article / Building / MKK House: Rumah Unik dengan Vegetasi Alam yang Bikin Rumah Jadi Adem
18 Desember 2017 604 Views

MKK House: Rumah Unik dengan Vegetasi Alam yang Bikin Rumah Jadi Adem

Rumah dua tingkat ini merupakan rumah yang berlokasi di Gavea, Brazil. Dengan luas area 503 meter persegi, Luiz Gaudenzi bersama dengan Anelice Lober berhasil mendesain rumah dengan lanskapnya menjadi sangat indah dan menarik.

Proyek pembangunan rumah tahun 2015 ini merupakan rumah hunian pasangan muda yang memiliki anak perempuan yang masih kecil. Dengan ukuran plot lahan 10m x 33 m, rumah ini disajikan dengan area luar terbuka yang cukup besar. Berbagai tanaman hijau menghiasi berbagai area bangunan, baik dari halaman, dinding, hingga atap bangunan dipenuhi dengan penghijauan.

Pada bagian depan rumah yang menghadap ke jalan utama ini memiliki kesan yang tertutup. Bagian depan dihiasi dengan rolling door panjang dan pintu berwarna abu-abu. Keseluruhan dinding rumah dilengkapi dengan warna netral abu-abu tersebut. Akan tetapi pada bagian atap garasi dan sekeliling dinding rumahnya dihiasi dengan tanaman hijau rambat dan juga pepohonan. Material kayu pun tampak pada kerangka dan daun jendelanya.

Pada lantai dasar terdapat area servis dan juga berkumpul keluarga. Ketika masuk ke dalam rumah, pengunjung akan langsung dihadapkan pada area garasi kendaraan di sebelah kiri dan area mudroom di sebelah kanannya. Setelah melalui jalan masuk setapak itu, maka ruangan selanjutnya adalah ruang keluarga beserta dengan ruang makan.


Ruang keluarga dan juga sebagai ruang tamu, dilengkapi dengan sofa empuk yang disusun nyaman dengan layar tv lcd dihadapannya. Keluarga dapat berbincang dan bersenda gurau bersama di ruangan yang cukup luas ini. Pada dinding ruangan ini dilengkapi dengan rak buku terbuka dan juga hiasan seperti lukisan dan berbagai pajangan. Rak didesain tidak hanya pada ketinggian manusia saja namun juga pada area yang lebih tinggi lagi sehingga didesainlah tangga yang tersambung pada rak tersebut. Ketinggian tersebut dapat tercipta karena area ini termasuk bagian void sehingga memiliki langit-langit yang cukup tinggi hingga ke lantai duanya.

Ruang keluarga ini merupakan bagian pusat dari keseluruhan rumah. Terdapat pintu kaca yang lebar menuju ke halaman luar rumah. Ruangan juga terhubung dengan area servis seperti dapur dan juga ruang penyimpanan melalui pintu yang tepat berada di depan meja makan dan toilet.


Pada bagian outdoor ruangan, tepatnya di halaman tengah rumah tersedia area beranda santai yang juga tersedia hammock serta sofa besar untuk tiduran. Area ini juga terhubung langsung dengan dapur yang dilengkapi dengan jendela kaca disekitarnya. Tiang kolom penyangga lantai atasnya dihiasi dengan tanaman rambat sehingga tampak lebih menyatu dengan alam.

Lalu pada sisi lainnya dapat dilihat di area lantai marmer, terdapat meja dan kursi piknik. Tempat ini bisa menjadi ruang makan bersama dengan suasana alam. Tentunya akan lebih menyegarkan suasana sarapan di pagi hari dan juga romantis pada malam harinya. Pada area ini juga terdapat tangga melingkar menuju ruang kerja pemilik rumah dan tangga servis di bagian belakang rumah.


Kolam renang memanjang yang dikelilingi tanaman pada bagian dinding dan juga rerumputan ini bisa menjadi area refreshing. Rumah ini tidak hanya difasilitasi kolam saja namun juga sauna serta area shower dan kamar mandi di area belakang. Bisa dibilang rumah ini terbagi menjadi tiga area yaitu area keluarga, servis dan juga area rekreasi yang berada di bagian belakang rumah.

Rumah dengan dua massa bangunan ini menunjukkan dengan jelas zona publik dan privat pada hunian. Pada lantai duanya massa bangunan depan difungsikan sebagai ruang belajar dan bermain anak dan juga kamar tidur utama yang disertai dengan walking closet dan kamar anak di samping ruang belajar. Sedangkan di massa bangunan lainnya terdapat ruang kerja yang terpisah dengan kamar tidur pekerja rumah tangga.

Lantai atas bangunan hanya memfungsikan sebagian areanya karena pada bagian tengah, desain lebih memberikan ruang gerak yang luas pada ruang tamu dibawahnya dengan adanya void. Sehingga ruangan terasa lebih luas dan juga udara pun dapat bersirkulasi dengan baik di dalam ruangan.

Pencahayaan alami menjadi hal yang penting di dalam rumah. Terlihat dari banyaknya jendela dan bukaan yang terdapat di rumah ini. Penggunaan material juga menjadi hal yang berpengaruh pada pencahayaan. Penggunaan cat warna putih di dalam rumah juga membantu memantulkan cahaya sehingga setiap sudut rumah dapat ternaungi cahaya. Adanya vegetasi juga menjadi bagian penting dalam rumah yang menyejukkan udara rumah dan membuat rumah lebih teduh.

sumber: MKK house


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter