article / Decoration / Mendaur Ulang Kembali Botol Kaca Sebagai Dinding Partisi
06 Januari 2019 2K Views

Mendaur Ulang Kembali Botol Kaca Sebagai Dinding Partisi


“Reusing” atau mendaur ulang kembali bahan bekas yaitu botol kaca untuk digunakan sebagai dinding partisi, Hah… botol kaca? apa nggak panas yah??? Jawabannya tidak karena memilih bahan yang berjenis kaca Rayban, jenis kaca ini lebih ramah lingkungan dibandingkan kaca biasa dan kita dapat menggunakan botol bekas minuman energi, seperti yang terangkan di awal botol kaca tersebut dapat digunakan sebagai dinding partisi atau sebagai pelapis dinding luar bangunan yang akan membuat rumah kamu menjadi lebih hemat energi pada pagi hingga siang hari, karena tidak perlu lagi menyalakan lampu untuk penerangan dan secara otomatis menyeimbangkan kondisi udara bangunan dengan adanya celah antara susunan botol menjadikan udara masuk melalui celah diantara susunan botol tersebut. Solusi ini sangatlah ramah lingkungan, karena seperti kita ketahui sampah yang berbahan dasar kaca sangat susah dan lama dalam penguraiannya. It is amazing idea!


Copyright by 2016 fellixstywn picture

                     
Copyright by 2016 fellixstywn picture

Untuk masalah perawatannya cukup mudah, hanya dengan menggunakan cairan pembersih kaca saja sudah bisa kok membuat permukaannya kinclong kembali heheh... sesekali juga bisa menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan bagian celah-celah antar botol (celah masuknya udara) yang agak sulit dijangkau oleh tangan manusia.

                                                         
Copyright by 2016 fellixstywn picture

Dan sepertinya jika kita menggunakan bahan daur ulang seperti botol kaca ini sebagai  dinding partisi akan mengurangi biaya pengeluaran untuk membeli batu bata, semen dan pasir, dengan menggunakan botol ini pada bagian luar bangunan kamu maka bangunan kamu akan terlihat lebih unik dibandingkan bangunan biasa lainnya. Ide dan penggagas rumah botol ini adalah seorang Walikota Bandung loh yaitu bapak Ridwan Kamil, rumah beliau ini sudah menyabet penghargaan “Green Design Award 2009 Building Construction Information Asia” dengan menyingkirkan lebih dari delapan puluh peserta dari delapan negara di Asia. Wah keren banget yah...

Yuk gunakan bahan daur ulang untuk membuat tempat tinggal yang nyaman dan ramah lingkungan, sekaligus menjaga agar bumi kita tetap terjaga dari bahaya Global Warming  sehatkan kembali bumi kita. Apakah kamu tertarik untuk menerapkannya pada rumah mu ???
Copyright by 2016 fellixstywn picture


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
An der University of Technology Yogyakarta in architektur mit einem fokus auf landschaft und dem geist des schreibens und lebens als architekt mit dem wunsch, durch lesen und gestalten ein fenster zur welt zu öffnen

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter