article / Home Decor / Mendekor Rumah Hunian Dengan Pendekatan Konsep Ala Feng Shui
13 Juni 2017 227 Views

Mendekor Rumah Hunian Dengan Pendekatan Konsep Ala Feng Shui

Feng shui merupakan ilmu topografi kuno dari Cina yang mempercayai bahwa manusia, astronomi, dan geografi dapat hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki kehidupan dengan menerima Qi positif. Qi sendiri merupakan energi yang tak terlihat dihasilkan oleh alam. Ilmu ini banyak berfungsi untuk memperhitungkan kondisi bangunan dengan alam ataupun benda yang dipercaya mendatangkan keberuntungan dan kesejahteraan bagi yang menggunakan.

Dalam mendesain rumah ataupun bangunan pun menurut fengshui ada dua hal penting yang perlu diperhatikan yaitu Xiang (arah hadap rumah) dan Shan (arah duduk rumah). Ketika kita sudah mengetahui arah hadap dan duduk rumah melalui kompas feng shui, maka kita bisa menentukan lokasi atau zona bauk atau buruk dalam rumah. Berikut adalah cara mendesain rumah dengan mengaplikasikan feng shui pada ruang dalamnya.

1. Singkirkan barang yang tidak dibutuhkan

https://id.pinterest.com

Jika di rumahmu terdapat barang-barang yang tidak dibutuhkan atau tidak kamu sukai, singkirkan hal tersebut. Tentunya membersihkan dan merapikan barang-barang di rumah membutuhkan waktu dan energy yang banyak sehingga akan melelahkan. Akan tetapi hal ini baik untuk membuat ruang yang lebih lapang dalam rumah. Tahap ini merupakan  tahapan penting untuk menciptakan keharmonisan dalam rumah.

2. Pemaksimalan bukaan untuk pencahayaan dan udara yang baik

https://id.pinterest.com

Cahaya dan udara merupakan dua elemen penting untuk Chi (energy feng shui) dalam rumah. Dengan jendela ataupun ventilasi yang sering dibiarkan terbuka akan membantu membersihkan udara dengan bantuan dari tanaman di luar rumah. Maksimalkan pemasukan cahaya ke dalam rumah sehingga ruang dalam tampak lebih terang dan tidak sumpek.

3. Tentukan peta energimu

https://www.thespruce.com

Tentukan letak peta energi di rumahmu dengan dua metode yaitu secara klasik dan btb grid. Pilihlah salah satu metode saja jangan menggunakan keduanya sekaligus.

Pada cara klasik terdapat pembacaan menggunakan kompas feng shui untuk menentukan arah. Sedangkan pada btb grid adalah dengan membagi layout rumah dalam sembilan kotakan yang sama lalu menentukan letak utama rumah dalam gris tersebut. Kesembilan kotakan tersebut merepresentasikan yin dan yang.

Seperti yang sudah dibahas di awal, peta energi ini dilakukan untuk mendapatkan Xiang dan Shan rumah sehingga dapat ditentukan letak ruangan yang baik dalam rumah.

4. Manfaatkan lima elemen dasar feng shui

http://www.freshpalace.com

Untuk menciptakan keseimbangan energi segala area dalam rumah, perlu menggunakan lima elemen utama feng shui. Lima elemen tersebut adalah api, tanah, air, metal, dan kayu. Misalnya jika kamu lebih menginginkan kemakmuran masuk ke dalam rumah, elemen kayu dan air cocok diletakkan di area tenggara pada rumah. Jika dirimu ingin meningkatkan kesehatan, kamu akan meletakkan elemen kayu seperti tanaman atau furniture kayu pada bagian timur.

5. Temukan elemen lahir menurut Feng Shui

http://www.hgtv.com

Ketika dirimu sudah mengetahui elemen lahirmu, kamu dapat mendesain rumah yang mendukung dan memperkuat elemenmu. Semisalnya jika elemenmu adalah api, kamu perlu mendesain rumah dengan merepresentasikan elemen tersebut seperti penggunaan warna merah, oranye, ungu, magenta, pink, kuning yang sesuai dengan warna api. Adapun bentuknya yang juga menyesuaikan seperti bentuk segitiga. Selain itu kamu juga perlu menambahkan elemen kayu yang kuat dalam rumah karena elemen api makin kuat disandingkan dengan kayu.

6. Temukan nomor Kua dan arah keberuntungan

https://id.pinterest.com

Nomor kua adalah nomor keberuntungan yang akan menentukan arah perletakkan berbagai ruang yang akan menguntungkanmu. Perletakkan tempat tidur, meja, toilet dipengaruhi oleh arah mata angin yang sesuai dengan kua kita. Contohnya orang dengan nomor kua 1, 3, 5, 7, 9 akan lebih dominan ke arah timur, sedangkan 2, 4, 6, 8 akan lebih baik ke arah barat.

7. Waspadai berbagai energi dalam rumah

https://id.pinterest.com

Energi yang dimiliki setiap barang akan mempengaruhi berbagai macam kehidupanmu. Perhatikan energy feng shui yang berhubungan dengan kesehatan seperti perletakkan kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Gunakan pengetahuan tentang feng shui dengan bijak untuk memperoleh kemakmuran, keberuntungan dalam hidup.

Tujuh hal tersebut hanyalah hal mendasar dalam mendesain rumah atau bangunan ala feng shui. Akan tetapi masih banyak hal lainnya jika ingin memperdalam ilmu feng shui. Namun untuk kamu yang baru mencoba mendekor dengan konsep ini lakukanlah dengan menyenangkan dan nikmati setiap proses yang berlangsung!

sumber: Feng shui Decor

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment