article / Pool / 12 Desain Mini Pool: Kolam Kecil di Rumah Untuk Sekedar Berendam dan Bersantai
29 April 2017 438 Views

12 Desain Mini Pool: Kolam Kecil di Rumah Untuk Sekedar Berendam dan Bersantai

Berbincang tentang manfaat elemen air di rumah memang tidak akan ada habisnya. Banyak manfaat dan keuntungannya, dengan memberikan kolam air baik berupa kolam renang ataupun hanya sekedar kolam ikan. Atau bahkan bisa jadi hanya hiasan belaka di taman rumah. Memberikan kesegaran dan kesejukan pada rumah.

Jika rumah tidak cukup besar untuk memiliki kolam renang, mendesain kolam kecil untuk berendam pun juga bisa dilakukan di rumah biasa. Bisa sebagai ruang relaksasi dan spa, kolam kecil ini perlu didesain secara unik. Perletakkan kolam pun tidak harus di luar rumah, namun juga bisa di berbagai area lainnya.

https://www.houzz.com

Terhubung dengan area teras rumah, kolam ini menghias area luar rumah. Selain membuat pemandangan rumah jadi lebih cantik, kolam ini pun bisa digunakan untuk berendam. Lantai kayu yang berada di sekitarnya membuat lantai tidak licin ketika ke luar dari kolam.

http://www.decoist.com

Meskipun memiliki halaman outdoor yang luas, mendesain kolam kecil diantara hamparan rerumputan juga menambahkan ketertarikan tersendiri. Dapat dilakukan untuk menghilangkan kegerahan saat cuaca panas.

https://www.houzz.com

Diselubungi dengan material marmer, kolam dalam ruangan ini sangat cantik dan juga terlihat mewah. Area ini pun bisa diakses dari ruang luar dan juga dalam. Ketinggian ruang memberikan kelegaan pada orang di dalamnya. Motif pada ubin dapat terlihat jelas di kolam yang bening ini.

http://www.architecturendesign.net

Kolam yang ditinggikan ini tampak seperti kolam hias di taman. Dikelilingi oleh tanaman hias dan juga bebatuan kerikil. Tidak lupa pula penampakan patung budha membuat area ini lebih tenteram. Air mancur kecil juga menyodorkan atraksi untuk kolam. Kamu dan teman-teman juga dapat duduk santai berkumpul di dudukan yang tersedia dalam kolam.

https://id.pinterest.com

Jika biasanya berada di taman, kolam ini berada di balkon rumah di lantai atas. Ditambahkan juga dengan bangku kayu dan bantalan di pinggir kolam. Cocok untuk menjernihkan pikiran tanpa terlihat oleh orang disekitar luar rumah.

http://www.archdaily.com

Punya anak yang masih kecil memang butuh perhatian ekstra. Mengajarinya mengendarai sepeda dan juga berenang bisa jadi salah satu kewajiban orang tua. Kolam kecil satu ini dirancang di dalam ruang keluarga. Kolam ini langsung berbatasan dengan jendela menuju outdoor dan juga terang karena desainnya yang serba putih ini. Kolam ini pun juga aman karena diberi pagar pembatas dan juga dinding lipat kaca, sehingga anak-anak tidak akan bermain di kolam tanpa pengawasan orang tua.

http://www.architecturendesign.net

Sambil menikmati makan pagi, suasana area makan ini jadi lebih segar dan sejuk dengan adanya gemericik air. Air terjun mini yang diberikan oleh kolam berundak ini memberikan nuansa syahdu ketika mendengar air berjatuhan. Kolam pun dibuat langsung dengan berbatasan lantai rumah. Bentuknya juga unik dan memukau.

http://www.decoist.com

Tidak jauh berbeda dari desain sebelumnya. Kolam berundak dengan kolam lingkaran yang lebih kecil di bagian atasnya. Menjadikan kolam ini menyatu dengan keadaan sekitarnya. Bangku built-in dari bebatuan membuat area kolam jadi lebih asik.

http://www.decoist.com

Seakan seperti bak mandi, kolam yang berada di luar ini ditinggikan sehingga tidak jauh dari ketinggian lantai dasar di rumah. Material beton yang digunakan membuatnya menonjol karena berbeda dengan material lainnya. Kesan yang tergambarkan dengan kolam ini yaitu dingin dan damai.

http://www.projectsgc.com

Kolam kecil yang dilingkup dengan frame stainless steel ini merupakan area untuk spa. Panggung kayu di sekitar kolam bisa menjadi area bersantai. Kolam pun juga dapat ditutup dengan papan kayu lingkaran. Cukup canggih dan mutakhir. Memberikan atmosfer ruang yang misterius.

https://www.houzz.com

Menyisipkan kolam di pinggir bangunan rumah seperti pada desain juga jadi solusi untuk ruang outdoor yang minim di rumah. Dibatasi dengan jalan setapak yang menjorok dari ruang dalam bisa menjadi tempat duduk di pinggir kolam. Nuansa sangat alami dan teduh dihadirkan oleh rimbunan bambu di dinding pagar rumah.

https://id.pinterest.com

Desain kolam kecil terakhir ini dihadirkan di dalam rumah. Rileks dan juga cozy terlukis pada lingkungan sekitarnya yang langsung memberikan pemandangan luar rumah. Hanya dengan memanfaatkan sudut ruang dalam rumah, kamu juga bisa mendesain kolam kecil untuk sekedar berendam ataupun bersantai.

 

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment