article / Baby and Kids / Penuh Kreativitas dan Imajinasi, Jadikan Berbagai Desain Ini Inspirasi Untuk Kamar Anak
24 April 2017 405 Views

Penuh Kreativitas dan Imajinasi, Jadikan Berbagai Desain Ini Inspirasi Untuk Kamar Anak

Anak-anak tidak akan lepas dari masa kecil yang penuh dengan imajinasi. Belajar sambil bermain dengan gerak aktif, tentunya membutuhkan ruang yang berperan aktif. Kamar tidur anak merupakan ruang utama untuk anak-anak beristirahat, belajar dan juga bermain. Maka dari itu penting untuk didesain sebaik mungkin agar anak lebih senang untuk beraktifitas di kamarnya. Tidak hanya sekedar pewarnaan ruang, namun juga bentuk dan furniture-nya akan mempengaruhi desain kamar anak.

Wide and Bright

http://www.home-designing.com

Kamar anak di lantai atas dapat didesain dengan menarik. Tidak hanya sebagai kamar tidur, ruangan yang cukup luas juga dapat digunakan sebagai ruang bermain. Pencahayaan yang cukup serta pemilihan material pada ruang seperti kayu akan memberikan ruang yang terang dan juga hangat. Adanya berbagai permainan menarik yang mengolah otak dan juga jiwa petualangan anak akan memberikan nilai lebih pada kamar.

More Colors

http://www.houzz.com/

Ketika melihat desain yang satu ini mungkin kamu berpikir ada kesamaan dengan desain sebelumnya yaitu dari letak ruang dan juga tenda dalam kamar. Tapi desain yang satu ini dibuat lebih bernuansa ceria. Dengan berbagai warna yang digunakan pada ruang akan memberikan kegirangan tersendiri. Adanya ayunan kecil pun memberikan kesempatan anak untuk lebih aktif.

Vehicle Toys

http://www.decoist.com/

Anak laki-laki akan cenderung dengan mainan kendaraan seperti pada gambar. Entah itu mobil atau pesawat mainan, anak-anak akan tertarik dengan hal tersebut. Dengan memberikan hiasan gantung berupa pesawat di atas tempat tidur anak akan membuatnya lebih bahagia. Ditambah pula dengan gambar lukisan yang sesuai di dindingnya. Tentunya setiap anak punya selera dan hobinya masing-masing jadi ketahui dulu minatnya dan kamu bisa mendesain kamar seperti gambar di atas.

Sailorman

http://www.master-service.ru

Untuk mereka yang menyukai kapal, kamu bisa mendesain kamar anak dengan bentukan seperti pada gambar. Tidak hanya sekedar ornamen berbentuk ujung kapal, namun juga pewarnaan dan furniture pada kamar disesuaikan dengan tema. Bahkan jendela pada partisi pemisah tempat tidur anak pun dibuat sesuai dengan jendela pada kapal.

Mix Material

http://www.houseandgarden.co.uk

Dengan mengekspos pipa dan dinding, kamar anak juga dapat dibuat menarik. Ditambahkan dengan bentukan kasur menyerupai tenda, sangat atraktif dan terkesan seperti kembali ke alam. Terlihat vintage dan modern sekaligus.

Cars Bed

http://www.boredpanda.com

Salah satu desain yang cukup sering diterapkan pada kamar adalah tempat tidur dengan bentukan yang unik. Pada desain ini, tidak hanya bentukan tempat tidur saja yang unik, namun juga ruang di atas tempat tidur yang dapat digunakan anak untukk bermain. Membuat anak lebih aktif saat bermain.

Basketball Theme

http://www.boredpanda.com

Untuk anak yang sporty, desain yang satu ini dijamin cocok. Dengan tema bola basket, pemberian ring basket pada kamar serta elemen lantai yang menyerupai lapangan indoor basket. Warna oranye yang cukup kentara juga menghiasi ruangan ini. Tidak lupa juga dengan partisi pembatas yang berupa jaring-jaring. Tidak hanya tema bola basket saja, kamu bisa menerapkan tema olahraga lainnya untuk membangkitkan semangat anak berolahraga.

Around the World

http://www.decoist.com

Tema kamar satu ini sudah dapat terlihat jelas yaitu berlayar. Seperti Colombus yang berlayar mengelilingi dunia, tema kamar ini dapat membangkitkan jiwa petualangan anak. Dengan background peta dunia pada dinding, miniatur kapal, dan berbagai furniture menarik lainnya. Warna biru laut juga memperindah ruangan ini.

Cute with All Pink

http://www.houseandgarden.co.uk

Serba merah muda dan hiasan bunga pada kamar, terlihat cantik dan cocok untuk anak perempuan. Tidak hanya keseluruhan warna ruang, area tempat tidur yang dibuat seperti sebuah rumah dilengkapi pintu dan jendela seakan-akan sedang berada di dalam istana mini. Ditambah pula wahana persotan mengambil peranan ceria dan enerjik untuk anak.

Alice in Wonderland

http://www.boredpanda.com

Anak-anak tentunya masih suka menonton film kartun yang akan memberikan bayangan imajinasi lebih pada mereka. Salah satunya ada film alice in wonderland. Terkadang anak akan menganggap dirinya seperti Alice dan bermain dengan boneka-bonekanya. Desain kamar dengan ornamen menarik seperti pepohonan, langit dan bintang, serta hal-hal lainnya yang memberikan kesan kamar seperti sedang berada di alam terbuka. Desain ini akan menambah daya kreatif dan imajinasi anak.

Moon and Miniature

http://www.architecturaldigest.com

Untuk kamar anak perempuan yang satu ini dihiasi dengan ornamen berbentuk bulan dan miniatur kursi pada rak di atas tempat tidurnya. Perpaduan pondok classic dan berbagai hiasan unik yang mempercantik ruang. Ditambah pula dengan berbagai foto keluarga yang akan memberikan sentuhan personal pada kamar.

Hide and Play

http://magpieandsquirrel.com

Fun dan playful merupakan hal yang harus diperhatikan untuk mendesain kamar anak. Dengan warna yang serba putih, kamar anak menjadi terlihat lebih luas dan bersih. Ditambahkan pula ruang menarik pada mezanin kamar berupa ruang tersembunyi. Anak-anak sangat suka berimajinasi dengan dunianya sendiri dan ingin memiliki ruang privasi yang atraktif. Penambahan ruang tersebut akan membuat anak lebih kreatif lagi untuk bermain dan belajar di kamar.

Music

https://www.amara.com/

Musik merupakan salah satu cara untuk mengembangkan otak kanan anak. Dengan desain seperti gambar di atas, anak akan merasa seperti bintang rock terkenal. Biarkan imajinasi itu mengalir dan dapat dikembangkan dengan berlatih alat musik. Dengan ornamen tulisan pada dinding yang dihiasi lampu kelap-kelip seperti berada di panggung konser.

Wood and Nature

http://www.architecturaldigest.com

Ruangan serba material kayu ini memberikan kesan seperti pondok di tengah hutan. Membangkitkan enerjik berpetualang dan juga memberikan kehangatan pada ruang. Kakak dan adik pun dapat lebih akrab di kamar tidur ini dengan bunk bed dan ruang yang cozy ini.

Learn and Play

http://www.houzz.com

Save the best for the last! Desain kamar anak satu ini dilengkapi dengan permainan yang membutuhkan keaktifan anak. Memanjat, merangkak dan aktifitas lainnya melatih fisik anak agar tetap fit dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Di kamar ini anak juga dapat bermain bersama teman-temannya. Selain bermain, anak juga dapat belajar bersama.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment