article / Home Decor / Ingin Merenovasi Rumah? Sebelum Melakukannya, Ketahuilah Hal-Hal ini Terlebih Dahulu!
30 April 2018 386 Views

Ingin Merenovasi Rumah? Sebelum Melakukannya, Ketahuilah Hal-Hal ini Terlebih Dahulu!

Mendesain ulang atau merenovasi sebuah rumah memerlukan berbagai macam pertimbangan. Renovasi sendiri dilakukan karena ingin mengubah suasana rumah, keadaan rumah yang mulai rusak, atau ingin memperluas bangunan rumah karena jumlah anggota keluarga yang bertambah. Renovasi sendiri juga memakan cukup banyak biaya tergantung pada jenis renovasi yang dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang renovasi.

1. Berpikir Praktikal, Mendesain Praktis Sesuai Kebutuhan

homeselfe

Setiap orang tentunya ingin yang terbaik dan perfeksionis untuk rumahnya. Akan tetapi hal yang diinginkan tersebut tentunya akan kalah dengan kebutuhan. Merenovasi sebuah rumah perlu pertimbangan mengenai kebutuhan. Misalnya ingin mendesain ruang dengan tampilan gothic akan tetapi untuk anda yang sudah berkeluarga apalagi memiliki anak, pertimbangkan lagi apakah desain tersebut akan cocok untuk anak anda. Hilangkan keegoisan dan utamakan kebutuhan sambil memperhatikan nilai estetikanya. Pemilihan warna ruang ataupun material lantai juga dapat dipertimbangkan. Misalnya seperti warna-warna terang akan mudah kotor ataupun warna gelap akan menonjolkan furniture dalam ruangnya.

2. Mengubah Hal-Hal Negatif Menjadi Positif

plataformaarquitectura


Merenovasi tentunya mengubah hal-hal yang dianggap tidak baik atau tidak benar menjadi sesuatu yang lebih baik. Bukan sekedar mengubah sesuai dengan keinginan, namun juga mengganti beberapa bagian rumah yang tidak berfungsi dengan baik menjadi desain yang lebih baik lagi. Biarkan rumah terasa lebih positif dengan dilakukannya perubahan pada desain hunian. Hunian akan terasa lebih nyaman jika semuanya dapat berfungsi sesuai kegunaannya.

3. Bersiap Untuk Pengeluaran Tak Terduga

mobelde


Ketika berencana merenovasi rumah, tentunya kamu sudah mencari gambar-gambar inspirasi yang kamu sukai. Tidak hanya itu saja, sudah mencari barang atau bahkan mencicil beberapa perangkat yang diperlukan untuk rumah. Akan tetapi terkadang akan ada biaya tambahan yang diluar perkiraan. Seperti adanya material yang tidak terlalu paham dan menyerahkan langsung kepada ahlinya tentunya biaya akan berbeda dari melakukannya sendirian. Ataupun misalnya ada hal-hal yang awalnya tidak terdeteksi dan baru diketahui setelah dilakukan renovasi sehingga harus mengeluarkan biaya tambahan. Maka dari itu persiapkanlah dana untuk hal-hal yang tidak terduga.

4. Berada di Tempat Renovasinya

cleanandsimplecleaning


Ketika merenovasi usahakan selalu ada di sekitar lokasi. Hal ini dikarenakan agar anda selalu dapat mengontrol hal yang terjadi di lapangan. Adapun keputusan jadi lebih mudah jika anda berada disana. Seandainya harus mengganti beberapa hal di dalam hunian, tukang ataupun pekerja renovasi dapat menanyakannya terlebih dahulu kepada pemilik rumahnya. Mungkin saja anda sebagai pemilik punya solusi yang lebih praktis dibandingkan pekerja renovasi. Akan tetapi mengawasinya jangan sampai mengganggu pekerjaan mereka karena bisa membuat waktu renovasi jadi lebih lama.

5. Hindari Sifat Perfeksionis

buildinglifestylespaces

Tidak ada manusia yang sempurna. Sama halnya seperti ungkapan tersebut, pekerja ataupun anda dapat melakukan kesalahan kecil saat melakukan renovasi. Misalnya ada sedikit saja pemasangan material keramik yang kurang pas menurut anda sehingga anda ingin membongkar keseluruhannya. Tentunya hal tersebut akan sangat merugikan anda sendiri karena waktu dan duit akan lebih terbuang begitu saja. Jadi hilangkan sifat perfeksionis anda terhadap hal kecil, pikirkanlah tentang pemaksimalan waktu dan dana.

6. Pilihlah Seorang Ahli dalam Renovasi yang Sesuai Kebutuhan dan Style anda

mrmr

Jika anda membutuhkan seorang ahli untuk konsultasi ataupun kontraktornya tentunya mencari yang sesuai dengan kebutuhan andalah yang diperlukan. Misalnya anda hanya melakukan pencatan ulang, maka anda perlu mencari seorang tukang cat yang bisa memberikan tampilan baru pada rumah anda. Bisa juga anda mencari orang yang dapat mendesain ruang baru di rumah yang akan anda tingkat. Mencari seorang ahli di bidangnya akan mempermudah pekerjaan anda. Mencari para professional sekarang lebih mudah karena dapat dicari melalui media digital atau internet. Seperti halnya website www.furnizing.com anda dapat mencari yang sesuai budget dan style setelah melihat hasil kerja mereka terdahulu di laman showcasenya.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter