article / Garage and Shed / Ubah Garasi Rumahmu Jadi Area Kerja Produktif Untuk Kamu yang Suka Berkarya
09 Januari 2018 71 Views

Ubah Garasi Rumahmu Jadi Area Kerja Produktif Untuk Kamu yang Suka Berkarya

Di dalam rumah yang berukuran menengah ke atas tentu garasi menjadi salah satu tempat yang dimiliki bagi mereka yang ingin menyimpan kendaraan mereka. Namun ternyata garasi tidak hanya dapat digunakan sebagai area penyimpanan saja namun juga dapat dijadikan area kerja yang produktif atau biasa dikenal sebagai bengkel. Penasaran bagaimana mendesainnya sendiri? Berikut cara mengubah garasi kendaraanmu menjadi area bengkel.

1. Bersihkan garasimu

garasi dan peralatannya

Hal pertama yang harus dilakukan agar garasi dapat digunakan dengan baik adalah mengeluarkan semua barang yang tidak dibutuhkan seperti perangkat rumah tangga. Pisahkan antara barang rumah tangga dengan barang atau alat untuk bengkelArea penyimpanan garasi tentunya perlu dimanfaatkan dengan alat-alat kerja yang dapat berguna untuk membangun atau memperbaiki sesuatu. Keselamatan kerja dalam area bengkel tentunya juga nomor satu. Singkirkanlah barang-barang yang akan membahayakan diri. Permudahkan perletakkan barang dan alat yang dibutuhkan.

2. Mendesain Meja Kerja

meja kerja workshop

Tentunya setiap bengkel memerlukan meja kerja untuk memperbaiki atau membuat bagian kecil dari barang. Baik kamu membuatnya sendiri atau membeli meja kerja, meja ini harus memiliki konstruksi yang kuat dan tidak mudah goyah. Kaki mejanya harus kokoh dan bagian alas meja harus tahan lama. Material untuk meja kerja tentunya akan berbeda tergantung pada proyek bengkel yang kamu usulkan untuk garasimu.

3. Pilihlah Tempat Penyimpanan yang Sesuai

penyimpanan perkakas

Dalam mengelola sebuah bengkel tentunya investasi paling utama terdapat pada peralatan. Harga peralatan yang tidak murah tentunya harus selalu dalam keadaan aman dan terawat. Maka dari itu tentunya dibutuhkan tempat penyimpanan yang berkualitas tinggi jika perlu dapat dikunci.Tentunya dalam tempat penyimpanan akan terdapat busa pengaman ataupun area menggantung peralatan sehingga tidak tertumpuk begitu saja.

Kamu juga bisa mendesain tempat penyimpanan di dinding garasi untuk meletakkan alat yang sering digunakan dan membutuhkan akses yang mudah diambil dan gampang terlihat. Penyimpanan sederhana di dinding akan memudahkan pekerjaanmu.

4. Pastikan Sumber listrik Mudah Dijangkau

meja kerja kustom

Untuk sumber listrik, jangan letakkan kabel listrik pada area lantai. Hal tersebut tentunya kadang beresiko tinggi jika tertendang atau membuatmu tersandung. Manfaatkan area dinding ataupun langit-langit. Jika terpaksa ada di lantai, arahkan kabel untuk melewati sisi-sisi dinding garasi sehingga tidak membahayakanmu saat berlalu lalang di area bengkel.

5. Pencahayaan yang Memadai di Dalam Ruangan

workshop sepeda

Garasi rumah biasanya sangat gelap sehingga dibutuhkan pencahayaan yang memadai untuk mendesain bengkel yang produktif. Pencahayaan dari lampu sorot yang berjejer pada rel di langit-langit bisa menjadi pilihan yang mudah untuk pencahayaan dalam garasi. Akan tetapi pencahayaan dari lampu ini akan menyusahkan ketika sumber cahaya berada di belakang kita sehingga akan memberikan efek bayangan pada objek yang akan dikerjakan.

Maka dari itu dibutuhkan pula pencahayaan lain yang akan baik untuk bengkel. Lampu flourescent yang diletakkan di langit-langit akan susah untuk dikalahkan karena harganya yang ekonomis dan juga terang. Lampu meja pun juga dibutuhkan di meja kerja untuk membantumu saat mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan pencahayaan yang fokus.

6. Pemanas dan Pendingin Garasi

garasi metalik

Ruang garasi biasanya tidak memiliki insulasi yang baik. Hal ini akan membuat garasimu akan sangat panas saat musim panas dan sangat dingin ketika musim dingin datang. Untuk membuatmu bekerja lebih nyaman, maka pendingin atau pemanas dalam ruangan perlu dipasang.

7. Pilihlah Material Lantai yang Tahan Lama dan Mudah Dibersihkan

tema garasi hitam merah

Lantai garasi biasanya tidak terlalu dipikirkan karena hanya sekedar menjadi tempat penyimpanan. Akan tetapi jika kamu memutuskan untuk membuatnya menjadi area kerja, tentunya lantai akan sering menjadi tempat untuk lalu lalang ataupun beraktivitas. Pilihlah penutup lantai dengan permukaan yang halus sehingga akan lebih nyaman ketika berdiri dalam waktu yang lama. Selain itu juga lantai mudah untuk dibersihkan sehingga tidak perlu khawatir dengan noda-noda yang tertinggal di lantai garasi ini.

8. Lengkapi Peralatan Bengkel

perkakas bengkel

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, peralatan bengkel merupakan salah satu investasi bagi pemilik bengkel. Semakin lengkap peralatan bengkel kerja tentunya akan semakin baik untuk area kerjamu. Akan tetapi kembali diingat belilah peralatan kerja yang memang sesuai penggunaan fungsi ruanganmu tersebut. Namun ukuran ruangan pun menjadi pertimbangan. Jangan membeli peralatan yang akan memakan area ruangmu cukup banyak karena tentunya akan mengganggu aktivitasmu. Jika kamu tidak memiliki area penyimpanan yang cukup namun kamu membutuhkan alat tersebut, kamu bisa menyewanya di toko atau jasa sewa perlengkapan disekitar rumahmu.

9. Lengkapi dengan Hiburan

wood workshop

Ketika bekerja tentunya terkadang akan menemui hal-hal yang membuat jenuh. Maka dari itu lengkapi garasimu dengan peralatan hiburan seperti speaker yang dapat kamu hubungkan untuk mendengarkan musik. Letakkan TV datar pada dinding ataupun monitor komputer sehingga kamu juga bisa menikmati hiburan seperti menonton film ataupun berita.

10. Perhatikan Kualitas Udara melalui Ventilasi

garasi rustic

Ventilasi menjadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan. Udara perlu untuk masuk dan keluar di dalam garasi agar ruangan lebih sejuk dan juga nyaman. Adapun penggunaan exhaust fan menjadi hal yang cukup baik untuk garasi. Dengan menggunakan kipas ini, udara panas dan debu akan terhirup ke dalamnya sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman.

sumber: lifehack

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter