article / Home Decor / 8 Tips Mendekor Ruang di Dalam Rumah Agar Terasa Luas dan Terang
10 April 2018 2K Views

8 Tips Mendekor Ruang di Dalam Rumah Agar Terasa Luas dan Terang

Untuk mereka yang tinggal di sebuah kos atau rumah dengan ukuran ruang yang kecil tentunya terkadang ada perasaan sesak ataupun sempit. Namun berbagai ruangan yang berukuran kecil tersebut bisa saja diakali menjadi tampak luas dengan berbagai cara. Tidak hanya tampak lapang, ruangan pun perlu nyaman dan dapat digunakan dengan baik oleh penghuninya. Berikut beberapa tips agar kamar atau ruangan dalam rumah terasa lebih lapang.

1. Dekorasi Ruangan dengan Warna Cerah

ruangan warna terang via residencestyle

Dinding berwarna cerah atau terang tentunya akan memantulkan cahaya di dalam ruangan. Selain itu juga warna cerah akan memberikan tampilan yang lapang karena dapat memperluas ruangan secara visual. Tidak hanya pada dinding saja, tirai ataupun berbagai furniture di dalam ruangan juga perlu didekor dengan warna cerah atau sesuai dengan ruangannya.

2. Biarkan Cahaya Matahari Masuk

cahaya alami dari luar menerangi ruangan via homedit

Di dalam ruangan yang sempit, tetap diperlukan cahaya alami masuk ke dalamnya. Selain membuat kamar lebih terang, panas dari matahari akan membuat ruangan terasa hangat dan segar. Hal ini dibutuhkan agar ruangan juga tidak lembab. Maka dari itu sangat baik jika ruangan memiliki jendela untuk sirkulasi.

3. Gunakan Smart-Furniture


meja multifungsi via technologyreviews24

Furniture dengan berbagai macam kegunaan akan sangat dibutuhkan di ruangan berukuran kecil. Dengan tidak banyak terdapat furniture di dalam kamar, maka akan lebih banyak ruang bebas di dalam kamar. Furniture yang dapat dilipat atau ditumpuk juga menjadi pilihan untuk ruangan kecil. Tidak hanya itu saja, singkirkan furniture yang tidak dipakai atau hanya memenuhi ruang dalam kamar sehingga kamar tidak sumpek.

4. Letakkan Cermin dalam Ruangan

cermin di ruang tamu via houzz


Sebuah cermin tentunya akan membuat kamar ataupun ruangan terasa lebih luas. Hal ini dikarenakan pantulan gambar dari cermin memperlihatkan seisi ruangan sehingga memperluas pandangan ketika melihat ke arah cermin. Ruangan yang tadinya kecil terlihat menjadi lebih lebar dan luas.

5. Perletakkan Furniture

penataan furniture di kamar tidur via pinterest

Tidak semua furniture akan baik diletakkan mepet dengan dinding. Adapun beberapa perletakkan di tengah atau di sudut tertentu akan menciptakan ruang terbuka dalam kamar sehingga terasa lebih luas. Bentuk dari furniture tentu akan mempengaruhi perletakkan yang sesuai dalam ruangan. Jangan sampai ada ruang dalam kamar yang terbuang dengan sia-sia.

6. Pola Lantai Ruangan


lantai kayu bergaris dan karpet berpola via homeaway

Pada penutup lantai, dapat digunakan karpet ataupun keramik dengan warna polos. Selain warna polos, pola bergaris atau gambaran kecil juga akan memberikan ilusi ruang yang luas. Pandangan mata pun akan merasakan ruangan yang lebih lebar dari tampilan sebelumnya.

7. Membuat Rak Memanjang Pada Dinding

rak terbuka di dinding via houzz

Rak terbuka memanjang yang dipasang sepanjang dinding membuat ruangan teraa lebih panjang. Selain dapat difungsikan dan menghemat ruang, rak yang terpasang di dinding meminimalkan ruang kosong terjadi. Pemanfaatan dinding bagian menengah ke atas menjadikan ruangan tidak terasa kosong.

8. Memasang Rak Buku Dari Lantai ke Langit-Langit

rak buku memanjang via pinterest

Salah satu trik membuat kamar terasa tinggi adalah dengan memasang rak buku dari lantai hingga ke langit-langit kamar. Hal ini dilakukan agar mengetahui seberapa tinggi langit-langit ruangannya. Tidak hanya itu saja, penataan buku di dalam rak pun juga perlu diperhatikan. Meletakkan buku sesuai dengan warna akan memberikan tampilan garis yang membuat ruangan terlihat ramping dan juga efisien.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter