article / Landscape / Desain Lanskap Untuk Halaman Belakang Rumah yang Bikin Jadi Lebih Asri
23 Mei 2017 229 Views

Desain Lanskap Untuk Halaman Belakang Rumah yang Bikin Jadi Lebih Asri

Berbicara mengenai lanskap dalam bangunan, tentunya memiliki halaman atau taman akan menambah keasrian sebuah rumah. Tidak hanya sekedar lahan kosong saja, tapi halaman perlu di desain dengan baik. Untuk mendesain halaman belakang, harus dipertimbangkan juga aktivitas di area tersebut karena akan menentukan jenis tanaman dan juga furniture yang akan diletakkan.

http://www.housebeautiful.com

Halaman belakang memang cocok digunakan untuk area bersantai. Mendesain gubuk mini yang terdiri dari pergola menambahkan keteduhan area ini. Tanaman atau pun bunga yang menjalar tumbuh di atas pergola seperti bunga wisteria pada gambar akan mempercantik area ini. Tambahkan pula furniture seperti meja dan kursi yang setema sehingga dapat digunakan untuk area makan siang.

http://www.housebeautiful.com

Menambahkan fitur air di area ini pun akan menambah kenyamanan. Mendengar suara gemericik air sambil berayun di kursi ayunan akan menyenangkan dan membuat lebih rileks.

http://www.countryliving.com

Berbagai macam dan bentuk penghijauan akan membuat area belakang rumah ini lebih asri dan cantik. Seperti menanam semak dan rerumputan yang menutupi area tanah serta pot tanaman yang secara fleksibel dapat diubah posisinya.

http://www.countryliving.com

Mendesain kolam renang di halaman belakang tidak semerta-merta hanya ada air dan bentukan kolam saja, namun perlu ditambahkan tanaman perindang. Hal ini dilakukan supaya ketika siang hari area kolam akan tertutupi dengan pepohonan yang tinggi. Membuat area tersebut teduh dan nyaman untuk berenang. Tanaman Karley Rose juga membuat halaman menjadi lebih eye-catchy karena warna yang soft dan bentukan yang indah.

http://www.countryliving.com

Mendesain gubuk dengan suasana alami pun bisa menjadi pilihan. Struktur penyangga dengan batangan pohon lalu pergola yang dihiasi oleh tanaman dan bunga mawar putih. Membuat suasana jadi lebih romantis dan menawan.

http://www.housebeautiful.com

Menjadikan halaman belakang untuk berpiknik pun juga bisa kamu terapkan. Sambil bercanda dengan teman ataupun keluarga menikmati kesegaran dan pemandangan elok dari taman rumahmu. Tambahkan juga furniture yang sesuai seperti meja dan bangku piknik.

http://www.housebeautiful.com

Untuk ruang makan outdoor, memberikan elemen yang tidak biasa akan memperunik ruangannya. Seperti pada foto di atas, tepat di atas meja makan digantungkan pot tanaman yang membuat ruangan menjadi lebih atraktif. Elemen pelingkup pergolanya yang melengkung pun memberikan kesan ruang yang dinamis dan luwes.

http://www.countryliving.com

Jika ingin sekedar minum teh di pagi hari ataupun berbincang-bincang, area santai mini ini sangat tepat untuk jadi pilihan penghias halaman belakangmu. Seluruh areanya yang tertupi oleh tumbuhan sangat harmonis dan artistik. Bebatuan setapak, lantai batu menampakkan area yang kembali ke alam. Tidak hanya itu, furniture kursi pun memiliki motif unik pada pelingkupnya. Tampak seperti ranting pepohonan yang dipadukan menjadi sebuah kursi.

http://www.countryliving.com

Penutup tanah tidak hanya berkisar pada rerumputan atau bebatuan saja. Penggabungan kedua elemen tersebut juga bisa menambah ketertarikan tersendiri. Bentukannya yang terlihat alami tidak terkesan kaku. Ditambah pula area penutup tanah ini tampak seperti sebuah jalur dari rumah menuju ke tempat lainnya. Sedangkan di sisi kanan kiri jalan setapak ini ditumbuhi bunga-bunga yang cantik.

http://www.countryliving.com

Mendesain halaman belakang menjadi sebuah taman merupakan hal yang paling simple untuk memperindah lanskap. Akan tetapi pemilihan tanaman juga harus terpikirkan dengan baik. Contohnya pada desain satu ini. Pemilihan bunga yang menghiasi area taman memiliki warna gradasi putih ke merah sehingga keseluruhan taman memiliki tema yang selaras. Menggunting semak-semak menjadi sebuah bentukan tertentu juga bisa membuat taman menjadi istimewa.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment