article / Bedroom / Beberapa Tips Untuk Kamu Perantauan yang Ingin Membuat Kamar Kost Terasa Lebih Nyaman dan Juga Luas!
11 April 2018 264 Views

Beberapa Tips Untuk Kamu Perantauan yang Ingin Membuat Kamar Kost Terasa Lebih Nyaman dan Juga Luas!

Beberapa pelajar dan juga mahasiswa berbondong-bondong merantau untuk mengejar pendidikannya. Dari berbagai pulau bahkan adapun yang sampai ke negara lain. Tentunya selain jauh dari keluarga dan harus menghemat keperluan sehari-hari, beberapa dari mereka pun mencari hunian sementara dengan ukuran yang tidak cukup besar untuk menghemat pengeluaran. Kamar kos kecil tentu harus ditata sebaik mungkin agar terasa nyaman dihuni. Berikut beberapa tips pemilihan dan penataan dekorasi serta furniture di dalam kamar kos agar lebih nyaman ditinggali selama masa pendidikanmu.

1. Warna Dinding Kamar

pinterest

Warna dinding menjadi hal yang sangat mendasar dalam mendekorasi sebuah ruangan. Untuk kamar yang tidak terlalu besar tentu dapat dihiasi dengan warna terang. Selain itu, warna terang akan memberikan suasana ruang yang bersih dan juga rapi. Tambahkan aksen warna lainnya baik pada dinding atau furniture yang memberikan suasana segar dan semangat di dalam kamar. Jika mengecat cukup merepotkan, pemasangan wallpaper pun juga dapat dilakukan.

2. Tata Tempat Tidur di dalam Kamar

pinterest

Tempat tidur menjadi perabotan utama di dalam kamar. Agar tetap nyaman, tempat tidur ini dapat diletakkan pada sisi dinding kamar. Hal ini karena kamar tidak terlalu besar sehingga perabotan harus disesuaikan. Letakkan pada area yang tidak menghalangi pintu masuk dalam kamar dan efisien untuk perabotan lainnya. Adapun penggunaan kasur bertingkat untuk mereka yang tinggal di dalam kos bersama temannya atau untuk menghemat ruang agar bagian bawah tempat tidurnya dapat digunakan sebagai area belajar atau bersantai.

3. Perletakkan dan Pemilihan Meja Belajar


pinterest

Meja belajar merupakan salah satu perabotan penting untuk pelajar dan mahasiswa. Meja belajar ini sendiri dapat dipilih yang simple atau tidak memakan tempat. Ukuran meja tidak perlu panjang yang penting harus nyaman untuk seseorang untuk melakukan kegiatan belajarnya di meja ini.

4. Rak Buku Menggantung di Dinding

gearog.info


Buku menjadi salah satu kebutuhan pelajar. Maka dari itu diperlukan rak buku yang dapat menyimpan buku secara rapi dan teratur di dalam kamar. Namun rak buku yang terlalu besar akan sangat mengganggu di dalam ruangan sehingga salah satu cara menghemat ruang adalah dengan membuat rak yang menggantung di dinding. Rak ini dapat didesain pada bagian atas meja belajar ataupun area lainnya yang mudah dijangkau namun tidak menghabiskan ruangan terlalu banyak

5. Almari Pakaian

soartech-aero

Berbagai jenis pakaian dari yang formal hingga kasual tentunya dibutuhkan oleh pelajar rantauan ini. Tempat penyimpanan di dalam kamar juga dapat dilakukan dengan membeli almari yang tidak terlalu besar atau almari pakaian yang sudah tergabung pada kerangka tempat tidurnya. Letakkan almari pada bagian yang tidak bikin ruangan terasa sumpek seperti di sudut ruangan. Gunakan almari yang ramping. Jika lebar, almari dengan pintu geser dapat menjadi pilihan dalam ruangan.

6. Pencahayaan Kamar


pinterest

Berbagai macam lampu juga diterapkan di dalam kamar dengan berbagai situasi. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas tidur dan juga belajar sehingga pencahayaan di dalam kamar harus terang dan nyaman. Untuk kamar dengan jendela, pemaksimalan cahaya akan sangat mempengaruhi suasana kamar. Berikan tirai berwarna cerah pada jendela agar cahaya matahari pagi dapat masuk ke dalam ruangan.

7. Perlengkapan Elektronik

home-designing

Kamar kos juga tidak lepas dari beberapa barang elektronik untuk hiburan ataupun memasak. Seperti halnya tv dan juga penanak nasi menjadi barang yang sering ditemui di kamar kos. Untuk televisi, pilihlah televisi flat sehingga tidak memakan banyak ruang di dalam kamar. Sedangkan untuk alat penanak nasi pilihlah yang berukuran kecil karena hanya digunakan untuk diri sendiri. Alat elektronik berukuran kecil akan mudah disimpan dalam kamar seperti di atas almari atau rak. Untuk televisi bisa dipasangkan pada dinding kamar.

8. Dekorasi Dalam Kamar

pinterest

Untuk dekorasi dalam kamar dapat meletakkan tanaman hijau yang aman di dalam ruangan. Adapun foto atau notes yang ditempelkan pada dinding untuk memeriahkan ruangan dan pengingat jadwal sekolah atau kuliah. Gunakan dekorasi yang tidak hanya mempercantik ruangan namun juga membuat nyaman dan memiliki fungsi di dalam kamar hunian kos.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter