article / Interior / Interior Apartemen Serba Putih dengan Beberapa Aksen Hijau Bikin Hunian jadi Lebih Hidup
13 November 2017 566 Views

Interior Apartemen Serba Putih dengan Beberapa Aksen Hijau Bikin Hunian jadi Lebih Hidup

Tel Aviv, Israel memang cukup terkenal dengan desain ruang apartemennya yang unik dan menarik. Apartemen dengan dasar warna putih di seluruh ruangannya diberikan beberapa aksen warna kontras seperti hijau, biru, dan copper pada furniture yang menjadi focal points pada warna yang monokrom dalam apartemen.

Apartemen satu ini merupakan rumah dari arsitek lokal yaitu Amir dan Chen Navon. Bekerja sama dengan desainer interior yaitu Lital Ophir dan Illana Bronfen menyajikan interior cantik pada renovasinya. Sementara Amin dan Navon mengatasi permasalahan struktur apartemen, Ophir dan Bronfen mengambil tanggung jawab atas estetika ruangannya. Dengan tujuan menciptakan ruang kontemporer yang dapat diisi dengan perabotan yang sesuai dengan sejarah bangunan yaitu Bauhaus.

Selain ingin menghormati gaya desain arsitektur Bauhaus, sebagai desainer interior mereka juga ingin tetap menunjukkan desain heritage klasik ala Eropa. Apartemen dengan nuansa monokrom itu terasa sangat flat tanpa ada karakter ruang sama sekali sehingga direnovasilah sedemikian rupa.

Apartemen dengan luasan 97 meter persegi ini awalnya memiliki ruang yang sumpek. Hal ini dikarenakan pemilik sebelumnya membiarkan kamar ini tidak memiliki pemandangan ke area outdoor sehingga pencahayaan alami tidak masuk ke dalam ruang apartemen. Hal ini tentunya tidak sehat karena ruangan tertutup tanpa sirkulasi akan buruk bagi pemilik ruangan.


Hal pertama yang dilakukan adalah menghilangkan beberapa partisi pembatas untuk menciptakan ruang tengah terbuka dan ruang makan. Ophir dan Bronfen menambahkan suasana pulau dengan adanya perabotan seperti meja makan dan juga meja bar dengan material carrera marble untuk membentuk ruang sirkulasi yang jelas dan sejuk dipandang.

Mendesain ruangan yang bersih dan berangin menjadi fokus oleh sang desainer. Kembali dengan konsep pulaunya adapun ruangan yang didesain dengan suasana terang dan tentunya tampak dapat berdiri sendiri. Salah satunya ruang santai pada ruang tengah apartemen dengan lingkupan dinding, tirai, dan juga perabotnya yang serba putih dengan beberapa aksen hitam dan hijau yang memberikan titik fokus pada ruangan.


Keseluruhan dinding di dalamnya diwarnai putih batu dan juga dipasangkan dengan lantai oak berpola. Beberapa sentuhan warna seperti hijau laut pada kabin penyimpanan yang juga merupakan lemari pendingin, peralatan meja, dan juga penyimpanan makanan. Sofa dengan warna biru tua dari B&B Italia yang berada di tengah ruangan serta karpet berpolanya menjadi perabot yang memberikan nuansa bold pada ruangan.

Tepat berada dibalik kabin penyimpanan berwarna hijau tersebut, terdapat ruang bermain anak. Dinding frame dengan kaca setinggi langit-langit menjadi partisi pembatas antara ruangan bermain dengan dapurnya. Area bermain pun menjadi ruangan tertutup untuk anak namun adanya jendela bukaan yang besar dan tirai berwarna putihnya membuat ruangan jadi terang dan juga bersih.


Untuk kamar tidur anak yang hanya berukuran 10 meter persegi telah dicocokkan untuk kamar tidur dua orang dengan almari pakaian yang didesain built-in untuk memaksimalkan ruang untuk bermain.

Sedangkan untuk kamar tidur utamanya yang juga dihiasi dengan interior serba putih ditambahkan dengan wallpaper print geometris pada dinding belakang kasurnya. Tidak lupa juga lampu dari material tembaganya memberikan sentuhan hangat pada ruangan serba putih ini.

Ruangan ini juga dilengkapi dengan kamar mandi transparannya yang dilingkupi kotakan kaca dan tiraigeser yang dapat menutup area kamar mandi sehingga orang di dalamnya mendapatkan ruang privasi.

Pasangan yang tinggal di rumah ini menginginkan rumahnya dilengkapi dengan balkon yang memutari fasad apartemennya. Balkon ini pun memiliki panjang sekitar 11 meter dan dipenuhi dengan suasana terbuka dan alam yang memberikan kesegaran pada rumah.

Israel sendiri memang menunjukkan berbagai arsitektur menarik dengan gaya arsitektur Bauhaus pada dunia. Tentunya tidak hanya apartemen ini saja, namun berbagai apartemen lainnya di Tel Aviv juga memiliki desain yang lebih menarik dengan nuansa serba putih yang disajikan.

sumber: apartemen era bauhaus tel Aviv


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter