article / Balcony / Ide Simpel Ubah Area Balkon Jadi Lebih Fungsional dan Menarik
09 Januari 2019 1K Views

Ide Simpel Ubah Area Balkon Jadi Lebih Fungsional dan Menarik


Jika anda memiliki area balkon di rumah atau apartemen, seringkali merasa bingung bagaimana cara memanfaatkan balkon jadi lebih fungsional. Area yang sempit dan terletak di luar menjadikan balkon dibiarkan kosong begitu saja.

Padahal, dengan sedikit kreativitas anda bisa memanfaatkan area balkon jadi ruang santai yang menyenangkan. Berikut beberapa inspirasi area balkon yang bisa anda tiru.

Area santai lesehan

 

Hal pertama sebelum meletakkan furniture adalah mengetahui seberapa luas balkon anda. Jika ukurannya tak terlalu luas, buatlah area santai dengan konsep lesehan. Sediakan karpet dengan beberapa bantal dijamin membuat area santai di balkon jadi lebih intim. Pilih karpet bermotif untuk mempercantik tampilan balkon di rumah.

Area untuk makan

sumber foto

Balkon bisa anda manfaatkan jadi area makan. Menikmati sarapan atau makan malam sembari melihat pemandangan luar tentu memberikan sensasi yang berbeda. Anda bisa menempatkan kursi dan meja makan berukuran kecil di balkon. Jika luas balkon tergolong sempit, gunakan meja ambalan untuk mengatasinya. Di malam hari pun anda bisa memasang lampu-lampu kecil yang menambah kesan romantis.

Area duduk dengan furniture custom

sumber foto

Jika anda cukup sulit meletakkan furniture yang sesuai dengan ukuran balkon, anda bisa custom furniture. Ide yang bisa ditiru adalah meletakkan papan kayu dengan tambahan busa untuk duduk. Tutup dengan kain atau selimut, lalu letakkan bantal di atasnya untuk memberi kesan nyaman. Area ini bakal terasa lebih cozy.

Mini garden

sumber foto

Area balkon juga bisa anda fungsikan untuk mini garden. Pencahayaan dari sinar matahari langsung tentu bagus untuk tanaman-tanaman anda. Minimnya ukuran balkon bisa diakali  membuat vertical garden dengan memanfaatkan sisi dinding. Letakkan pula beberapa pot tanaman di lantai untuk menambah kesegaran.

Menggunakan hammock

sumber foto

Pilihan lain selain menggunakan furniture ialah dengan hammock. Hammock yang identik dengan suasana alam, bisa menjadikan ruang santai di balkon terasa seperti di alam bebas. Penggunaan hammock ini bisa makin menarik jika dibuat dengan konsep bergaya bohemian. Anda bisa menambahkan karpet bermotif untuk mendukung konsep bohemian.

Area baca

sumber foto

Balkon tidak selalu berupa area terbuka. Di apartemen misalnya, balkon tidak berhubungan langsung dengan area luar, melainkan dibatasi dengan jendela. Hal ini jadi keuntungan tersendiri karena balkon bisa anda manfaatkan sebagai ruang baca. Letakkan satu buah kursi dan gunakan dinding untuk menyimpan koleksi bacaan anda.

Area barbekyu

sumber foto

Untuk area balkon berukuran cukup luas, anda bisa meletakkan meja makan dengan beberapa kursi yang dapat menampung orang banyak. Keuntungan balkon besar ialah dapat dimanfaatkan untuk mengadakan acara barbekyu bersama teman atau keluarga. Tempatkan alat bebakaran di balkon agar mudah dijangkau dan dapat digunakan sewaktu-waktu.

Area pajangan

sumber foto

Memajang koleksi benda-benda kesayangan anda tidak melulu diletakkan di dalam rumah. Untuk mengisi kekosongan balkon, anda bisa menggunakan area ini untuk memajang benda kesayangan. Buat rak pajangan dari papan kayu yang diletakkan pada dinding untuk area pajangan. Pastikan pilih kayu yang tahan akan cuaca apapun.

Area jemuran

sumber foto

Untuk anda yang tinggal di apartemen, seringkali menjadikan area balkon sebagai tempat untuk menjemur karena terbatasnya lahan terbuka. Ini jadi cara yang efektif dalam memanfaatkan balkon. Agar tampilan balkon lebih menarik, anda bisa menambahkan beberapa pot bunga di beberapa area.

Area kolam ikan

sumber foto

Ide unik lain untuk menyiasati balkon yang kosong adalah dengan membuat kolam ikan. Tak perlu berukuran besar, kolam ikan kecil yang dikeliling tanaman-tanaman hijau pun mampu membuat balkon lebih segar dan dekoratif. Jika masih ada sisa ruang, anda bisa menempatkan kursi di sana.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!

YOU MIGHT ALSO LIKE


LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter