article / Storage and Closet / Berbagai Tips Penggunaan Cermin untuk Rumah Mungil
07 Februari 2019 669 Views

Berbagai Tips Penggunaan Cermin untuk Rumah Mungil


Kesan pertama yang terlintas saat melihat sebuah rumah mungil adalah sempit. Untuk mengakali hal ini, pemilihan warna dan dekorasi pun harus diperhatikan karena apabila salah memilih, rumah mungil anda akan terasa pengap dan penuh. Menghindari kesan sempit dapat dimulai dari memilih elemen dekorasi yang dapat digunakan yaitu cermin.

Cermin adalah sebuah benda dengan permukaan licin yang dapat memantulkan bayangan yang ada di depannya. Selain fungsinya untuk memantulkan bayangan, cermin dapat membantu merefleksikan ruangan anda sehingga terasa lebih luas. Berikut tips penggunaan cermin untuk rumah mungil.

1. Gunakan cermin panjang

sumber foto

Untuk ruang keluarga, anda bisa menempatkan cermin di bagian dinding, tepatnya di belakang sofa. Pilih dinding berukuran panjang untuk menghemat area. Cermin ini sangat cocok ditempatkan di ruang keluarga yang lebarnya tak terlalu luas.

2. Modifikasi bentuk cermin

sumber foto

Anda bisa membuat bentuk cermin lebih unik dengan menyatukan beberapa cermin sekaligus. Misalnya, cermin berbentuk persegi disatukan pada bagian dinding belakang sofa. Hasilnya, anda akan menemukan tampilan ruang yang lebih menarik, sekaligus bisa membuat ruang terlihat lebih lapang.

3. Cermin untuk backsplash

sumber foto

Tidak hanya pada ruang keluarga, cermin bisa digunakan untuk area dapur. Jika biasanya anda menggunakan keramik pada bagian backsplash, kini tak ada salahnya anda menggunakan cermin untuk memberi kamuflase ruang dapur lebih luas. Penggunaan cermin juga menambah kesan elegan pada dapur.

4. Backdrop cermin

sumber foto

Siapa sangka jika cermin bisa digunakan untuk backdrop pada tempat tidur. Atau, anda juga bisa memadukan backdrop kayu dengan cermin yang memenuhi seluruh dinding bagian belakang tempat tidur. Yang harus anda siapkan adalah memesan cermin sesuai ukuran dinding anda.

5. Cermin sekaligus pintu lemari

sumber foto

Menyiasati hunian yang sempit, berarti anda harus memilih barang yang fungsional. Artinya, ada lebih dari satu fungsi dari penggunaan barang tersebut. Pilih lemari pakaian yang bagian pintunya berupa cermin. Jika anda memilih lemari besar, maka anda memiliki keuntungan lebih banyak sebab cermin jadi lebih besar dan ruangan jadi lebih luas.

6. Letakkan cermin di bawah

sumber foto

Ada 2 komponen dalam menata hunian, yaitu vertikal dan horizontal. Penggunaan cermin bisa anda tata dengan menerapkan konsep vertikal, yaitu meletakkannya di bagian lantai. Untuk itu, anda pilih cermin berukuran tinggi sehingga bisa memberi kamuflase ruang lebih luas. Biasanya cermin ini cocok digunakan di area kamar untuk dandan.

7. Partisi cermin

sumber foto

Untuk membatasi ruang yang satu dengan lainnya, biasanya kita membutuhkan dinding atau rak. Namun, anda bisa berkreasi memanfaatkan cermin sebagai partisi ruang. Fungsi cermin ini cocok diterapkan untuk apartemen berukuran studio. Cermin dapat dimanfaatkan sebagai pintu maupun storage tersembunyi.

8. Mengisi kekosongan ruang

sumber foto

Jika anda memiliki area kosong, terutama di bagian dinding, menggunakan cermin adalah salah satu cara yang paling tepat. Tak hanya satu cermin, anda bisa berkreasi menggabungkan empat cermin dengan jarak tertentu agar lebih artistik.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter