article / Building / Rumah Berukuran 13m2 ini Bisa Memenuhi Aktivitas Sehari-harimu
13 April 2017 556 Views

Rumah Berukuran 13m2 ini Bisa Memenuhi Aktivitas Sehari-harimu

Siapa bilang punya rumah kecil nggak bisa memenuhi segala aktivitasmu? Salah satu desain rumah kecil di London ini akan membuktikan kalau rumah yang kecil ternyata bisa jadi rumah hunian yang nyaman juga. Dengan furniture dan interior yang tepat, kamu bisa memanfaatkan satu ruangan kecil menjadi berbagai macam fungsi.

Berawal dari Nina Tolstrup dan Jack Mama dari StudioMama yang membeli bangunan mini dengan ukuran 13 meter persegi. Mereka ingin membuktikan bahwa ruang kecil juga dapat dihuni dengan nyaman. Terinspirasi dari desain mobil karavan dan kapal, mereka mendesain berbagai furniture yang dapat digunakan dengan berbagai fungsi di ruangan yang kecil. Tentunya rumah ini membuat ruangan jadi lebih fleksibel dari segi kegunaannya yang beragam.

Gambar di atas ini merupakan bagian utama dari rumah dimana ada kegiatan tidur, bekerja, makan, dan kegiatan lainnya dalam satu area. Desain furniture terlihat kalem dengan material plywood dan pintu kabin yang berwarna pastel kuning, merah muda, dan biru. Kabin didesain dengan ukuran yang berbeda karena memiliki fungsi yang lebih spesifik seperti penyimpanan peralatan jahit, buku, minuman, konsol game dan toples.

Bisa kamu lihat sendiri, penutup kabin dibuka dengan cara digeser. Selain menghemat ruangan juga memberikan keunikan tersendiri. Warna dari berbagai pintu kabin juga makin mempercantik ruangan.

Keunikan lain di salah satu kabinnya yaitu pintu kabin yang dapat dibuka dan diletakkan pada area kabin menjadi meja kerja berdiri. Sehingga laptop dan peralatan kerjamu dapat diletakkan di atas meja ini.

Nah, untuk tempat tidurnya merupakan tempat tidur lipat yang dapat disimpan ke dalam perabotan ketika tidak dibutuhkan. Ketika tempat tidur dibuka, tkita bisa melihat rak buku vertikal dan meja kecil di masing-masing sisi tempat tidurnya. Pada saat tempat tidur dimasukkan, ruangan jadi lebih luas dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya.

Sedangkan area yang berseberang dari tempat tidur, terdapat dapur dan juga kursi yang didesain menyatu dengan furniturenya. Pada area dapur diletakkan kaca sehingga memberi kesan ruangan lebih luas saat mata memandang. Lampu pada dapur diletakkan dibawah rak memberikan pencahayaan yang menonjolkan material. Kursi yang menyatu pada kabin juga dibuat dengan bantalan merah muda yang tidak terlalu mencolok pandang. Kursi tambahan juga didesain sebesar kolong pada kursi sehingga dapat disimpan ketika tidak dibutuhkan.

Tepat di samping area dapur terdapat pintu menuju kamar mandi. Ruangan ini merupakan satu-satunya ruangan yang dibatasi oleh partisi. Desain di dalam kamar mandi pun juga menyesuaikan tema keseluruhan rumah dari dindingnya dan juga rak penyimpanannya. Terdapat jendela yang mengarah ke luar bangunan juga di dalam kamar mandi sebagai area sirkulasi udara dan cahaya.

Kembali ke ruangan dalam rumah, terlihat area closet penyimpanan pada sebelah pintu kamar mandi. Letak area closet tepat berada di samping pintu masuk sehingga area ini digunakan sebagai mudroom (ruang transisi antara luar bangunan dan dalam bangunan). Lalu masih dekat dengan dapur, terdapat meja makan.

Area tempat makan diletakkan tepat di depan salah satu jendela yang ada di rumah ini. Meja dan tempat duduk disesuaikan besarnya dengan jendela sehingga cahaya yang masuk pun juga maksimal. Keunikan lainnya di area ini adalah papan samping kursi yang bisa diperlebar sehingga dapat digunakan sebagai kursi tambahan. Jadi punya tempat duduk lebih untuk menerima tamu yang berkunjung.

Gambar skematik ini menunjukkan keseluruhan furniture pada rumah. Udah kebayang kan bagaimana furniture ditata sangat rapi dan baik sehingga rumah jadi lebih nyaman?

Selain penataan furniture, pemilihan material juga sangat berpengaruh di desain rumah ini. Penggunaan plywood pada furniture, lantai, dinding, dan langit-langitnya saling menyatu dan terlihat mulus. Selain itu warna material juga memberikan kesan hangat sehingga sangat nyaman untuk ditinggali.

sumber: studiomama

Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment