article / Interior / Rar Studio Asal Portugis Merenovasi Interior Apartemen Jadi Lebih Terang dan Luas
07 November 2017 388 Views

Rar Studio Asal Portugis Merenovasi Interior Apartemen Jadi Lebih Terang dan Luas

Sebuah apartemen di Lisbon, direnovasi oleh studio asal portugis yaitu Rar Studio. Apartemen di distrik Chiado ini salah satu bangunan blok yang dibuat oleh developer Alvaro Siza's Terracos de Braganca, sebuah kompleks perumahan yang diselesaikan oleh arsiteknya di tahun 2004. Bagi Rar Studio bekerjasama menyelesaikan salah satu proyek Siza merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Rar juga mengungkapkan bahwa dalam melakukan renovasi ini mereka memfokuskan desain dengan kebutuhan, keinginan, dan juga ekspetasi dari klien. Dalam rangka untuk menciptakan ruang yang lebih luas dan terang di dalam apartemen, mereka pun memindahkan lokasi sistem ventilasi di beberapa ruang seperti kamar mandi, kamar tidur, koridor, ruang tamu, dan ruang penyimpanan ke belakang langit-langit ruangan.

Untuk menciptakan jalur yang jelas di ruang komunal, pintu pada koridor di posisikan ulang dan dinding yang memisahkan ruang tamu dengan ruang makan di hilangkan.

Adapun tambahan lainnya yaitu dinding partisi yang memisahkan ruang tamu dengan koridor dihilangkan dan diganti dengan rak terbuka yang menyajikan pemisahan ruang namun juga membiarkan cahaya masuk ke dalam koridor. Tentunya hal ini menjadi keputusan yang baik sehingga koridor tidak terasa sempit dan gelap.


Usaha untuk membuat apartemen ini lebih terang tidak hanya dari memposisikan ulang beberapa elemen dalam ruangan namun juga dilakukan dengan cara mengganti material yang digunakan di dalam ruangan. Papan lantai dengan material kayu gelap diubah menjadi papan yang lebih terang dan lebih besar.

Pada bagian dalam apartemen, pintu yang berada di dalamnya ditinggikan sehingga sama dengan jendelanya. Pintu frame dibuat lebih tipis namun papannya dibuat lebih tinggi yang terintegrasikan dengan ventilasi diatasnya.


Area ruang servis seperti kamar mandi, dapur, dan pantry dilengkapi dengan perlengkapan dan layout baru. Bak mandi, wastafel, dan showernya dihiasi dengan blok batu yang bold dan berbanding terbalik dengan dinding dan lantai putih.

Ruangan di dalam apartemen ini memiliki warna-warna yang tergolong kalem. Tidak mencolok dan memberikan suasana yang lebih terang di dalam ruangan. Perpaduan material kayu dengan dinding putih menyajikan suasana yang seimbang antara hangat dan dingin.


Warna putih di dalam apartemen berperan besar untuk membuat ruangan terasa lebih terang dan luas. Cahaya alami yang masuk melalui jendela dipantulkan oleh warna putih ke berbagai sudut ruangan. Bukaan lebar pun juga menjadi hal yang baik untuk sirkulasi udara dan cahaya.

Selain ruangan indoor, juga terdapat balkon outdoor. Balkon yang memanjang ini dilengkapi dengan dudukan sofa dengan railing besi untuk mengamankan balkon. Apartemen yang berada di ketinggian ini tentunya memberikan pemandangan yang cantik pada area balkonnya.

Tidak hanya sofa saja, balkon juga dilengkapi dengan area makan outdoor yang berada tepat di sebelah ruang tamu indoornya. Furniture meja dan kursi makan terbilang sederhana dan cocok untuk apartemennya.

Balkon apartemen ini tidak hanya berada di area ruang tamu saja namun menghubungkan berbagai ruang di dalamnya termasuk kamar tidur utama. Kamar tidur utama dilengkapi dengan pintu geser kaca besar yang menunjukkan suasana luar di balkon.

sumber: renovasi apartment oleh rar studio


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter