article / Building / Desain Hunian yang Pas Untuk Liburan di Kroasia, Minimalis dan Menyatu dengan Alam Sekitarnya
24 Oktober 2018 260 Views

Desain Hunian yang Pas Untuk Liburan di Kroasia, Minimalis dan Menyatu dengan Alam Sekitarnya

Sebuah rumah untuk liburan di Korcula, Kroasia satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk beristirahat dan bersantai. Rumah rancangan SODAarhitekti ini memiliki luasan area sebesar 480 meter persegi. Terdiri dari dua lantai utama, satu basement, dan satu rooftop, rumah liburan ini akan terasa sangat menyenangkan karena adanya beberapa area hiburan di dalamnya.

Dari luar, rumah hunian ini sudah terasa sangat unik. Berada di antara lembah dengan lahan miring, rumahnya pun juga menyesuaikan dengan tampilan minimalis yang menonjol di antara rerumputan. Tentu saja pendesainan rumah ini juga disesuaikan dengan arsitektural lokal seperti bentuk sederhana, fungsional, dan sesuai dengan ukuran manusia. Rumah ini didesain dengan menyesuaikan lifestyle untuk bersantai dan menikmati liburan. Dengan membuat bangunan bertingkat dan disesuaikan dengan lahan menjadikan bangunan terasa lebih menyatu dengan lingkungannya.

Pada bagian paling bawah bangunan yang sejajar dengan jalan difungsikan sebagai lantai basement. Tentu saja lantai ini sangat tertutupi sehingga hanya area pintunya saja yang tampak di bagian depannya. Pada lantai inilah penghuni menyimpan kendaraan dengan aman. Adapun lantai ini juga difungsikan sebagai area servis dan juga terdapat tangga menuju ke lantai berikutnya.

Lantai berikutnya difungsikan sebagai area untuk tidur. Tentu saja lantai ini dapat diakses melalui dalam bangunan ataupun luar bangunannya. Lantai ini terdiri dari satu kamar tidur dengan kamar mandi dalam dan dua buah kamar tidur dengan kamar mandi luar. Setiap kamarnya terhubung oleh koridor dan juga teras luar yang dapat digunakan untuk duduk santai ataupun berjemur di depannya. Teras ini juga terlindungi oleh bangunan di atasnya yang menjorok ke depan.


Dari teras, dinding kaca dengan pintunya menjadi pilihan untuk area kamar tidur. Dengan penggunaan kaca, cahaya akan masuk ke kamar tidur lebih banyak dan juga memberikan pemandangan yang menyenangkan di pagi hari. Namun jika ingin kamar tidur terasa lebih privat dan terlindungi dari sinar matahari, tirai dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan pada kamar tidurnya.

Kamarnya didesain dengan gaya yang sederhana dan pemilihan warna kalem. Seperti halnya pemilihan ubin keramik berwarna krem, dinding putih, dan juga headboard kayu yang menjadi bagian dari kamar tidurnya. Minimalis dan juga cantik untuk kamar dengan ukuran yang tidak terlalu besar.


Untuk lantai tiga pada hunian ini didesain dengan denah persegi panjang dan bangunan yang menerapkan sistem kantilever pada lantainya. Area ini menjadi area besosialisasi, berkumpul, dan juga melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari. Di lantai ini terdapat ruang berkumpul, dapur, ruang makan, dan juga toilet.


Area ruang berkumpul di desain unik dengan dudukan dari papan kayu dan bantal dudukannya. Sofa dan berbagai kursi empuk pun juga tersedia di dalam ruangannya dengan kapasitas yang cukup banyak. Pemilihan warna pada ruangan ini pun tidak jauh berbeda dengan area kamar tidurnya, sangat minimalis dan juga tenang dengan warna coklat muda dan kremnya. Jendela kaca yang ada pada ruangan ini tentunya juga dilengkapi dengan tirai kisi-kisi jika ingin ruangan yang lebih tertutup.

Selain area makan di dalam, juga terdapat area makan di outdoornya. Tentu saja area makan outdoor ini juga bisa digunakan untuk makan malam agar terasa lebih romantis ditemani bintang di langitnya. Untuk dek outdoornya ini didesain dengan papan kayu yang disusun sehingga tampil lebih alami.

Lalu pada tingkat selanjutnya terdapat area mezanin kecil yang digunakan sebagai area barbekyu dimana terdapat area pemanggang dan juga tempat mencuci. Lokasinya yang berada di sudut ruangan dan bersebelahan dengan kolam renang di tingkat yang lebih tinggi tentunya menambah kelengkapan suasana liburan.

Untuk area roof top rumah ini memang dimaksimalkan untuk area berjemur dan juga berenang. Tentunya lantai dek kayu sangat pas karena tidak licin ketika selesai dari berenang dan akan berjemur. Area atap ini pun juga dilengkapi dengan tiang pengaman di keseluruhan sisinya sehingga tidak membahayakan orang yang berada di atasnya. Pemandangan cantik juga dapat dilihat dari ketinggian ini seperti pantai dan bukit yang menunjukkan suasana kesegaran alamnya.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter