article / Porch / Percantik Area Depan Rumahmu dengan Desain Teras yang Menawan
03 Mei 2017 644 Views

Percantik Area Depan Rumahmu dengan Desain Teras yang Menawan

Tidak semua rumah mungkin memiliki area depan yang disebut teras. Namun ketika area ini ada di rumah, maka akan menjadi wajah dari keseluruhan rumah. Teras yang cantik akan menjadi kelebihan juga. Tamu yang berkunjung pun bisa terhibur di teras rumah. Meski begitu, teras juga bisa digunakan hanya sebagai area transisi dari luar rumah menuju ke dalamnya. Pastinya tampilan teras akan mempengaruhi eksterior rumah maka dari itu harus didesain dengan baik.

https://www.houzz.com

Teras yang dilingkup dengan jendela ini membuat kesan ruangan yang tertutup. Meski begitu ruangan dengan pencahayaan dan warna furniture yang kalem memberi kesan santai dan adem. Area ini pun bisa digunakan untuk area bermain anak. Aman, terang, dan tertutup sehingga anak tidak bisa sembarangan keluar ke jalanan depan rumah. Tentunya tetap harus diawasi ya ketika anak sedang bermain sendirian.

http://www.opaldesigngroup.com

Dengan dibatasi oleh pagar kayunya, teras menjadi bagian semi-terbuka di rumah ini. Sofa dan karpet dengan warna serasi memberikan warna mencolok di teras. Pemberian railing tirai di teras menguatkan kesan keruangan. Tanaman hias yang digantung menjadi elemen yang mempermanis ruangan.

http://www.elledecor.com

Teras yang beratapkan balkon rumah ini terlihat sangat modern dan megah karena ketinggian ruangnya. Sofa dan meja didesain minimalis sehingga saling melengkapi dengan bentukan pintu dan jendela di area ini. Lampu gantung di teras berasal dari era 1950an menambah keunikan ruangan.

http://www.housebeautiful.com

Ketika memiliki rumah yang menghadap pinggir laut, teras akan menjadi ruang yang penting untuk menikmati keindahan alam dari depan rumah. Dengan memadukan material kayu, anyaman, dan rotan ruangan jadi terasa lebih khas. Terkadang sebuah ruangan dalam rumah tidak harus didekorasi sama dengan ruangan lainnya. Dengan membuatnya berbeda, menjadikan ruangan terasa spesial dan tidak membosankan.

https://www.houzz.com

Teras pun bisa dijadikan tempat berkumpul dan bersantai bersama sambil menonton tv. Ditemani angin sepoi dari luar, kehangatan tetap tercapai dengan adanya pemanas ruangan. Desain teras ini mengingatkan kita tentang acara api unggun yang dilakukan saat berkemah.

http://www.housebeautiful.com

Atap teras yang berwarna hitam dan berbentuk fleksibel ini menambah kesan anggun dan gagah. Dinding putihnya saling memnguatkan warna dengan atapnya. Furniture yang digunakan sangat berbeda jauh dari kesan yang ditimbulkan dari material atapnya. Nyaman dan juga natural. Memberikan dua kesan yang bertolak belakang pada teras. Dingin sekaligus hangat.

http://www.housebeautiful.com

Ruangan dengan plafon yang tinggi menjadikannya lebih sejuk. Untuk mengurangi panas dari matahari, tirai diletakkan pada bukaan kolom teras. Warna krem yang digunakan pada tirai menambahkan sentuhan elegan yang halus. Bentukan teras dan diniding rumah mengingatkan kepada gaya rumah romawi.

http://www.elledecor.com

Jika ingin nuansa alami tapi tetap modern, desain ini bisa jadi inspirasi. Langit-langit yang menggantung berbahan kayu cedar merah menonjolkan ke kontrasan pada ruang. Ubin lantai terbuat dari material batu paras. Dicocokan pula dengan meja pada ruangan. Sedangkan material kayu setema dengan bangku panjangnya.

https://www.houzz.com

Meletakkan pot tanaman di teras bisa jadi pilihan pas. Tamu yang berkunjung langsung disuguhkan dengan kesegaran dari tanaman dan keasrian lingkungan rumah. Gunakan desain ini dengan teras rumah yang keseluruhan dindingnya menggunakan warna soft, sehingga tidak akan saling menabrak warna dengan hijau tanaman.

http://www.housebeautiful.com

Furniture pada area teras bisa juga kamu susun tidak beraturan. Hal ini akan memberikan keindahan tersendiri. Seakan-akan perletakkan kursi dan meja telah direncanakan. Mendekorasi ruang tidak perlu hal yang ribet. Dengan hal sesimple memilih furniture dan letak yang pas ruangan dapat terasa nyaman dan cantik.

https://www.houzz.com

Teras merupakan bagian yang mempercantik eksterior rumah. Pada desain ini pemberian batu bata ekspos pada kolomnya memberikan daya tarik pada ruang. Bentukan plafon pada ruangan pun didesain dengan pola tertentu sehingga tidak terlihat menjemukan. Warna biru pada plafon memberikan keceriaan pada ruangan.

https://www.houzz.com

Tidak memiliki teras yang cukup besar pun tidak akan jadi masalah. Contohnya pada ruang teras ini. Dengan ruang terbatas dapat memberikan kesan elegan pada eksterior rumah. Pemberian kursi seadanya juga dapat membuat nyaman pengunjung yang menunggu di luar rumah. Bentukan plafon yang melengkung memberikan kesan welcoming. Tidak ketinggalan lagi dengan bentukan lampu gantung yang unik dan menarik perhatian.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter