article / Furniture / Rak Buku yang Atraktif Untuk Merapikan Koleksimu
09 Juli 2018 2K Views

Rak Buku yang Atraktif Untuk Merapikan Koleksimu

Sering kali kita bingung meletakkan koleksi buku kita. Dari yang sekedar ditumpuk atau diletakkan begitu saja di lantai ataupun meja. Rak buku yang sudah penuh ataupun biasa-biasa saja membuat ruangan menjadi terlalu membosankan. Akan tetapi dengan beberapa desain rak buku di bawah ini, kamarmu akan lebih rapi dan tetap bergaya.

http://kostasyrtariotis.tumblr.com

Kita tidak asing dengan bentukan rak kayu satu ini. Menyerupai bentuk pohon dengan rantingnya yang bercabang. Buku ataupun barang yang diletakkan pada rak ini tersusun dengan rapi secara beragam tergantung pada kemiringan cabang raknya. Menguatkan kesan alaminya dengan cara yang unik.

http://agustav.com

Jika biasanya buku diletakkan di dalam rak, untuk desain yang satu ini buku digantungkan. Simpel dan juga atraktif. Tiap buku terpasang pelat kayu dibawahnya yang memiliki tali tersambung pada pin di atas kayu penyangga. Tali bisa diatur dengan menyesuaikan tebal buku sehingga dengan ukuran buku yang berbeda, dapat disusun ketinggiannya hingga membentuk garis lurus. Buku pun tidak hanya menjadi koleksi namun juga menjadi sebuah seni dalam ruangan.

https://id.pinterest.com

Terlihat seperti rak buku biasa tapi jangan salah dulu. Setiap kotak dalam rak terdapat papan partisi vertikal maupun horizontal. Sehingga penyusunan buku pun akan beragam bentuknya. Ukuran buku pun perlu disesuaikan pada besaran tiap rak yang berbeda-beda.

https://id.pinterest.com

Rak buku terbuka ini tergolong sederhana. Jika biasanya rak hanya tersusun secara horizontal, rak ini memiliki kesan unik tersusun secara diagonal. Dengan memanfaatkan balok kayu yang memanjang, pada ujung kayu diberi lubang dan pembatas buku sehingga buku tidak miring dan dapat berdiri sejajar. Lalu pada sisi yang lebar di balok kayu dibuat seperti undak-undakan.


http://www.imeuble.no

Terdiri dari pelat hexagon yang ditempelkan pada dinding dan dapat didesain menjadi bentuk yang diinginkan. Setelah pelat terpasang, rak dengan bentuk dasar jajaran genjang itu pun dipasang mengikuti pola yang ada. Praktis dan mudah dipindah. Bahkan bisa kamu ubah kapan pun ketika bosan dengan bentuknya.

http://www.houseandgarden.co.uk

Jika kamu punya tangga kayu yang sudah tua atau tidak terpakai, kamu bisa manfaatkan untuk menjadikan rak buku seperti di gambar. Selain eye-catching, rak ini juga menarik. Bentukannya yang tidak simetris membuat penyusunan buku ataupun perabot lainnya lebih beragam.

http://www.mironlior.com/

Buku-buku yang melayang menjadikan ruangan terlihat ajaib dan akan mengimpres temanmu yang berkunjung. Namun dibalik keajaibannya, hanya terdapat satu rak besi yang terpasang di dindingnya. Yap! Dengan memasang rak dan mengaitkan sampul buku pada rak itu, buku dapat tertahan di atasnya. Inovatif dan juga imajinatif.


http://www.home-designing.com

Desain melingkar pun juga bisa dijadikan inspirasi untuk rak buku. Ruangan dengan rak buku ini jadi terkesan lebih menyenangkan dan juga fleksibel. Rak di setiap sisinya memberikan penyusunan buku dengan sudut yang berbeda.

http://www.raw-edges.com

Rak yang diberi nama booken ini memiliki fungsi selain menjadi tempat penyimpanan koleksi buku yaitu sebagai meja. Di era yang serba digital dan e-book, tempat penyimpanan buku pun menjadi kehilangan maknanya. Ditambah lagi orang tidak sering membaca buku berkali-kali seperti novel sehingga ketika selesai membaca hanya akan diletakkan di dalam rak hingga waktu yang lama. Buku menjadi material untuk pelengkap papan meja dengan cara digantung pada rak kayu.

http://www.home-designing.com


Kembali lagi dengan bentukan hexagonal, rak ini didesain terbuka dan juga tertutup. Warna rak yang juga minimalis dan kalem ini mempercantik ruangan dalam rumah. Penyusunan barang di dalam rak pun bermacam-macam.

http://postris.com

Terdiri dari pipa besi yang diubah menjadi fungsional di sudut ruangan. Buku-buku disandarkan pada dinding dan didudukan pada batang pipanya. Tentunya desain ini akan memberikan karakter yang kuat dalam ruangan dengan nuansa histori.

http://www.home-designing.com

Membuat rak dari huruf pun menjadi ide yang sangat sederhana namun menarik. Lubang pada huruf dijadikan tempat penyimpanan buku dengan ukuran yang bermacam-macam. Kamu pun bisa merangkai kata dari huruf yang kamu inginkan untuk menjadi rak buku.

http://www.home-designing.com

Tali dan kotak kayu kembali menjadi ide untuk rak. Dari kotakan kayu yang bermacam ukuran kemudian digantungkan dengan tali yang kuat. Rak ini tidak akan memberikan kesan kaku, namun sebaliknya akan memberikan kesan luwes.

http://www.decoist.com

Mengkombinasikan dudukan sofa dengan rak buku bisa menjadi menarik seperti desain di atas. Bentukan rak yang rendah membuatmu mudah menggapai buku yang diinginkan ketika duduk di sofanya yang nyaman.

https://www.treehugger.coml

Desain rak yang melengkung ini membentuk sebuah kursi. Rak pun jadi memiliki fungsi ganda yang dapat menghemat ruang dalam rumah. Bentuknya yang elegan serta lengkungannya pas untuk duduk dan bersandar sambil membaca buku.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter