article / Home Office / Kamu yang Gemar Membaca Buku Wajib Punya Ruang Perpustakaan Seperti Ini
05 April 2017 460 Views

Kamu yang Gemar Membaca Buku Wajib Punya Ruang Perpustakaan Seperti Ini


Kamu yang gemar membaca buku pastinya akan rajin ke perpustakaan untuk sekedar baca atau bahkan meminjamnya. Kalau kurang puas lagi pasti kamu akan membeli dan mengoleksi bukunya. Tapi gimana kalau koleksi bukumu itu diletakkan begitu saja di rumah kamu? Atau malah karena kebanyakan koleksi kamu bingung mau diapain koleksi bukumu?

Untuk permasalahanmu, punya perpustakaan mini di rumah bisa jadi solusinya. Selain mengembangkan hobimu yang suka membaca, menyimpan koleksi bukumu secara teratur, kamu juga bisa punya ruang baca pribadi. Nggak perlu bingung dengan bentukan perpustakaanmu, beberapa ide desain berikut bisa menginspirasimu untuk mendesain perpustakaan.

http://freshome.com/

Desain perpustakaan mini ini cukup simple untuk kamu terapkan di rumah. Dilengkapi dengan rak-rak yang tertata di dindingnya dan area membaca yang di sudut ruang, perpustakaan ini terlihat sangat nyaman. Kamu bisa baca buku sambil tiduran di sofanya yang empuk.

http://www.architectureartdesigns.com/

Punya ruang terbatas nggak akan jadi masalah lagi buat kamu. Dengan memanfaatkan ruang keluarga dalam rumah yang cukup tinggi, kamu bisa bikin perpustakaan dengan ruang mezanin seperti di gambar. Kamu jadi punya ruang perpustakaan sendiri serta menambah keunikan bentuk dalam rumah kamu.

http://freshome.com/

Kalau kamu nggak mau mikir yang terlalu susah buat desain perpustakaanmu, desain di atas bisa jadi jawabanmu. Rak dengan bentuk yang beda dari biasanya ini benar-benar menambah estetika perpustakaanmu. Penataan buku yang ditumpuk miring membuat kesan ruang yang berbeda. Modal untuk perpustakaan ini pun cukup mudah, hanya butuh rak unik saja untuk kamu letakkan di salah satu dinding kamarmu.

 

http://www.housebeautiful.com/

Bentuk perpustakaan tradisional ini tampak berbeda dengan perpaduan warna furniture yang menonjol. Gradasi warna biru pekat hingga merah muda saling berpadu serasi dengan koleksi bukunya. Memainkan warna pada ruang perpustakaan akan memberikan pengalaman berbeda buat kamu. Jadi kamu bisa olah berbagai warna untuk menyesuaikan selera kamu dalam desain perpustakaan.

http://www.housebeautiful.com/

Selain perpaduan warna, motif pada sofa ataupun karpet akan mempengaruhi keseluruhan desain. Seperti gambar di atas, ruangan jadi terasa lebih cozy dengan sentuhan motif yang artistik. Pemberian warna dinding yang hitam dan dipadukan dengan adanya skylight sangat interaktif dan menjadi pusat perhatian di ruangan ini.

http://freshome.com/

Salah satu desain unik ini menambah estetika ruangmu. Kalau memang kamu punya ruang di rumah dengan jarak lantai ke plafon yang cukup tinggi, ide satu ini perlu kamu terapkan. Kapan lagi kamu punya perpustakaan melayang di atas ruang kerjamu.

http://freshome.com/

Jika rak buku terlalu memakan ruang di rumahmu, kamu bisa manfaatin rak yang satu ini. Rak yang di desain khusus menyatu dengan dinding kamar, sangat efisien buat perpustakaan minimu.

http://www.architectureartdesigns.com/

Pemilihan material termasuk dalam hal yang mempengaruhi kesan pada suatu ruangan. Lightwood memang cocok sekali untuk area baca atau perpustakaan seperti pada gambar di atas. Nuansa hangat dan terang ditimbulkan oleh pantulan cahaya yang jatuh ke lantai dari luar jendela.

http://freshome.com/

Lantai atas di rumahmu mungkin bisa difungsikan jadi perpustakaan ini.  Kemiringan atap yang biasanya mengganggu pemandangan dan fungsi dari ruangmua akan tampak berbeda dengan desain ini. Penutup atap berupa kaca membuat ruang yang tadinya sempit terlihat lebih luas. Pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan pun cukup sehingga kamu tidak membutuhkan banyak lampu di perpustakaan ini. Jadi hemat biaya listrik deh!

http://www.housebeautiful.com/

Terakhir nih buat kamu yang penggemar buku jadul, mungkin perpustakaan ini cocok untuk diterapkan. Buku-buku lama dengan furniture yang antik akan membuat kamu berada di era yang berbeda. Walaupun bertolak belakang dengan desain keseluruhan rumah, perpustakaan ini sendiri bisa menjadi keunikan tersendiri.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter