article / Garden / Desain Unik Tanaman Sukulen Untuk Mempercantik Taman di Rumahmu
13 Desember 2017 113 Views

Desain Unik Tanaman Sukulen Untuk Mempercantik Taman di Rumahmu

Tidak semua rumah mempunyai taman sebagai bagian dari rumah tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan kecilnya lahan atau sulitnya merawat tanaman yang mengisi taman.

Nah, bagi kamu yang suka mendekorasi taman, tanaman yang satu ini mungkin bisa menjadi solusinya. Sukulen, nama tanaman ini, sedang hits di Indonesia karena perawatannya cukup mudah, tidak memerlukan banyak lahan dan juga air. 

pinterest

Sukulen adalah istilah yang diberikan bagi sekelompok tanaman yang salah satu atau lebih bagian tubuhnya lebih tebal dan gemuk, dapat menyimpan air dan bisa tumbuh walaupun dengan sumber air yang terbatas. Jenis sukulen sangat banyak namun belum semua bibitnya terdapat di Indonesia. Bentuk dan warna sukulen tergantung pada jenis apakah sukulen tersebut.

Ada banyak bentuk sukulen, diantaranya yang berbentuk bunga, daun, seperti batu dan seperti biji. Namun tidak semua sukulen bisa tahan hidup di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Sukulen yang berwarna cerah lah yang cenderung dapat hidup di tempat yang panas. Untuk lebih jelas tentang perawatan sukulen, kamu bisa baca disini.

Nah, dengan banyak bentuk dan varian ini, kamu bisa menanam sukulen dengan tatanan dan kreasimu sendiri. Tentunya rangkaian sukulen ini akan mempercantik tamanmu. Tapi jika kamu masih bingung dan belum ada ide merangkai sukulen untuk tamanmu, kamu bisa melihat pembahasan berikut ya!

1. Menanam sukulen Alphabet

pinterest

Desain sukulen ini cocok lho untuk dijadikan kado. Bentuknya alfabet, jadi kamu bisa pilih huruf apa yang akan kamu buat untuk dijadikan kado. Desain ini cocok juga untuk mempercantik tamanmu. Kamu cuma membutuhkan triplek kayu yang sudah dibentuk menjadi huruf alfabet tiga dimensi. Bagian atas triplek kamu lubangi sesuai bentuk hurufnya untuk kamu beri media tanam sukulen. Setelah itu, kamu tanam sukulen yang kamu inginkan.

2. Menanam sukulen di tempat Air mancur

homebnc

Peletakkan air mancur di taman mungkin sudah biasa ya. Nah, bagaimana jika isi air mancurnya bukan air, melainkan tanaman sukulen? Kamu bisa mewujudkannya dengan memasukkan media tanam sukulen ke tempat air mancur yang biasanya bertingkat. Lalu tinggal rangkai saja sukulen yang kamu suka. Bisa juga kamu padukan dengan tanaman jenis lain seperti rumput. Cantik ya!

3. Menanam sukulen dengan Faced pot

pinterest

Tren Faced pot memang sedang naik daun belakangan ini. Faced pot sendiri adalah pot yang berbentuk wajah, bisa wajah manusia, hewan maupun karakter. Tren ini bisa kamu contoh untuk menjadi kreasi tanaman sukulenmu. Caranya mudah, tinggal kamu mencari faced pot yang kamu sukai, misalnya bentuk wajah wanita cantik. Lalu tanamkan sukulen berbentuk bunga atau rangkaian daun. Pot mu akan terlihat seperti wanita cantik dengan rambut lebat yang adalah tanaman sukulen.

4. Menanam sukulen di papan kayu

countryliving

Apakah kamu punya banyak papan kayu tebal yang tak terpakai? Nah sekarang kamu bisa gunakan papanmu untuk berkebun. Papan-papan kayu itu bisa kamu lubangi dengan posisi mendatar, kira-kira satu papan kamu buat 3-4 lubang, namun jangan sampai menembus bagian belakangnya. Pada bagian cekung itu, kamu bisa beri media tanam sukulen. Lalu tanam sukulen yang kamu suka. Tegakkan papan tersebut, lalu senderkan atau gantung di tembok tamanmu.

5. Menanam sukulen di kayu

pinterest 

Jika yang kamu punyai bukan papan kayu tapi adalah kayu batangan, kamu tetap bisa membuat dekorasi sukulen untuk tamanmu. Caranya adalah, buat cekungan panjang di kayu tersebut. Bentuknya bisa persegi panjang ataupun oval. Setelah itu berikan media tanam sukulen kedalamnya, dan tanam sukulen yang kamu pilih. Dekorasi cantik ini siap menghias tamanmu!

Well, itu tadi adalah dekorasi tanaman sukulen untuk tamanmu ya. Sekali lagi tidak perlu lahan yang luas dan cara yang sulit untuk merawatnya. Namun bagi kamu yang lebih suka mendekorasi tanaman ini untuk ruanganmu, kamu bisa lihat pembahasannya di artikel ini.

 

Ruth Jovita Amelinda
Coding | Cooking | Composing | Creative | Courageous |

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter