article / Kitchen / Meja makan dan tanaman, perpaduan unik yang minim peminat
09 Juni 2019 406 Views

Meja makan dan tanaman, perpaduan unik yang minim peminat

Banyak orang menyukai jenis tanaman maupun ragam meja makan dengan desain dan suasana yang berbeda-beda. Memilih perabot ruang makan akan membantu membentuk suasana yang diinginkan, memperluas dan mempermudah akses penghuni. Sedangkan tanaman di dalam pot selalu diletakkan diluar rumah karena ada beberapa alasan tertentu. Jika kedua elemen desain tersebut digabung, akankah memberi kesan desain yang berbeda atau malah mengganggu kegiatan penghuni? mari menyimak ulasan di bawah.

sumber foto: homedesignlover.com

Desain pertama merujuk pada desain yang cenderung simpel, bersih, dan berwarna serba terang. Meja dengan konstruksi kayu berlapis kaca di bagian atas, membuat kesan ruang makan semakin bersih dan enak dipandang. Selain itu, bentuk dan warna kursi makan yang seragam dengan meja makan juga tampak rapi. Kombinasi tanaman terletak di pinggir meja berupa vast berwarna putih dengan tanaman perdu dan tanaman air adalah tips bagi penghuni yang tetap ingin memberi hiasan tanaman pada meja makan dan tidak mendominasi suasana dan aktivitas.

sumber foto: homedesignlover.com


Menuju desain ke dua adalah meja makan berbentuk bundar dan dikelilingi kursi makan berwarna putih dengan konstruksi kayu. Meja makan bundar tersebut bermaterial kayu dengan finishing kayu laminasi agar lebih mudah untuk dibersihkan. Tidak ada yang nyentrik dari bentuk maupun konstruksi meja tersebut, simpel dan fungsional. Variasi tanaman terletak di tengah meja yaitu berupa pot bundar pipih yang ditanami anggrek. Anggrek adalah salah satu tanaman bunga yang mudah dirawat di dalam ruangan dan dapat menggunakan media tanam selain tanah yang bisa jadi mengotori meja makan dan menimbulkan bau. Jika ingin meletakkan pot tanaman dan perawatan pohon yang relatif mudah, mungkin anggrek adalah salah satu pilihan tepat karena berbagai macam warna bunga yang dihasilkan. selamat mencoba.

sumber foto: homedesignlover.com

Referensi desain selanjutnya lebih cenderung ke arah tropical vibe dengan sedikit sentuhan minimalis. Desain kali ini lebih ke tipikal rumah tropis di Indonesia. Meja makan panjang berwarna putih berfinishing putih glossy senada dengan tema sekitar ruangan, sedangkan kursi kayu bernuansa klasik juga memberi kesan homie. Kombinasi meja dan layout zona makan di atas sangat simpel, spasial, dan fungsional. Masuk di bagian vegetasi, tersedia beberapa pohon perdu dan pohon dollar yang ditanam di pot mini berbentuk kotak dan persegi panjang. Overall, desain ruang makan tersebut berkesan asri dan minimal. 


 sumber foto: homedesignlover.com

Desain selanjutnya memakai kombinasi material dan gaya desain yang kompleks dari pada sebelumnya. Meja panjang tersebut bermaterial marmer berwarna putih bersih dengan konstruksi kaki-kaki berwarna gelap. Dikombinasikan dengan kursi makan berukuran cukup besar dan sangat formal, menimbulkan kesan mewah yang sedikit berlebihan untuk sekedar ruang makan. Tanaman yang digunakan dan ditanam di dalam pot juga cukup unik, yaitu segundukan lumut yang dibentuk seperti bukit-bukit. Tentu saja, lumut hanya membutuhkan perawatan sesekali saja. Kekurangan tanaman lumut adalah tidak semua orang betah melihatnya ketika sedang menyantap hidangan.


sumber foto: homedesignlover.com

Menuju pada ulasan desain terakhir adalah konsep desain paling homie diantara desain-desain sebelumnya. Desain meja kursi bermaterial kayu tersebut cenderung memberi kesan santai dan jauh dari kesan formal. Kursi kayu simpel dan berwarna cerah, dengan meja ber material besi. Peletakan pohon Biola Cantik pada sudut ruang mempermanis suasana karena karakteristik daun Biola Cantik yang lebar, berwarna hijau pekat, dan tidak mudah rontok. Di atas meja juga diletakkan pohon perdu yang mudah dipelihara dan bertajuk kecil agar tidak memakan ruang dan mengganggu aktivitas di sekitar meja makan. Selain itu, penempatan meja makan yang berada di dekat pintu kaca, semakin mendukung elemen-elemen desain yang telah ditata rapi. 

Jangan ragu untuk meletakkan tanaman untuk mempercantik ruang makan. Jika mengalami kesulitan dan takut karena membutuhkan maintain berkala, pilihlah jenis pohon yang tidak mudah mati dan tidak membutuhkan ruang yang banyak dan pertumbuhan yang lambat. Selamat mencoba.

 

 

 


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Mohammad Rifki Syahwidhie
Lulusan Arsitektur yang sedang menekuni pekerjaan desain hunian/bangunan komersil/interior/eksterior/taman/2D/3D/rendering 2D&3D sebagai freelancer.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter