article / Building / Desain Rumah Trailer dengan Taman dan Rumah Kaca di Bagian Teras Huniannya yang Unik dan Menarik
27 November 2018 398 Views

Desain Rumah Trailer dengan Taman dan Rumah Kaca di Bagian Teras Huniannya yang Unik dan Menarik

Rumah berukuran kecil tentu saja tidak menjadi halangan untuk memiliki sebuah teras dan taman di area hunian. Salah satu contohnya adalah rumah hunian yang diberi nama The Elsa dengan ukuran 30 meter persegi dan penggunaan material kayu di sekitar bangunannya. Uniknya rumah satu ini bukan sekedar rumah biasa, namun merupakan rumah trailer. Desainnya dengan panggung di bagian bawah bangunan menjadikan eksteriornya terlihat menarik.

Perpaduan material kayu dan metal terlihat dari luarnya. Tentu saja area dengan metal ini terletak di bagian kamar mandi pada rumah kecil ini karena material kayu tidak akan awet jika terkena air dari area kamar mandi. Tidak hanya material saja yang menjadi perhatian, namun adanya rumah kaca mini dengan berbagai macam tanaman yang menghias rumah tentu saja memberikan tampilan rumah ramah lingkungan dan asri.

Dengan ukuran yang tidak terlalu lebar, desainer dapat membuat interiornya terasa unik dan juga nyaman. Ruangan memanjang terbuka menjadi bagian dari hunian trailer ini. Tampak ruang tamu langsung terhubung ke ruang makan dan dapur yang diikuti dengan kamar mandi di bagian belakang huniannya.


Ruang tamunya dihiasi dengan sebuah sofa memanjang yang nyaman di ujung ruang. Jendela dari setiap sisinya tentu membuat area ini sangat terang dan juga hangat. Tak lupa areanya pun dihiasi dengan bantalan empuk serta karpet lantai bermotif garis. Sofa berwarna hitam ini tentunya sangat menonjol di dalam ruangan serba putih ini. Tampil cantik dan juga rapi.

Menuju ke area selanjutnya, ruang makan menjadi area yang sederhana di dalam rumah trailer ini. Hanya terdiri dari meja makan dan kursi. Mejanya sendiri didesain agar dapat digeser dengan mudah sehingga dari bentukan bar menjadi area makan untuk empat orang. Terdapat roda pada kaki mejanya memberikan ruang yang lebih fleksibel di dalam rumahnya. Adapun jendela tersebar di sisi dinding hunian sehingga cahaya masuk secara maksimal ke dalam huniannya.


Selain area makan, bagian tengah hunian ini juga menjadi ruang dapur yang lengkap dengan berbagai perlengkapan seperti kompor, area cuci, hingga lemari pendinginnya. Pemisah antara ruang tamu dan juga area dapur adalah almari kayu dan juga meja makannya. Material kayu tampil menghiasi bagian dalam huniannya terlihat pada lantai dan juga rak terbuka di dindingnya.

 

Dari area tengah inilah penghuni juga dapat menjangkau kamar tidurnya yang terletak di area loteng huniannya. Tangga yang menjadi sirkulasi menuju ke lantai atasnya ini juga menjadi bagian penting dalam hunian karena terdapat berbagai penyimpanan tersembunyi di bawah tangganya tersebut.


Untuk tempat tidur di lotengnya dipenuhi dengan jendela di kedua sisinya. Dengan atap miringnya tentu membuat suasana kamar terasa lebih unik. Adapun terdapat lukisan yang digantung menjadikan kamarnya terasa lebih unik. Di dalam kamar terdapat kasur berukuran besar dan juga meja kecil disamping kasurnya. Tak lupa lampu tidur pun terpasang di dinding kamarnya.

Untuk area paling ujung ruangan terdapat kamar mandi dengan area wastafel yang langsung terlihat saat memasuki area kamar mandi. Tentu saja desainnya sangat nyaman dengan meja wastafel dari kayu serta rak penyimpanan handuk dan peralatan tersusun rapi di dalamnya.

Pada area luar rumah tidak hanya terdapat taman dan rumah kaca namun juga area bersantai berupa ayunan kayu pada terasnya. Tentu saja ini menambahkan keunikan dan suasana yang menyenangkan di dalam rumah trailer ini. Rumah kaca dengan berbagai macam tumbuhan buah dan sayur serta bunga berwarna tentunya menjadikan hunian lebih ceria dan menyenangkan.

sumber: countryliving | tiny house


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter