article / Home Decor / 10 Desain Rumah Minimalis Ala Jepang yang Memecahkan Permasalahan Lahan Sempit
09 Juli 2018 12K Views

10 Desain Rumah Minimalis Ala Jepang yang Memecahkan Permasalahan Lahan Sempit

Rumah minimalis sudah menjadi patokan banyak orang ketika mendesain tempat tinggal dengan lahan yang sempit. Baik eksterior maupun interior perlu didesain sederhana namun tetap eye-cathcing. Salah satu rumah minimalis yang biasa diterapkan adalah rumah minimalis ala Jepang. Arsitektur Jepang terbilang smart dan menarik serta memiliki karakter yang diminati. Berikut merupakan 10 contoh rumah minimalis tapi unik ala Jepang.

Slice of the City by Alphaville Architects

Dalam mendesain rumah ini arsitek perlu menemukan solusi untuk menjaga privasi klien di dalam rumah namun juga harus memaksimalkan pencahayaan ke dalam ruangan. Rumah yang berlokasi di Nishinomiya ini di desain dengan blok besar yang terbagi oleh void vertikalnya yang akan membantu meneruskan cahaya dari luar ke dalam rumah. Sehingga privasi tetap terjaga dan rumah terang serta nyaman. Tangga pun menjadi penghubung antar dua blok massa. 

Slice of the City secara dinamis dan berkontekstualkan pada area sekitarnya dengan memberikan pencahayaan alami, ventilasi, serta privasi dengan mendesain void secara vertikal.

Module Grid House, by Tetsuo Yamaji Architects

Rumah yang terdapat di Kanto ini didesain dengan mengikuti sistem metrik tradisional agar dapat terlihat berbeda dengan rumah ala Jepang lainnya di sekitar lingkungan. Rumah ini juga memanfaatkan material prefabricated yang ukurannya sudah sesuai dengan modulnya. Metode ini membuat desain rumah lebih efisien dengan memadukan arsitektur kontemporer dan tradisional.

Pada Module Grid House ini desain modern dan tradisional dapat menyatu dengan memanfaatkan ukuran modul tatami (penutup lantai Jepang).

Light Grain by Yoshiaki Yamashita Architect & Associates

Light Grain merupakan rumah yang berlokasi di Osaka untuk pasangan muda dan satu anak lelaki. Rumah yang didesain unik ini dlingkupi dengan dinding berlubang untuk memberikan keseimbangan antara pencahayaan, ventilasi, dan juga privasi. Cahaya masuk ke dalam rumah melalui jendela dan dinding berlubang depan rumah. Dinding berlubang pada rumah ini menggunakan material metal yang berlubang kecil dan banyak yang mempercantik tampak luar bangunan.

Light grain merupakan rumah keluarga yang memecahkan permasalahan privasi, cahaya, dan ventilasi dengan cara yang cantik.

Rumah in Midorigaoka by Tato Architects


Rumah dua lantai ini benar-benar terlihat berbeda dengan bangunan lain di sekitarnya. Dengan kesederhanaannya dan perpaduan garis lurus pada bangunan menyajikan kesan kontemporernya. Pemilihan material juga diperhatikan untuk setiap zona yang dilingkupi sehingga dapat membuat ruang di dalamnya lebih terang.

Rumah di Midorigaoka ini memanfaatkan ketinggian ruang dalam rumah untuk mendapatkan pencahayaan yang baik.

Hsk House by Architecture Studio no. 555

Terletak di daerah perbukitan, Hsk House ini memiliki bentuk geometris yang serupa dengan siluet sebuah rumah. Dari bentuk sederhana tersebut, rumah di Ota-ku, Tokyo ini didesain dengan blok solid dengan dua jendela di sisi yang berlawanan yaitu depan dan belakangnya. Balkon dibuat keluar dan terlingkupi di segala arahnya dengan struktur yang tampak tergantung pada fasad berbentuk seperti sarang burung.

Hsk house memodifikasi bentuk geometri sederhana menjadi rumah minimalis dan unik.


Relation by Tsubasa Iwahashi Arquitectos

Rumah bernama relation ini merupakan bangunan dua lantai dengan pelingkup bangunan menggunakan struktur beton. Rumah Jepang satu ini memanfaatkan penyusunan interior di dalamnya untuk membuat lantai lebih dengan mezanin yang terkoneksi satu sama lain. Sehingga setiap zona memiliki kesan lapang yang berbeda-beda.

Relation mempresentasikan desain rumah domestik yang digagas ulang agar dapat memberikan ruang lebih salam rumah namun tetap mempertahankan privasi pemilik.

House in Nagoya by Suppose Design Office

Rumah tingkat ini didesain mengikuti arus tren arsitektur Jepang. Terletak di Nagoya, rumah ini didesain dengan pintu tinggi di depan, jendela di sampingnya dan taman di dalam rumahnya. Hal tersebut ddilakukan untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih baik ke dalam bangunan. Rumah ini memiliki pusat titik temu dimana pusat tersebut menyambungkan ruangan-ruangan di dalamnya. Dengan demikian semua zona dalam rumah saling menguatkan untuk membuat rumah lebih terang.


Rumah ini diperkaya dengan pencahayaan alami yang masuk melalui jendela dan kesan natural dengan adanya taman di interiornya.

Gandare House by Ninkipen Architects

Gandare house berlokasi di Neyagawa, Osaka. Membuat rumah yang luas di kawasan padat penduduk memang selalu menjadi permasalahan umum dalam mendesain. Dengan memanfaatkan lahan yang sempit rumah ini sangat inovatif pada fasadnya. Ninkipen architects berhasil menghilangkan kesan ukuran bangunan yang sempit dan menyajikan rumah yang terang dengan pencahayaan alami. Furniture, material kayu, dan metalic menjadi elemen utama dalam mendesain Gandare House.

Gandare House menyajikan rumah dengan pencahayaan alami dan bentukan fasad atraktif di lahan yang sempit.

Koro House by Katsutoshi Sasaki + Associates

Koro House memiliki bentuk dasar hexagonal di area perumahan di Jepang. Layout rumah ini sendiri memisahkan antara taman terbuka di luar rumah dengan taman privat di dalam. Tidak seperti rumah pada umumnya, jendela pada bangunan ini diletakkan di area atas bangunan sehingga akan berperan seperti skylight yang menyajikan pencahayaan alami dari segala angle. Ditambah dengan furniture bermaterial kayu, rumah jadi lebih nyaman dan terang.

Struktur kayu tergantung menciptakan ruangan yang atraktif bermain dengan cahaya dan bayangan yang berperan seperti jam matahari.

House in Minamimachi 03 by Suppose Design Office

Rumah di Minamimachi ini dilingkupi dengan kulit bangunan bermaterial beton. Dengan bentukan kotak masif dari depan ini memang terkesan gelap dan kaku. Namun anggapan ini akan terlihat berbeda setelah memasuki rumah ini. Pencahayaan diletakkan dengan baik sehingga dapat berintegrasi dengan ruangan di dalamnya.

House in Minamimachi 03 ini menyelesaikan permasalahan dengan sederhana dan baik yang menghasilkan ruang dalam yang luas dan terang.

sumber: 10 rumah minimalist Jepang


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter