article / Home Decor / Dekorasi Yang Wajib Saat Imlek
05 Februari 2019 55 Views

Dekorasi Yang Wajib Saat Imlek


Imlek atau tahun baru China merupakan sebuah penanda dimulainya hari pertama di bulan pertama penanggalan Tionghoa. Pada saat Imlek, keturunan Tionghoa biasanya berkumpul bersama keluarga, makan bersama, mengucap syukur atas tahun yang sudah dilalui dan yang akan terlewati.

Biasanya di saat Imlek rumah-rumah dihiasi berbagai dekorasi unik dan menarik. Tidak hanya itu, pusat perbelanjaan, restoran, maupun tempat umum lain turut menyemarakkan imlek dengan ikut menghiasi gedung mereka. Hiasanya yang dipasang kental dengan warna merah, ataupun karakter-karakter China dengan makna yang baik.

Berdasarkan legenda, dahulu kala monster dari hutan yang menyeramkan mendatangi sebuah desa setiap satu tahun sekali. Monster tersebut memakan segala sesuatu yang ada di desa itu. Warga desa menggelar pesta dan menyediakan hidangan kepada para leluhur agar diberikan perlindungan. Seiring berjalannya waktu, warga desa memiliki ide untuk menakut-takuti monster dengan kembang api/ petasan. Warga desa juga memasang hiasan-hiasan dengan warna merah atau warna-warna bersinar/ bercahaya supaya monster tidak kembali lagi.

Kebiasaan warga desa di atas terus berlanjut. Tidak heran jika setiap perayaan tahun baru China, berbondong-bondong orang menghiasi rumah mereka dengan hiasan warna merah menyala, ataupun menyalakan petasan. Itu semua dilakukan untuk mengusir hal-hal buruk di tahun yang baru. Berikut ini adalah beberapa dekorasi yang semakin meramaikan perayaan Imlek:

1. Seni Ukir Kertas

https://en.wikipedia.org

Seni ukir kertas biasanya tertempel di pintu, jendela, atau bidang-bidang yang bening seperti kaca. Kertas yang digunakan berwarna merah, dan bergambar simbol-simbol keberuntungan. Adapun simbol yang biasanya digunakan adalah ikan (simbol berkat), padi-padi atau sejenis ( simbol harapan dan hasil panen), buah delima (simbol umur panjang), bebek mandarin ( simbol kesuburan), pohon cemara (simbol cinta), atapun simbol-simbol lain seperti naga, persik. Seni ukir kertas juga bisa berbentuk karakter huruf China yang menggambarkan harapan-harapan baik.

2. Door Couplets

https://chinadigitaltimes.net

Jika anda sering melihat sepasang kertas ditempelkan di pintu-pintu rumah, hal itu disebut dengan door couplets. Biasanya, kertas yang digunakan berwarna merah menyala, dengan tinta warna hitam tebal untuk menuliskan karakter huruf China. Karakter tersebut berbicara tentang puisi menyambut musim semi, ataupun harapan-harapan baik si tuan rumah. Karakter yang digunakan biasnya berjumlah tujuh, dituliskan memanjang ke bawah, atau empat karakter yang merupaka idiom harapan-harapan baik. Door couplet dibuat sepasang, ditempelkan di sisi kiri dan kanan pintu rumah utama.

3. Gambar Selamat Tahun Baru

http://www.visiontimes.com

Tidak jauh berbeda dengan Door Couplet, gambar selamat tahun baru China juga merupakan eksepresi dari harapan-harapan baik ke depan. Konsep gambar dapat berupa dewa-dewi, dongeng, hingga aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, yang kini umum ditemui adalah gambar anak-anak chubby berwajah seperti boneka, atau perempuan yang cantik. Gambar ini merupakan simbol harapan akan anak-anak yang sehat dan keluarga yang harmonis.

4. Lampion

www.videoblocks.com

Benda yang satu ini sudah tidak asing lagi. Setiap tahun baru China, beraneka ragam bentuk lampion sangat mudah ditemui. Ada yang berbentuk dasar seperti lingkaran/bola, teratai, hingga berbentuk naga. Selain menjadi dekorasi, ternyata ada juga lampion yang dilepaskan ke udara. Pelepasan lampion ini dilakukan ketika festival lampion. Orang-orang akan menuliskan harapan-harapan mereka pada sisi-sisi lampion. Penerbangan lampion ini sebagai simbol harapan mereka akan diterbangkan jauh ke langit hingga sampai ke surga dan dikabulkan di tahun yang baru. Lampion-lampion yang dilepaskan ini juga disebut dengan Kongmin Leterns.

5. Karakter “Fu”

https://chinesenewyear.imgix.net

Berbicara soal tahun baru China, karakter yang satu ini tidak mungkin ketinggalan. “Fu” memiliki arti kebahagiaan dan keberuntungan. Karakter Fu biasanya dituliskan di atas kertas persegi berwarna merah. Kertas bisa ditempelkan di dinding, pintu, maupun jendela. Beberapa orang juga menempelkan karakter Fu ini terbalik. Dengan membaliknya, karakter Fu yang dituliskan di kertas merah persegi empat ini dapat juga dimaknai dengan “keberuntungan akan datang” atau “keberuntungan ada di sini”

Di atas adalah beberapa dari sekian banyak dekorasi yang biasa digunakan untuk memeriahkan suasana Imlek. Selamat merayakan tahun baru China bagi yang merayakan, dan selamat memeriahkan untuk yang lainnya, Gong Xi Fat Cai.

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/travelguide/festivals/new-year-decoration.htm

https://chinesenewyear.net/decorations/


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter