article / Garden / Taman di Rumah yang Bikin Lebih Homey dan Sejuk
27 Februari 2018 650 Views

Taman di Rumah yang Bikin Lebih Homey dan Sejuk

Sebuah taman menjadi hal yang diperlukan untuk setiap rumah. Dengan adanya taman, akan memberikan suasana yang asri dan juga menyegarkan pada rumah. Baik rumah berukuran besar maupun kecil, akan lebih baik jika diberikan area taman mini agar dapat refreshing dari kegiatan sehari-hari. Taman sendiri pun dapat didesain pada area teras maupun area terbuka lainnya dalam rumah. Dibutuhkan kreatifitas dan inspirasi untuk menemukan desain yang cocok pada rumah. Berikut beberapa contoh ide taman yang akan menarik perhatian.

1. Taman Megah

houseandgarden.co.uk

Jika halaman depan atau belakang rumahmu memiliki ruang yang cukup luas, image megah bisa diterapkan pada tamanmu. Area hijau taman disusun rapi dengan tampilan grid yang kemudian tepat ditengahnya diletakkan patung atau hiasan yang memberikan tampilan megah. Desainnya yang simetris tentu memanjakan mata.

2. Tanaman Rambat di Dinding

houseandgarden.co.uk

Taman terbuka satu ini memang terlihat sederhana akan tetapi juga memukau. Selain adanya tanaman di pot dengan bangku taman untuk bersantai, area ini memberikan tampilan unik pada dindingnya dengan adanya tanaman merambat di dinding. Bunga mawar putih yang teruntai di dinding pun ikut andil mempercantik area taman ini. Adanya elemen air mancur di tengah area memberikan elemen kesejukan di dalam taman.


3. Tampilkan berbagai Elemen Media

idealhome.co.uk

Media tanam yang berupa tanah juga dapat dipadukan dengan bebatuan taman yang memberikan tampilan menarik pada halaman rumah. Adapun dek kayu memberikan visual lanskap yang kuat dengan garis-garis horizontalnya. Tanaman yang dipilih pun beragam dan memberikan suasana asri.

4. Atap Pergola dengan Pepohonan Rindang


pinterest.co.uk

Area teras atau patio ini menjadi area bersantai dan juga ruang makan outdoor yang memberikan suasana sejuk. Tidak hanya karena tempatnya yang semi terbuka, namun juga karena bagian penutup atapnya yang menggunakan ranting dan daun pepohonan yang terbilang unik dan menarik. Area teras ini pun terasa sangat natural dengan perpaduan dek dan furniture kayunya yang membaur dengan keseluruhan dekorasi di ruangan ini.

5. Taman Mini dalam Rumah


idealhome.co.uk

Jika terdapat area kecil di dalam rumah, bisa dimanfaatkan untuk ruang taman seperti yang satu ini. Area dengan lebar sekitar 1 meter dimanfaatkan dengan ditanaman pohon atau tumbuhan yang rindang. Ditambah lagi taman ini dapat ditutup dan dibuka sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.

6. Taman Halaman Belakang dengan Kolam Air

houseandgarden.co.uk

Untuk rumah dengan area halaman yang besar dan luas, taman yang satu ini akan memberikan ruang bersantai yang sangat nyaman dan sejuk. Menghilangkan kejenuhan dan juga memberikan area yang asri pada rumah. Kolam air juga memberikan kesegaran ditambah lagi dengan adanya jembatan jalan setapak untuk melewati kolamnya menuju taman hijau. Disini pepohonan tamannya dibentuk kubus sehingga memberikan keunikan tersendiri.

7. Taman di Dak Atap Rumah

finegardening.com

Jika ruang di area lantai dasar rumah sudah tidak terdapat ruang untuk taman, area atap pun juga bisa dimanfaatkan. Tanaman hijau pada area ini tentunya mendapatkan pencahayaan yang cukup karena area terbukanya. Tanaman yang cocok untuk tempat ini adalah tanaman yang dapat bertahan dengan sinar matahari secara langsung sehingga tanaman tidak mudah mati.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter