article / Landscape / Desain Lanskap Hunian Asri yang Menjadi Inspirasi Untuk Rumah Tinggalmu
20 Maret 2018 5K Views

Desain Lanskap Hunian Asri yang Menjadi Inspirasi Untuk Rumah Tinggalmu

Membuat rumah lebih segar dan juga asri tentunya bisa dilakukan dengan mendesain area sekitar rumah yaitu lanskap. Lanskap rumah harus diperhitungkan dengan baik agar nyaman dipandang dan juga dapat memaksimalkan fungsinya untuk memberikan suasana sejuk dan segar. Bukan asal ada tanaman saja, penataannya perlu dipertimbangkan sehingga serasi dengan keseluruhan rumahnya. Berikut beberapa inspirasi anskap pada area outdoor hunian yang asri.

jalan setapak via pinterest

Jika rumahmu memiliki halaman depan atau belakang yang memanjang, jalan setapak dengan bebatuan bermotif bisa menjadi acuan untuk menata lanskap rumah. Selain menjadi jalan penghubung antar area, baruan itu pun menjadi hiasan tersendiri untuk halaman rumah. Penataannya yang meliuk memberikan kesan fleksibel dan juga santai. Pemberian batu putih taman menunjukkan batas garis yang jelas antara rumput dan tanamannya.

Taman berkubu via gardendesign

Jika halaman depan atau belakang rumahmu terbilang luas, menatanya seperti gambar di atas merupakan pilihan yang baik dan juga menarik. Setiap tanaman bunga akan dikelilingi oleh pagar rerumputan yang membuat area ini menjadi terkotak-kotak atau berkubu. Adapun jalur tanahnya memberikan ruang untuk berjalan di taman ini. Unik dan juga cantik.


kolam penyejuk rumah via hgtv

lanskap hunian yang asri itu tidak harus selalu bertemakan pohon besar ataupun bunga di area outdoor rumahnya. Kolam juga dapat menjadi desain pada lanskap rumah yang membuat hunian terasa lebih sejuk dan juga segar. Kolam ikan seperti pada gambar ini terlihat natural dengan adanya bebatuan yang tersusun disekitarnya. Dengan lahan tanah yang tertutupi oleh kerikil, lanskap rumah ini menjadi lebih beragam tidak sekedar hijau tanaman saja.

pot tanaman hias via hgtv


Jika lahan rumah bukan area yang tepat untuk bercocok tanam, penataan pot tumbuhan khususnya tanaman berbunga akan mempercantik area outdoor rumah. Perpaduan warna yang beragam namun serasi pada lanskap menyajikan pemandangan indah ke luar rumah. Area ini pun bisa menjadi tempat refreshing dengan kesegaran aroma dari bunganya.

ground cover via hgtv

Area lahan tanah pada outdoor tentunya dapat didesain lebih menarik seperti pada gambar. Dengan beragam penutup tanah seperti rerumputan, tanaman hias, ataupun kerikil yang ditata pada sebuah grid memberikan keindahan visual pada lahan. Tidak hanya pesegi saja, berbagai macam grid lainnya juga dapat diterapkan sehingga memberikan keunikan tersendiri di lahan sekitar rumah.


area bersantai rindang via houzz

Ruang bersantai outdoor dapat didesain menarik dan sejuk dengan tampilan yang rimbun. Area kosong di bawah pepohonan rindang bisa dimanfaatkan sebagai tempat rebahan yang dilengkapi dengan bantalan nyaman. Tidak hanya adanya panggung kayu untuk duduk dan bersantai, area outdoor ini juga didekor dengan beragam hiasan unik seperti sangkar burung, piring antik, ataupun lantera yang mempercantik outdoor.

layout grid tanaman via foras-studio

Penataan lahan tanaman dan juga area untuk jalan pada desain halaman satu ini memberikan tampilan formal yang memukau. Desain outdoor ini memperlihatkan rasa nyaman pada lanskap tidak sekedar keasrian dari berbagai tanamannya, namun juga tata letaknya yang memberikan kenyamanan visual ketika dilihat dari ketinggian ataupun sudut tertentu.

lanskap depan rumah via homedit

Menata halaman depan rumah merupakan salah satu hal yang penting. Bagian depan rumah merupakan wajah yang mencerminkan pemilik hunian, maka dari itu harus didesain dengan baik dan juga memberikan kesan ramah untuk tamunya. Tidak hanya tanaman saja, area penutup tanah seperti paving blok juga perlu diperhatikan agar rumah terlihat lebih rapi dan juga indah. 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter