article / Home Office / Desain Ruang Kerja dengan Warna-Warna Atraktif yang Bikin Kamu Lebih Produktif
13 September 2017 63 Views

Desain Ruang Kerja dengan Warna-Warna Atraktif yang Bikin Kamu Lebih Produktif

Colombo and Serboli Architecture atau biasa dikenal sebagai CaSa merupakan salah satu studio arsitektur di Barcelona. Didirikan oleh kedua arsitek asal Italia yaitu Matteo Colombo dan Andrea Serboli mampu membuktikan kreatifitas mereka melalui desain ruang kerja. Dinamakan proyek sinergics, CaSa berhasil mengubah lima properti komersial yang terbengkalai di Baro? de Viver menjadi ruang kerja yan nyaman untuk wiraswasta lokal.

Tentunya hal tersebut tidak lepas dengan dana yang terbatas sehingga para arsitek pun perlu memikirkan cara untuk merombak tempat tersebut namun tidak melebihi biaya perkiraan. Salah satu yang dilakukan oleh CaSa adalah dengan mendesain furniture yang dapat digunakan diberbagai macam aktivitas.

Lima retail blok tidak terurus dengan dinding eksterior mencolok dari batu bata ekspos tersebut berada di lantai dasar perumahan sosial. Menjadikan tempat tersebut atraktif dan dapat menyesuaikan dengan lingkungannya menjadi tantangan untuk arsiteknya. Tentunya pertimbangan lainnya adalah mereka harus mendesain area tersebut dengan suasana ruang kerja yang nyaman dimana perusahaan kecil ingin menempati kantor tersebut.

Desain pada area ini mengharuskan ruang yang lapang, memberikan jarak pandang yang luas bagi pekerja dari dalam kantor ke lingkungan sekitar, mudah berkomunikasi dengan sesama pekerja, dan tentunya harus aman dari segala kejadian yang tidak diinginkan.

Dua dari lima ruang di bangunan tersebut dijadikan satu sehingga ruang kerja ini lebih luas. Hal ini akan membuat ruang lebih untuk ruangan dapur namun tidak dengan ruang lounge, sehingga CaSa membuat area lounge yang berada di bagian atas ruangan.

Dengan menggunakan frame baja simpel dan juga jaring di atasnya, maka akan membuat hammock di bagian atas ruangan. Akses menuju hammock tersebut melalui tangga simple yang terbuat dari papan metal. Sedangkan tepat dibawah hammock tersebit terdapat ruang dapur dengan warna kuning yang mencolok memberikan suasana yang ceria dan juga cerah.

Bentuk dasar lantai ruangan yang kaku membuat furniture di ruangan tersebut harus menyesuaikan agar cocok dan saling terkonfigurasi. Adapun aksesoris ruangan seperti kotakan metal yang digunakan untuk menggantung kertas dan benda lainnya namun tidak menghalangi pemandangan karena bentukan kerangka grid metal.

Berbagai keunikan lainnya juga terlihat di bangunan kantor ini seperti warna tembok yang berbeda setiap ruangannya. Perpaduan warna mencolok dengan warna putih begitu serasi dan tidak berlebihan. Selain itu juga terlihat atraktif. Warna furniture pun juga disesuaikan sehingga tidak saling menabrak di dalam ruangan. Adapun yang panel akustik bulat yang dipasang di langit-langit dengan warna yang sesuai setiap ruangnya. Tentu saja aksesoris panel berwarna ini memberikan identitas setiap ruangan dan juga memberikan kesinambungan antar ruang perkantoran yang sejajar tersebut.

Bangunan kantor bernama Sinergics ini sekarang digunakan untuk bermacam ruang kerja. Dari perbaikan sepeda hingga desain tekstil pun memilih area ini untuk bekerja. Tentunya ruangan yang didesain menarik oleh CaSA ini benar-benar membantu meningkatkan kreatifitas dengan permainan warnanya dan juga suasana ruang kerja yang tampak lapang dan pemandangan ke luar ruangan yang membuat kesan terbuka.

sumber: sinergics

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment