article / Family Room / Colorful Family Room: Suasana Ruang Keluarga yang Dipenuhi Keceriaan
18 April 2017 489 Views

Colorful Family Room: Suasana Ruang Keluarga yang Dipenuhi Keceriaan

Ruang keluarga merupakan tempat berkumpulnya keluarga untuk melakukan kegiatan bersama baik dari kegiatan formal maupun unformal. Ruangan ini tentunya harus memberikan keakraban dan kehangatan pada keluarga. Tidak hanya itu, suasana ruangan tentu harus dapat memberikan ketenangan dan keceriaan. Keceriaan itu sendiri akrab dengan pemakaian warna pada desain. Maka dari itu, beberapa desain ruangan warna-warni ini bisa membantumu untuk mendekorasi ulang ruang keluarga di rumah.

http://www.southernliving.com/

Dengan menggabungkan dua item berbeda style seperti meja hitam dan meja putih di dekat sofa, memberikan kesan keberagaman. Kedua meja dengan ketinggian yang sama itu digunakan untuk meletakkan barang yang berbeda yang dapat mengontraskan warna dari meja itu. Selain dari keberagaman furniture, meja utama dengan motif dan lebar yang cukup besar memberikan ketertarikan tersendiri.

http://www.housebeautiful.com/

Seandainya rumahmu menghadap ke arah laut, pemandangan indah yang ditawarkan bisa kamu manfaatkan untuk ruang keluargamu. Dengan memberikan dinding penuh jendela pada sisi yang menghadap laut, pemberian furniture dengan gradasi warna biru melengkapi keindahan ruang ini. Memberikan ketenangan sekaligus kesegaran pada ruang.

http://www.southernliving.com/

Pemberian berbagai macam warna pada ruangan ini benar-benar menghidupkan suasana. Namun warna-warni pada ruangan tentunya harus diimbangi dengan pemberian warna netral seperti pada tirai dan sofa bundarnya. Tidak hanya bantalan sofa saja yang memberikan kecerahan pada ruangan ini, bahkan lampu duduk di atas meja pun memberikan peranannya.

http://www.housebeautiful.com/

Warna hijau memang tidak akan pernah bisa dikalahkan. Suasana aman, tentram dan alami ini bisa ditimbulkan dengan pemilihan warna ini. Tidak hanya pada sofanya saja, bahkan tirainya pun memiliki motif berwarna hijau. Hijau ini pun dipadukan dengan warna kuning pada dinding dan serasi dengan bunga matahari yang diletakkan dalam vas kaca di atas meja.

http://www.bhg.com/

Jika hanya bicara dengan warna, tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Namun desain satu ini selain memperlihatkan warna yang indah pada sofanya, tapi juga memperlihatkan rak buku di ruang keluarga. Tentunya ini sangat fungsional sekali untuk mengakrabkan suasana dengan anak yang masih kecil. Buku-buku anak diletakkan pada rak yang mudah digapai dan juga rak paling bawah diisi dengan keranjang mainan anak.

http://www.southernliving.com/

Ruang keluarga yang sekaligus digunakan sebagai ruang tamu ini memberikan keceriaan melalui pemilihan warnanya yang cukup kalem yaitu pink, turquoise, dan chartreuse. Pemberian warna yang beragam ini tidak harus selalu gradasi pada ruangan. Dengan kesamaan temperatur warna dan kesesuaian tema, warna tersebut akan terlihat bagus jika digabungkan bersama. Tirai dengan motif warna cerah juga memberikan kesan semangat pada ruangan.

http://www.bhg.com/

Pemberian kesan ceria terdapat pada elemen sofa bantalnya yang memiliki motif tertentu. Motif yang digabungkan dengan warna putih pada bantalan juga sangat serasi dengan warna keseluruhan ruang. Sehingga tidak terlalu berlebihan namun tetap memberikan kesan fun.

http://www.bhg.com/

Berbicara tentang tirai lagi, jendela memang menjadi kesempatan yang baik untuk bermain dengan motif-motif tertentu. Cahaya yang menyinari tirai dengan motif berwarna ini memperindah ruangan. Namun yang perlu diperhatikan, pada furniture seperti sofa dan meja tidak perlu diberikan motif. Sehingga mata dapat terfokus pada item tertentu saja. Tentunya tidak akan enak dipandang ketika satu ruangan dipenuhi oleh berbagai motif. Jadi ketika kamu mendekorasi ulang ruanganmu, keseimbangan warna dan motif pada furniture harus dipertimbangkan.

http://www.houzz.com/

Furniture berupa kabin untuk tv dan buku memberikan keceriaan pada ruangan. Dilengkapi dengan sofa, meja, dan karpet dengan warna netral. Seluruh keluarga akan terfokus menghabiskan waktu bersama untuk menonton tv dan terasa nyaman berkumpul bersama.

http://www.houzz.com

Pemberian satu sisi dinding dengan berbagai warna vertikal sungguh menyalakan ruangan. Tidak hanya dinding, namun juga dilengkapi dengan sofa yang nyaman dan karpet yang menarik. Tentunya akan mengakrabkan suasana keluarga saat duduk dan berkumpul bersama.

http://www.southernliving.com

Warna hijau pada dinding dan warna ungu pada karpet memberikan kesan intim. Ruangan memberikan kenyaman sekaligus kesan formal. Dengan menambahkan furniture antik dan digabungkan dengan sentuhan modern pada karpet, bentuk lampu yang unik, dan aksesoris patung. Meja kaca yang transparan dan kursi bantal yang berwarna-warni menunjukkan dua hal yang berbeda dan bersatu membentuk keindahannya.

http://www.southernliving.com/

Penambahan kursi dengan motif yang cukup berani akan menghidupkan suasana ruang. Motif bunga dan berbagai warna yang disajikan pada sofa akan memberikan inspirasi mendekor ruangan ini sehingga dapat furniture dan warna lainnya pada ruangan dapat menyatu dengan baik.

http://www.houzz.com/

Motif sofa yang berupa garis-garis vertikal warna gelap disandingkan dengan karpet berwarna cerah. Warna dinding ruang yang dibiarkan berwarna putih dan struktur kayunya yang diekspos tidaj hanya memberikan kesan alami namun juga memberikan kesempatan pada sofa dan karpetnya untuk lebih menonjol di ruangan.

http://www.southernliving.com/

Jika kamu punya warna favorit, kamu bisa terapkan desain seperti gambar di atas. Furniture dengan warna turquiose memberikan sosok lembut pada ruangan. Tidak banyak, namun tetap dominan. Hanya dengan furniture yang kecil saja seperti lampu, lilin, bantalan sofa, dapat memberikan ketenangan tersendiri dan kekontrasan pada ruang.

http://www.southernliving.com/

Kalau tadi ada warna turquoise, warna yang satu ini adalah pink. Tidak hanya terinspirasi dari warna, desain ini juga terinspirasi pada seni terlihat dari guci dan lukisan yang diletakkan pada ruangan. Tentunya berbagai barang seni yang diletakkan di ruang simetris ini memberikan keunikan dan keindahan pada mata yang memandangnya.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter