article / Landscape / Desain Halaman Belakang Rumah yang Patut Kamu Tiru! Bikin Rumah Kamu Jadi Lebih Cantik dan Fresh
09 November 2017 1K Views

Desain Halaman Belakang Rumah yang Patut Kamu Tiru! Bikin Rumah Kamu Jadi Lebih Cantik dan Fresh

Memiliki desain lanskap outdoor yang baik tentunya akan berpengaruh positif pula untuk pemilik rumah. Untuk mereka yang menyukai alam dan arsitektur tentunya desain ini menjadi penting. Mendesain lanskap tidak hanya sebagai tempat observasi saja namun juga digunakan untuk menikmati pemandangan alam yang ditawarkan oleh rumahmu. Tempat yang dipenuhi penghijauan tentunya akan cocok untuk relaksasi dan refreshing dari kepenatan aktivitas sehari-hari.

Mendesain lanskap dengan gaya modern, tentunya perlu memperhatikan beberapa hal. Lokasi tempat membuat desain tentunya akan mempengaruhi. Jika lanskap yang ingin didesain adalah halaman depan rumah maka desain harus menghadirkan suasana "welcoming" dan sesuai dengan eksterior rumahnya sehingga saling melengkapi. Namun akan berbeda untuk lanskap halaman belakang rumah. Pada halaman belakang, lanskap perlu didesain nyaman sehingga cocok untuk relaksasi dan berkumpul bersama. Desainnya pun harus dipastikan tidak membuat orang didalamnya terasa sumpek ataupun sempit.

Berikut adalah beberapa inspirasi desain lanskap halaman belakang dengan gaya modern yang tentunya membantu dalam mendesain halaman belakang rumahmu.

1. Lake Neighborhood, San Fransisco

Lake district, residence

Halaman belakang untuk rumah ini didesain dengan memikirkan kegunaannya. Bagi pemilik rumah yang memiliki anak berumur 3 tahun dan 9 bulan, halaman didesain untuk tumbuh kembang anak. Adanya area bermain terbuka menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan anak. Desain yang playful diterapkan dengan mendesain rerumputan berundak yang simple dan juga modern. Area rerumputan dapat digunakan untuk bermain dengan aman oleh anak-anak. Selain itu juga terdapat lounge dan bangku tempat orang tua dapat bersantai ataupun mengawasi anaknya bermain.

2. Free Pit and Spa, Willow Springs

Willow springs

Rumah huni yang berlokasi di Utara California ini berlokasi di area pinggiran kota, puncak bukit dengan pemandangan alam perbukitan. Halaman belakang rumah ini didesain dengan memaksimalkan area bukaan dan memberikan image yang lebih modern. Berbagai elemen outdoor ditampilkan pada halaman ini. Tidak hanya rerumputan dan tumbuhan, elemen air pun melengkapinya. Terdapat kolam spa yang diletakkan di dekat batas tembok terluar halaman. Area ini juga didesain dengan patio serta area bersantai, dapur outdoor, jalan setapak, dan juga air mancur mini.

3. Park Orchard


Park orchard backyard

Desain dari halaman belakang satu ini terlihat harmonis dengan bentukan massa bangunannya. Bentukan rigid massanya diterapkan pula pada area paving bebatuan dan kolam renangnya. Terasa rapi dan teratur. Tidak hanya itu saja, bahkan area rerumputan dan semak-semak ditanam dengan baik. Jika di area rerumputannya dilengkapi dengan kursi santai, ada pula tempat untuk berkumpul ataupun makan bersama sambil menikmati area outdoor ini di deck rumahnya yang menghadap langsung ke arah kolam.

4. The Duke

The duke

Pendekatan modern pada taman di halaman belakan rumah ini terlihat cantik dan natural. Pagar papan kayu diberikan agar area ini tetap terasa privat. Adanya deck pada area ini menunjukkan pembagian ruang. Selain adanya leveling, adanya tanaman semak menjadi pembatas area relaksasi dan area berkumpul. Kolam spa kecil cukup untuk menenangkan diri ketika lelah seharian bekerja.


5. A house in Ra'anana

rumah di Ra'anana

Jika memiliki lahan yang memanjang dan luas seperti rumah satu ini, kolam memanjang bisa menjadi daya tarik pada desain. Kolamnya ditinggikan sehingga memberikan kesan yang eksklusif. Pepohonan rindang yang ditumbuh di kanan kiri kolam memberikan kesejukan dan ketentraman di halaman ini. Perpaduan deck kayu pun menjadi estetika dipadukan dengan keseluruhan elemen di halaman belakang ini.

6. Kensington Contemporary

The Rhee Home


Halaman belakang rumah Rhee di Sang Diego ini menunjukkan tempat yang cocok untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Permintaan pemilik rumah yang ingin merasakan bagian outdoor dan indoor yang tersamarkan diwujudkan dengan adanya area outdoor dilengkapi dengan area deck, perapian, fitur air mengalir, dan bangku yang terintegrasi. Bangku diletakkan melingkupi perapian sehingga area ini akan memberikan kehangatan pada orang disekitarnya.

7. Caulfield North

caulfield north backyard

Deck, kolam, dan perapian memang tidak pernah lepas dari desain halaman belakang dikebanyakan rumah. Pada halaman belakang rumah ini, kolam dan deck berada di ketinggian lantai yang sama dengan rumahnya. Sedangkan taman dan perapian berada lebih bawahnya. Uniknya pada bagian perapian didesain menojorok beberapa centi ke bawah dari lantai pavingnya. Hal ini membuat lantai dapat dijadikan area duduk bersantai sambil menghangatkan diri.

8. Cube²

Cube2

Taman area belakang rumah satu ini benar-benar memiliki desain yang modern dipadukan dengan tanaman dan memberikan ruang terbuka namun privat. Menjadikan area ini lanskap yang cantik untuk duduk dan menikmati makanan bersama teman ataupun keluarga dengan suasana taman yang subur. Area ini juga memberikan kesempatan orang di dalamnya untuk berinteraksi lebih personal. Desain kotakan kayu dengan paving permukaannya serasi dan harmonis.

9. Toorak Residence

Toorak Residence

Desain halaman belakang dari Jack Merlo bekerjasama dengan Catt Architects ini berhasil mengaburkan garis luar dan dalam rumah. Modern dan juga tertata rapi terlihat jelas di rumah ini. Kolam dikelilingi langsung oleh paving lantai bebatuan. Lantai kolamnya didesain lebih gelap sehingga menampilkan warna kolam yang terlihat elegan. Tanaman dan pepohonan didesain simple mengelilingi halaman ini. Adanya tanaman gardenia dan melati memberikan aroma yang sedap.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter