikan frame. Eye-catchy dan menjadikan ciri khas pada ruangan.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment