article / Building / Desain Hunian Tiga Lantai dengan Lahan Terbatas yang Dirancang Minimalis dan Nyaman Untuk Penghuninya
10 September 2018 139 Views

Desain Hunian Tiga Lantai dengan Lahan Terbatas yang Dirancang Minimalis dan Nyaman Untuk Penghuninya

Memiliki lahan yang kecil tentu saja tidak menjadi sebuah halangan untuk memiliki hunian yang nyaman. Salah satunya adalah desain rumah hunian di New York, US ini. Hunian tiga lantai ini dapat memanfaatkan ketinggian ruang dengan sangat baik. Dengan luasan 122 meter persegi, dari ruang tamu hingga kamar tidur tersedia di dalamnya.

Rumah ini merupakan rumah Duplex, dimana terdapat dua rumah hunian dalam satu bangunan. Tentu saja kedua hunian tersebut terpisah dari luar dengan penghuni yang berbeda. Berbeda dari hunian di sebelahnya, rumah ini didesain terbuka dengan dinding kaca di bagain depannya. Tentu saja hal tersebut mengekspos bagian dalam hunian.

Dengan mengekspos bagian dalam rumah dengan kaca pastinya terdapat plus dan minus tersendiri. Rumah yang terlihat sempit pastinya akan terasa lebih lapang karena penghuni di dalam hunian dapat melihat ke arah luar. Sirkulasi cahaya dan udara juga akan maksimal masuk ke dalam rumah hunian. Adapun nilai minusnya, rumah jadi kurang privat karena orang yang berada di luar dapat mengetahui aktivitas pemilik di dalamnya. Tentunya tidak seluruh aktivitas dapat terlihat, akan tetapi bagi Anda yang sangat mementingkan privasi di berbagai ruang dalam rumah dapat mengubahnya menjadi dinding solid dengan beberapa bukaan.

Pepohonan yang berada di bagian depan rumah, membuat area teras terasa lebih teduh dan juga sejuk. Area penerimaan tamu di luar ini juga memberikan kesan yang ramah kepada tamu yang berkunjung ke hunian ini. Tanaman jalar pada tangga hunian tetangga menambah kesan unik dan natural.

Beranjak ke dalam rumah huniannya, pada lantai pertama, ruang tamu diturunkan sekitar satu meter. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan tinggi ruang yang nyaman dan tidak sempit. Ruang tamu dengan sofa memanjang berbentuk L ini didesain modern dengan televisi menggantung pada dinding serta meja kopi bundarnya. Desain yang sederhana dan tidak berlebihan.


Di balik pintu berwarna coklat kayu pada ruang tamu ini terdapat kamar mandi lengkap dengan toilet dan area mandi. Adapun kloset dan juga ruang penyimpanan tersedia di lantai dasarnya. Pintu belakang juga menjadi bagian yang tidak terlepas dari rumah hunian tingkat ini.

Lanjut pada lantai duanya, terdapat ruang makan dan juga dapur yang cukup luas. Ruang makan didesain dengan sofa berbentuk L yang mepet ke dinding dan juga kursi berkaki pada sisi meja lainnya. Pada area ruang makan, penghuni dapat langsung melihat ke luar halaman melalui jendela kaca yang lebar. Adapun lampu gantung turut memperindah interior ruangannya.

Area dapurnya didesain pada kedua sisi dinding ruangan setelah area ruang makan. Pada bagian bawah tangga, dimanfaatkan sebagai area untuk mencuci berbagai bahan dan peralatan dapur, sedangkan di sisi seberangnya dirancang untuk memasak dengan kompor elektrik yang terpasang pada meja dapurnya. Adapun bagian ini dilengkapi dengan penyedot asap pada langit-langit meja sehingga asap dari masakan tidak memenuhi ruangan dalam rumah huniannya. Pada bagian belakang area lantai dua ini terdapat toilet dan juga ruang penyimpanan peralatan masak dan makan. Tampak rapi dan bersih.


Sedangkan untuk lantai paling atas difungsikan sebagai ruang privat pemilik hunian. Dari luar hunian, tampak balkon rumah yang terhubung dengan tangga di luar huniannya. Setelah menaiki tangga, hal yang pertama kali terlihat adalah area bersantai. Sofa bundar empuk yang terpasang di sudut ruang ini memberika ruang yang nyaman untuk penghuni bersantai dan beristirahat sejenak sambil menonton tv.

Adapun ruang kerja yang berada di koridornya dilengkapi dengan meja, komputer, dan juga kursi yang nyaman. Koridor yang cukup luas ini tentunya tidak menghalangi sirkulasi keluar-masuk ke dalam kamar tidurnya. Ruangan dengan dinding putih dan juga skylight pada lantai tiga ini sangat terang sehingga baik untuk penglihatan saat bekerja di depan komputer.


Kamar tidurnya didesain sangat minimalis dengan perpaduan warna-warna netral seperti putih, krem, dan juga abu-abu. Beberapa hiasan menggantung tampil sangat cantik dengan proporsi yang tepat seperti halnya beberapa lukisan pada dinding kamarnya. Jendela kaca yang lebar membuat cahaya dari luar masuk sehingga penghuni dapat terbangun dan menikmati pemandangan di pagi hari.

Untuk ruang pada bagian belakang di lantai paling atas ini difungsikan sebagai area kamar mandi dan juga walk-in closet. Ruang ganti yang cukup besar menjadi kenyamanan tersendiri di dalam hunian. Showernya dilengkapi dengan dua buah pancuran. Desain warna abu-abu pada keseluruhan ruang memberikan kesan bersih dan juga sejuk. Sedangkan area toiletnya berada di seberang area shower.

Beberapa hal unik yang dapat menjadi inspirasi hunian kecil adalah tangga di dalam rumah, dan juga skylight pada lantai paling atas. Tangga yang didesain dengan struktur papan ini tentunya membuat cahaya dari atas dapat menyebar di seluruh ruangan, bahkan di sela-sela anak tangga. Hal tersebut tentu saja membuat keseluruhan area dalam rumah menjadi lebih terang ditambah lagi dengan penggunaan warna putih pada dinding dan langit-langit huniannya.

Skylight pada lantai paling atas hunian tidak didesain sembarang. Terdapat dua buah skylight pada hunian, pada area koridor dan kamar tidur. Skylight di desain miring menghadap ke bagian depan rumah dimana terdapat pemandangan daun pepohonan yang cantik di atasnya. Cahaya pun dapat didistribusikan dengan baik di berbagai waktu karena adanyaa desain yang tepat pada skylightnya.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter