article / Patio / Buat Sejuk Area Santai Outdoor di Rumah Dengan Desain Pergola yang Unik Ini
04 Mei 2017 517 Views

Buat Sejuk Area Santai Outdoor di Rumah Dengan Desain Pergola yang Unik Ini

Memiliki area outdoor yang luas di rumah memang perlu dimanfaatkan. Selain dikelilingi oleh hijaunya tanaman dan pepohonan, bisa juga area santai didesain di ruang terbuka. Menambahkan kesegaran dan kenyamanan untuk menikmati pemandangan di halaman rumah. Tentunya ruang santai harus dilengkapi dengan penutup atap berupa pergola. Menjadikan area lebih teduh dan juga sejuk. Berikut beberapa desain pergola unik yang bisa jadi inspirasi buat area santai di rumahmu.

http://www.diynetwork.com

Meletakkan kursi dan meja di dekat kolam renang memang sudah menjadi hal yang biasa. Namun dengan mendesain area tersebut akan memberikan nilai lebih. Dengan membuat pergola di ujung kolam, membuatnya menjadi point of interest atau subjek utama di ruangan outdoor. Pohon palem dikedua sisi memberikan nuansa seakan berada di resort. Ditambah lagi kursi dudukan yang diletakkan digantung dan dapat berayun. Jadi lebih rileks dan cozy.

https://renoguide.com.au

Untuk bentuk pergola yang satu ini tidak hanya diberikan pelingkup di atapnya saja tapi juga pada sisi belakang bangku juga diberikan pembatas. Material kayu sangat dominan di area ini. Pepohonan diletakkan di depan pergola. Natural dan juga menyejukkan. Konstruksi yang minimalis memberikan bentukan yang eye-catching.

http://www.diynetwork.com

Jika tidak ingin area santai yang terlalu mencolok, bisa juga menerapkan bentuk pergola satu ini. Dengan menyesuaikan konsep taman, pintu lama dicat warna hijau terang dan juga coklat pada strukturnya seperti warna batang pepohonan. Kemudian pintu diletakkan di sisi samping dan belakang pergola memberikan privasi pada area ini. Lantai batu yang ditinggikan ini membuat tempat tidak mudah becek ataupun kotor ketika hujan membasahi taman.

http://www.designrulz.com

Berbicara tentang bentukan yang unik, desain satu ini benar-benar dibentuk fleksibel dan atraktif. Struktur lengkung pada pergola memberikan kesan yang tidak formal dan juga nyaman. Melingkupi kedua sisi pada area santai. Memberikan privasi pada orang yang berada di dalamnya.

https://renoguide.com.au

Sudut halaman belakang pun bisa dibuat menyenangkan dengan desain pergola ini. Bentuknya yang berada di sudut menjadikan ruangan ini ternaungi oleh atap pergola yang berbentuk segitiga. Tidak hanya pergolanya saja yang didesain namun juga tempat dudukan yang dibuat build-in menjadikan area ini satu kesatuan. Tambahkan bantal dudukan yang nyaman untuk menikmati area ini.

http://www.popularmechanics.com

Pergola pun juga bisa diletakkan di area depan rumah. Pada area garasi rumah yang terbuka. Dihiasi dengan tanaman rambat pada atap menyejukkan. Letaknya yang berada dekat dengan jalan utama membuat pergola ini menjadi titik fokus ketika orang melintasi jalan ini. Bersantai duduk di beranda jadi lebih asik.

http://www.diynetwork.com

Meletakkan area santai di ruang terbuka sebagai terusan dari rumah bisa menggunakan desain ini. Berada di halaman belakang rumah, struktur pergolanya tersambung dengan rumah utama. Lantai deck pun juga saling terhubung sehingga dapat berperan seperti jalur masuk outdoor. Tambahkan juga api unggun di area ini untuk menambahkan kehangatan dan keakraban saat bersantai dan berkumpul.

https://renoguide.com.au

Bentukan pergola yang berupa kubus ini memang sangat cantik dan unik. Menyajikan ruang privasi pada area outdoor. Ukurannya yang juga tidak terlalu besar akan cukup untuk diletakkan di taman rumah. Pergola ini pun juga aman ketika hujan datang. Bisa dinikmati dengan suasana syahdu hingga tertidur.

https://morningchores.com

Dibangun menjadi satu kesatuan, desain pergola ini sangat memikat. Material lightwood menjadikan pergola lebih terang. Tidak hanya kursinya yang dapat berayun, pergola ini juga dilengkapi dengan rak terbuka. Rak yang terpasang ini bisa digunakan untuk meletakkan pot tanaman atau sekedar cangkir teh ketika menikmati suasana rumah pada pagi hari.

https://renoguide.com.au

Pergola dengan warna putih menjadikan area santai ini menjadi terang. Penambahan tirai putih juga menambah kesan anggun dan stylish pada pergola. Dengan penutup transparan sebagai atap tidak menghilangkan bentukan pergola dan tetap aman saat cuaca tidak mendukung. Furniture dengan warna dan bentukan anyaman memberikan kekontrasan pada area santai.

https://renoguide.com.au

Bentukan pergola yang satu ini benar-benar mempesona. Atapnya yang dilengkapi dengan bentukan lingkaran yang dibawahnya juga dilengkapi dengan kolam air sangat matching. Bayangan yang dihasilkan oleh garis atapnya ke lantai sangat cantik dan rapi.

https://renoguide.com.au

Pergola yang rustic dan berbunga ini memang membutuhkan cukup banyak waktu untuk membangunnya. Hal ini dikarenakan bunga butuh waktu untuk bermekaran untuk memberikan nuansa yang cantik dan romantis. Namun memang hasil yang ditunjukkan ini patut untuk ditunggu. Tambahkan juga bantalan yang setema dengan pergola ini.

https://renoguide.com.au

Pergola ini tentunya menjadi titik utama pada taman. Bentuk dan materialnya yang apik menjadikan pergola terlihat menonjol dan manis. Duduk di area ini akan memberikan kesejukan dan kesegaran karena dikelilingi oleh tanaman yang tumbuh disekitarnya.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter