article / Decoration / Greeny Terrarium: Dekorasi Untuk Mempermanis Rumahmu
08 Mei 2017 356 Views

Greeny Terrarium: Dekorasi Untuk Mempermanis Rumahmu

Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah terarium. Terarium adalah wadah yang terbuat dari kaca ataupun media transparan lainnya seperti plastik yang digunakan untuk kebutuhan penelitian ataupun sekedar dekorasi. Didalam wadah tersebut sudah tertata biosfer alami. Menarik dan juga lucu, terarium bisa menjadi dekorasi di ruang dalam rumahmu. Beberapa desain terarium alami dan beberapa wadahnya bisa kamu simak di bawah ini.

https://id.pinterest.com

Tidak perlu susah payah mencari wadah untuk taman minimu. Dengan menggunakan gelas kaca, kamu sudah bisa mendesain terarium dengan pasir dan tanaman hijau mini. Komposisi pada wadah perlu diperhatikan sehingga terarium bisa terlihat cantik dan rapi. Tentunya bertambah elegan dengan menggunakan gelas anggur ini.

http://www.decoist.com

Untuk beberapa orang yang menyukai film star wars, bisa juga meletakkan action figure mini ke dalam wadah. Bentuklah biosfer alam yang menyerupai kehidupan di film star wars. Bisa juga kamu mencari habitat dari film lainnya yang ingin kamu tiru lingkungan sekitarnya.

https://id.pinterest.com

Kamu bisa juga meniru lingkungan di laut. Dengan menambahkan biota laut yang dapat tumbuh di wadah transparan. Menatanya semirip mungkin dengan ekologi laut. Seperti menambahkan tumbuhan laut ataupun ikan.

https://id.pinterest.com

Bentukan wadahnya sendiri bisa jadi nilai lebih untuk mempercantik terarium. Seperti pada gambar di atas, bentukan terarium dari segilima menambah keunikannya. Penyusunan biota di dalam wadah pun juga harus menghadap ke segala arah sehingga dapat dinikmati dari segala sisi.

http://www.decoist.com

Wadah unik lainnya juga berhasil diterapkan pada dekorasi satu ini. Seperti buah pir dengan lubang kecil di tengahnya. Ketika ingin meniru habitat suatu binatang pun kamu bisa tambahkan miniatur binatang itu. Jadi tidak monoton kan terarium dengan ornamen miniatur seperti katak pada dekorasi di atas.

https://id.pinterest.com

Selain menjadi hiasan, bisa juga menjadi pot tanaman. Beragam tanaman dapat ditumbuhkan didalam terarium. Tidak lupa juga gantungkan di dalam ruangan, sehingga akan menarik perhatian. Ruang dalam rumah jadi lebih segar dan juga sejuk.

https://id.pinterest.com

Nah kalau yang satu ini tidak hanya tumbuhan mininya yang menarik, namun juga elemen pasir atau tanahnya dibuat atraktif. Penyusunan pasir di dalam wadah memberikan pola tertentu yang tampak pada luar wadah. Menambahkan nilai seni pada terarium.

https://id.pinterest.com

Tidak hanya rumit, namun juga harus telaten. Terarium yang dibuat dari wadah untuk eksperimen laboratorium ini punya lubang kecil di atasnya yang membesar di bagian bawah. Bayangkan saja bagaimana teliti dan rapinya biota yang tersusun di dalamnya. Unik dan juga ajaib.

https://id.pinterest.com

Punya rumah pohon mini bisa menambahkan keceriaan dalam ruangan. Terbuat dari ranting-ranting pohon menjadikannya tampak alami dan juga antik.

http://www.decoist.com

Jika kamu punya teko kopi atau minuman yang tidak terpakai lagi, bisa kamu terapkan ide dekorasi seperti ini. Seperti ekologi yang hidup di dalamnya dengan berbagai lapisan di bagian bawah tumbuh-tumbuhan. Selain memperindah ruangan, kamu juga sudah mendaur ulang barang yang tidak terpakai ini. Bisa juga gunakan toples, blender, dan wadah peralatan masak lainnya.

https://www.etsy.com

Barang daur ulang lainnya yang dapat digunakan sebagai terarium adalah bolam lampu. Salah satu wadah terarium yang menjadi favorit karena bentuknya yang tidak biasa, dan juga mini. Membutuhkan kejelian ketika menata habitat di dalamnya. Benda kecil ini dapat diisi dengan berbagai tema untuk terarium yang tentunya akan unik dan juga imut. Bolam kecil ini dapat berdampak besar pada penampakan ruangan.

https://id.pinterest.com

Sebagai pengganti pot, terarium memang memiliki bermacam ukuran tergantung dengan wadahnya. Bunga anggrek bersemi di dalam terarium yang cantik juga. Wadah seperti bentukan berlian menguatkan kesan cantik pada bunga. Tapi jangan lupa untuk menyiraminya ya agar bunga tidak mati.

https://id.pinterest.com

Terarium ini memiliki wadah yang cukup fleksibel. Dengan mengangkat kaca pada wadah akan mengekspos hutan mini di dalamnya. Mudah ditata dan juga diatur. Sehingga kamu pun mudah menuangkan imajinasimu dalam bentukan kreasi terarium.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment