article / Living Room / Ruang Tamu Minimalis Untuk Kamu yang Tidak Suka Ribet
04 Mei 2017 540 Views

Ruang Tamu Minimalis Untuk Kamu yang Tidak Suka Ribet

Ruang tamu sebagai wajah rumah membuat area ini menjadi penting untung didesain. Selain menggunakan berbagai warna, bisa juga gaya minimalis diterapkan pada ruangan ini. Minimalis merupakan gaya desain yang simple dan tidak ribet. Penghilangan ornamen yang tidak penting juga dipilih untuk memperindah ruangan. Ruangan juga terang dan terlihat bersih. Berikut desain minimalis pada ruang tamu yang bisa kamu jadikan panduan mendekorasi di rumahmu.

http://www.decoist.com

Ruang tamu didesain dengan warna putih cerah pada dindingnya yang kemudian dipadukan dengan berbagai warna lainnya yang mendekati warna putih. Jendela didesain pada dua sisi ruangan membuat cahaya yang masuk lebih banyak. Lukisan yang berada di dinding memberikan aksen pada ruangan dengan warna yang tidak terlalu mencolok.

https://www.houzz.com

Desain ruang tamu ini bisa diterapkan di apartemen. Cahaya yang masuk langsung ke dalam ruangan akan membuat tempat ini sangat terang. Selain warna yang dapat mencerahkan, tambahkan juga kekontrasan yang dapat menjadi titik fokus pada ruangan. Contohnya pada desain ini adalah meja berwarna hitam yang didesain simple. Bantalan bermotif dan berwarna abu-abu juga memberikan warna teduh sehingga ruangan tidak terlalu monoton.

http://www.decoist.com

Nah pada desain ini warna putih benar-benar ditonjolkan. Jika pada desain sebelumnya lantai ruangan masih berwarna coklat kayu, pada ruangan ini lantai kayu pun diberikan warna yang cerah dan bersih. Memberikan kesan teratur pada ruangan. Nyaman untuk dipandang karena cahaya yang masuk ke dalam ruangan juga tidak berlebihan.

http://www.architectureartdesigns.com

Warna abu-abu memberikan nuansa elegan pada ruang satu ini. Tidak hanya dari warna sofa dan dindingnya saja, namun juga pada furniture lainnya dalam ruangan. Desain rak yang simple mempermudah pemilik untuk mencari atau menyimpan barang di dalamnya.

http://www.decoist.com

Jika bosan dengan ruangan serba putih, warna gelap bisa jadi alternatif lainnya. Pada ruangan ini meski didominasi warna hitam, tetap terlihat terang gdan lapang. Dipadukan dengan tembok dan plafon berwarna putih. Jendela kaca yang dapat digeser sehingga memaksimalkan masuknya pencahayaan memberikan kesegaran dengan langsung menghadap kolam renang. Uniknya lagi bentukan sofa memiliki motif yang serupa dengan dinding beton. Memberikan kesan adem pada ruangan.

http://www.architectureartdesigns.com

Ketinggian plafon juga bisa mempengaruhi impresi ruangan. Dengan meletakkan jendela yang lebar pada dinding yang tinggi, cahaya akan masuk tepat menerangi area ruang tamu. Bahkan tangganya pun juga didesain sederhana dan simple yang tampak sesuai dengan konsep keseluruhan ruang.

http://www.decoist.com/

Memilih furniture yang simple pun bisa membuat ruangan jadi lebih minimalis. Kursi kayu yang memanjang sudah cukup mempermanis ruangan. Selain itu ukurannya yang tidak sebesar sofa, membuat ruangan tampak lebih luas.

https://www.houzz.com

Abu-abu memang warna yang kuat dan praktikal. Melambangkan kesederhanaan pada ruangan. Namun jika terlalu banyak menggunakan warna ini dalam ruangan akan memberikan kesan membosankan. Maka dari itu perlu dipadukan dengan warna lainnya. Lukisan dengan warna yang mencolok bisa membuat ruangan terasa lebih menyenangkan.

http://www.decoist.com

Meja kopi dan perapian menjadi subjek utama pada ruangan minimalis. Bentukan api yang tercipta di perapian membuat ruangan terasa mengena sekali di ruang tamu ditambah lagi meja kopi yang memukau susah untuk diabaikan. Material kayu pada plafon menguatkan kesan hangat di ruangan ini.

https://www.houzz.com

Material yang halus mengkilap dikombinasikan dengan eksotis membuat ruangan terasa istimewa. Lukisan membuat ruangan lebih berwarna. Perpaduan berbagai warna dan material dalam ruangan terasa saling menyatu. Pemilihan lantai dengan material oak yang hangat bertolak belakang dengan material dindingnya yang berupa marmer. Dingin dan hangat saling menyatu dalam ruangan.

https://www.houzz.com

Menurunkan ketinggian lantai bisa jadi hal yang unik dan simple untuk menunjukkan batas fungsi ruangan. Furniture yang dipasang pada ruang ini pun tampak pas. Lihat saja sofanya yang tingginya tidak melebihi ketinggian lantai.

https://www.houzz.com

Detail di ruangan ini yang tidak berhubungan dengan fungsinya dihilangkan sehingga menciptakan kesan minimalisnya. Perapian dibuat dengan bentuk yang tidak banyak ornamennya. Pemilihan lampu pada ruangaan juga perlu diperhatikan agar saling terharmonisasi dengan warna natural di keseluruhan ruangan. Sehingga nantinya ruangan akan terasa lebih hidup di malam hari.

https://www.houzz.com

Black and white merupakan konsep yang mudah untuk diterapkan dalam ruangan apapun. Pada ruang tamu yang satu ini warna putih mendominasi dan warna hitam menambahkan kesan dramatis dalam ruangan. Bentuk plafon pun juga tinggi dan menarik dengan adanya jendela di sisi miringnya. Benar-benar ciri khas minimalis dengan memanfaatkan atap bangunan untuk memaksimalkan pencahayaan ke dalam ruangan. Sehingga tidak hanya berfungsi dengan baik juga menambah cantik ruangan dengan bentuk yang tidak biasa.

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter