article / Home Office / Desain Studio Seni Ini akan Membuat Para Pelukis Makin Semangat Untuk Berkarya
12 Juli 2018 2K Views

Desain Studio Seni Ini akan Membuat Para Pelukis Makin Semangat Untuk Berkarya

Mendesain ruang kerja di dalam rumah tentunya harus membuat orang di dalamnya nyaman dan tidak tertekan. Suasana santai diperlukan sehingga bekerja dapat terlihat menyenangkan dan lebih efektif. Namun bagaimana dengan ruang kerja untuk penggiat seni?

Ruangan di dalam rumah perlu disesuaikan desainnya dengan pemiliknya. Untuk pemilik yang bekerja di bidang seni tentunya ingin ruang kerja yang lebih inspiratif sehingga dapat memberikan ide baru untuk karyanya. Berbagai desain berikut akan cocok di terapkan sebagai ruang kerja penggiat seni khususnya pada seni gambar atau lukis.

http://www.houzz.com

Ruang kerja yang langsung berbatasan dengan halaman lebih menyegarkan keadaan di ruangan. Selain itu pintu dibuat menjadi pintu geser sehingga ruangan dapat dimaksimalkan penggunaannya. Adapun lampu sorot di plafon membantu memperlihatkan seperti apa karyanya ketika dipajang atau ditampilkan di galeri.

http://www.houzz.com

Tidak pernah ada yang salah dengan penggunaan warna putih. Warna ini menjadikan ruangan terang dan juga tampak luas. Studio kerja dilengkapi dengan berbagai furniture untuk meletakkan alat-alat lukis seperti kereta dorong di atas. Memudahkan ketika membawa alat dalam jumlah banyak.

http://www.houzz.com

Selain mengokohkan atap bangunan, penggunaan plane truss pada penyangga atap memberikan nilai estetika pada ruangan. Ruanganyang berada di atap ini di biarkan semi-terbuka pada dindingnya sehingga sirkulasi udara dapat masuk dan keluar dengan teratur. Tentunya akan memberikan kesegaran saat bekerja dengan adanya angin sepoi-sepoi yang melewati ruangan.

http://www.houzz.com


Cukup simple untuk sebuah ruang kerja. Dengan menyusun berbagai meja dan meja yang panjang sebagai meja utama untuk meletakkan barang-barang. Pencahayaan dan sirkulasi udara dari luar ruangan juga dimaksimalkan dengan jendela kaca geser yang dapat dibuka lebar.

http://www.houzz.com

Kesan artistik diberikan pada lantai ruangannya. Ruangan putih dengan corak pada lantainya ini sudah menunjukkan keunikan ruang ini sendiri. 

http://www.houzz.com

Jika sebelumnya banyak sekali desain yang menunjukkan ruangan terbuka. Desain yang satu ini berbeda. Dengan material kayu pada keseluruhan ruangan, menunjukkan ruang yang hangat dan tertutup. Dengan beberapa penerangan alami melalui jendela dan juga lampu ditengah langit-langitnya.


http://www.houzz.com

Seorang pekerja keras tentunya ingin selalu dapat berkarya setiap waktu. Entah itu pagi atau pun malam hari dikarenakan inspirasi bisa saja datang mendadak. Untuk itu ruangan harus dapat memberikan pencahayaan yang cukup kepada pelukis ini agar tetap dapat bekerja di malam hari. Dengan cat putih yang dominan dan juga lampu gantung yang terang akan memberikan penerangan saat pelukis membuat karyanya.

http://www.houzz.com

Penggunaan material akan mempengaruhi suasana ruang. Pada desain ini, penggunaan beton serta lantai abu-abu memberikan nuansa dingin dan juga sejuk. Ruangan yang sesuai dengan minat pengguna dapat memberikan inspirasi dalam menuangkan karyanya karena kenyamanan yang ditimbulkan oleh desainnya.

http://www.houzz.com


Penggunaan material alam seperti batu alam dan warna natural yang ditunjukkan desain di atas akan baik untuk relaksasi pelukis. Terlihat sekali dari lukisan berbentuk bunga menunjukkan pelukis sangat menyukai serta menikmati alam dan sekitarnya.

https://id.pinterest.com

Jika tidak memiliki ruang yang luas, sudut lorong di dalam rumah pun dapat difungsikan sebagai studio seni. Meja diletakkan mengikuti garis dinding yang ada. warna pada ruang yaitu hitam dan putih sangat nyaman dipandang mata. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pencahayaan alami dari skylight-nya.

http://www.houzz.com

Bentuk ruang yang tidak biasa juga dapat memenuhi keinginan eksentrik penggiat seni. Ruangan berbentuk trapesium membantu pelukis untuk berpikir out of the box. Bukaan juga dimaksimalkan pada satu sisi yang langsung dihadapkan dengan taman rumah. Tentunya taman rumah juga membantu pelukis untuk lebih bersantai.

http://www.houzz.com

Studio seni yang tidak tersambung dengan bagian rumah juga bisa jadi pilihan. Jauh dari kebisingan dan juga hiruk pikuk di dalam rumah membuat pelukis dapat mengerjakan karyanya dengan lebih nyaman. Tidak jauh dari ruangan terpisah itu pun terdapat kolam renang yang dapat membantu menjernihkan pikiranmu dengan berenang ataupun sekedar bersantai di sekitarnya.

http://www.houzz.com

Masih di ruang studio yang terpisah dari rumah induk, desain kali ini memberikan bukaan yang besar pada sudut ruangan melalui pintu lipatnya. Unik dan juga tidak biasa meletakkan bukaan di area tersebut. Ruangan yang eksentrik menunjukkan pemiliknya yang juga memiliki selera seni yang tinggi.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter